Manfaat Buah Melon

Ragam Khasiat dan Manfaat Alamimanfaat buah melon sangatlah banyak untuk kesehatan. Buah melon umumnya berwarna hijau dan kuning. Selain rasa buahnya yang enak dan menyegarkan ternyata buah melon berkhasiat dalam mencegah bermacam-macam penyakit.


Manfaat dan Khasiat Buah Melon Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Buah Melon
Asal Buah Melon
Buah Melon (Cucumis melo L.) berasal dari daerah Mediterania yang merupakan perbatasan antara Asia Barat dengan Eropa dan Afrika. Ada yang menyebutkan bahwa melon berasal dari lembah persia (Syiria). Tanaman ini kemudian menyebar luas ke Timur Tengah dan merambah ke Eropa seperti Denmark, Belanda, dan Jerman. Dari beberapa daerah tersebut, kemudian pada abad ke-14 buah melon dibawa ke Amerika dan ditanam secara luas di daerah Colorado, California, dan Texas. Dan dari sinilah tanaman melon menyebar ke segala penjuru dunia termasuk Indonesia. 

Di Indonesia, sebelum tahun 1980 buah melon hadir di Indonesia sebagai buah impor yang dikonsumsi oleh kalangan atas terutama tenaga-tenaga ahli asing yang tinggal di Indonesia. Pada saat itu pemerintah membuat suatu peraturan yang membatasi peredaran buah impor di Indonesia, dan akhirnya banyak pengusaha agribisnis membudidayakan buah melon secara khusus di Indonesia.


Manfaat dan Khasiat Buah Melon
Buah Melon Kuning
Kandungan Nutrisi Buah melon
Satu buah melon setidaknya mengandung vitamin C, vitamin A, kalium/potassium, likopen, karotenoid, karbohidrat, protein, gula alami, kolagen serta rendah lemak dan kolesterol.


Manfaat dan Khasiat Buah Melon Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Khasiat Buah Melon

Manfaat Buah melon
Dengan kandungan nutrisi tersebut, buah melon dipercaya dapat mencegah berbagai macam penyakit, antara lain:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Dengan kandungan Vitamin C pada buah melon yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas sehingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Satu gelas buah melon sanggup memenuhi 1/3 kebutuhan vitamin C harian anda.

Menjaga Kesehatan Jantung
Buah melon mengandung Kalium atau Potassium. Zat ini berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil. 

Mencegah Kanker dan Serangan Jantung
Buah melon mengandung Likopen. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa likopen mampu menurunkan risiko serangan dari beberapa jenis kanker juga mencegah terjadinya serangan jantung. Selain itu kandungan karotenoid (pigmen sebagai pemberi warna pada buah dan sayuran) yang tinggi pada buah melon dapat mencegah serangan kanker, seperti kanker paru-paru dan  kanker payudara.
Mencegah Diabetes dan Stroke
Buah melon juga termasuk buah yang rendah kalori dan dan rendah lemak. Mengkonsumsi buah-buahan segar seperti melon bisa membantu mengurangi resiko terserang penyakit serius seperti diabetes dan stroke.

Menyehatkan Mata
Mengkonsumsi buah melon ternyata dapat menyehatkan mata, buah melon memiliki kandungan vitamin A dan diperkaya dengan zat betakaroten yang berguna untuk meningkatkan ketajaman pengelihatan dan menjaga kesehatan mata. Selain mampu memenuhi kebutuhan vitamin A, mengkonsumsi buah melon juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi, kulit, tulang, dan selaput lendir.

Menghaluskan Kulit
Selain untuk kesehatan, buah melon juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit anda. Buah melon mengandung kolagen. Kolagen merupakan senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan kulit sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka, menjaga kekencangan kulit, dan membuat kulit tampak halus alami.

Kandungan Nutrisi Buah Melon
Buah Melon Siap dikonsumsi
Tahu kan sekarang manfaat dari buah melon? Jadi, jangan ragu untuk menjadikan buah melon sebagai menu buah harian anda. Sekian artikel tentang Manfaat buah melon. Baca juga (manfaat buah apel, manfaat buah naga, manfaat buah alpukat). Semoga bermanfaat.

Kata kunci yang sering dicari:

Manfaat buah melon, manfaat buah melon untuk kesehatan, khasiat buah melon, khasiat buah melon untuk kesehatan, manfaat buah melon untuk kecantikan, khasiat buah melon untuk kecantikan, buah melon dapat mencegah berbagai macam penyakit, buah melon dapat mencegah penyakit kanker, buah melon dapat mencegah penyakit stroke, buah melon dapat mencegah penyakit diabetes, buah melon dapat mencegah penyakit jantung, buah melon dapat mencegah penyakit mata, buah melon dapat menghaluskan kulit, buah melon adalah, buah melon merupakan, buah melon berasal dari.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Buah Melon"

  1. wah ternyata buah melon bagus juga untuk kulit ya gan , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.