Cara Mudah Menghilangkan Stress

Tekanan hidup yang semakin banyak, terkadang dapat membuat seseorang menjadi mudah stress hingga depresi. Faktor pemicu stress sangat beragam, mulai dari masalah pekerjaan, ekonomi, tugas sekolah, urusan percintaan, maupun masalah lainnya. Pada dasarnya stress terjadi karena tidak bisanya seseorang dalam mengontrol emosi dan pikirannya, sehingga tubuh terlalu banyak melepaskan hormon. Jika dibiarkan, akibatnya seseorang akan sulit berpikir jernih, menurunkan kualitas hidup, dan memperngaruhi kesehatan. Sebelum kita membahas tentang Tangani Stress dengan Cara yang Mudah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja gejala-gejalanya.

Penyebab dan Gejala Stress
Stress
Gejala-gejal stress yang dapat ditimbulkan:

Jika dilihat dari segi cognitive, seseorang yang mengalami stress memiliki gejala seperti :
-          Turunnya daya ingat
-          Tidak mampu konsentrasi dengan baik
-          Cemas
-          Selalu merasa khawatir
-          Negative thinking
Jika dilihat dari segi emosi, seseorang yang mengalami stress memiliki gejala seperti :
-          Moody atau suasana hatinya mudah berubah-ubah
-          Mudah marah
-          Tegang
-          Merasa terkekang
-          Merasa sendiri, kesepian dan terisolasi
-          Depresi atau tidak bahagia

Jika dilihat dari segi fisik, seseorang yang mengalami stress memiliki gejala seperti :
-          Sakit dan nyeri pada persendian
-          Diare atau justru susah BAB
-          Sakit di dada, detak jantung cepat
-          Kehilangan nafsu sexual
-          Sering demam

Jika dilihat dari segi tingkah laku, seseorang yang mengalami stress memiliki gejala seperti :
-          Makan banyak atau justru makannya berkurang
-          Terlalu banyak tidur atau justru susah Tidur
-          Sering menunda nunda atau menolak suatu tanggung jawab
-          Mengisolasi diri dari orang lain
-          Mengkonsumsi rokok, alkohol agar bisa relaks
-          Kebiasaan yang mencerminkan kegelisahan (gigit kuku,mondar mandiri, dll)


Adapun cara untuk mengatasi stress diantaranya sebagai berikut:

Mandi atau berendam air hangat
Mandi atau berendam dengan menggunakan air hangat memiliki efek yang baik untuk mengatasi stres. Kegiatan ini mampu membuat tubuh dan pikiran seseorang menjadi lebih rileks dan nyaman. Sebuah penelitian menyebutkan, seseorang yang jarang atau tidak pernah mandi dapat meningkatkan stress serta menimbulkan beberapa gangguan kesehatan seperti susah tidur, munculnya penyakit kulit, turunnya daya tahan tubuh, dll.

Pemijatan
Pemijatan sangat baik dilakukan untuk relaksasi dan menormalkan tekanan darah. Menurut penelitian, pemijatan dapat mengusir stres karena terjadi perubahan biokimia tubuh setelah mendapat sentuhan tangan. Hormon stres pun dapat berkurang hingga 53% setelah dibuktikan dengan studi terhadap 500 pria, wanita dan anak-anak yang menderita stres.

Olahraga
Olahraga ternyata mampu meredakan emosi negatif seperti stres pada diri seseorang. Hal ini dapat terjadi karena olahraga mampu melepaskan hormon serotonin yang bisa membuat seseorang merasa senang. Bahkan, Mental Health Foundation yang merupaka organisasi kesehatan non-profit di Inggris sudah membuktikan bahwa olahraga sangat baik untuk mengobati depresi.

Tertawa ternyata membawa efek yang sangat baik untuk menghilangkan stres. Menurut beberapa penelitian, tertawa 5 hingga 10 menit dapat merangsang endorphine, serotonin dan metanonin untuk keluar. Dimana ketiga zat ini memberikan manfaat yang baik untuk otak sehingga tubuh menjadi lebih tenang. Bahkan, tertawa ini dapat menyembuhkan seseorang yang mengalami gangguan mental stres berat. Selain menghilangkan stres, tertawa juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan sistem imun pada tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mencegah penyakit jantung.

Tidur merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk menghilangkan stres yang dapat meningkatkan produktivitas. Disamping itu, beristirahat atau tidur yang dilakukan setiap hari mampu meremajakan tubuh untuk beraktifitas di hari selanjutnya.

Mengkonsumsi makanan sehat
Cara menghilangkan stress yang terakhir yakni degan makanan. Makanan yang mengandung vitamin B, omega 3, asam folat, magnesium dan vitamin C merupakan makanan yang dapat meredakan stres. Selain itu, makanan yang mengandung antioksidan juga baik untuk dikonsumsi karena mampu memperlancar fungsi memori. Adapun beberapa makanan dan minuman sehat yang mampu meredakan stres adalah:

-          Makan makanan yang mengandung vitamin B seperti buah alpukat, buah pisang, ikan salmon, ikan tuna, ikan sardin, yoghurt dan susu.
-          Makan makanan yang mengandung asam folat seperti oatmeal, jeruk atau asparagus.
-          Makan makanan yang mengandung magnesium seperti kacang almond atau sayur bayam.
-          Makan makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, kiwi, stroberi atau jambu, dan lain-lain.

Saat anda mengalami gejala stress, sebaiknya cepatlah untuk ditangani agar tidak sampai mengganggu kesehatan. Sebab stress yang berlebih dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti gangguan pada hati, gangguan perncernaan, susah tidur atau insomnia, depresi, obesitas, dan mengalami penurunan sistem imun tubuh yang dapat memicu masalah kesehatan  yang lebih serius. Naah sahabat ragam, demikian ulasan tentang Tangani Stress dengan Cara yang Mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Menghilangkan Stress"

Post a Comment

Powered by Blogger.