Sebab dan Solusi Susah BAB

Buang air besar (BAB) adalah proses pembuangan kotoran atau tinja padat yang berasal dari sistem pencernaan. Rata-rata manusia melakukan BAB satu sampai dua kali dalam sehari dan waktu yang paling baik untuk melakukannya ialah setiap pagi hari setelah bangun tidur. Terjadinya gangguan dalam pencernaan akan berdampak pada tidak teraturnya proses pembuangan. Jika hal tersebut dialami oleh sahabat ragam, maka kenali Sebab dan Solusi Susah BAB anda.

Sebab Susah BAB
Dalam dunia medis terdapat istilah konstipasi, yakni suatu penurunan defekasi yang disertai dengan kesullitan keluarnya feses yang tidak lengkap atau feses terlalu keras dan kering. Konstipasi dikatakan akut jika lamanya 1 sampai 4 minggu, sedangkan dikatakan kronik jika lamanya lebih dari 1 bulan. Lalu apa saja sebabnya ?

·         Kurang gerak
·         Kurang minum
·         Kurang serat
·         Sering menunda buang air
·         Kebiasaan menggunakan obat pencahar
·         Efek samping obat-obatan
·         Depresi dan stres berlebihan
·         Hipotiroidisme atau menurunnya sintesis dan sekresi hormon tiroid dari kelenjar tiroid
·         Gangguan saraf seperti penyakit parkinson atau multiple sclerosis
·         Irritable bowel syndrome adalah gangguan usus, yang menyebabkan perut sakit, kram atau kembung, dan diare atau sembelit.
·         Kanker usus besar
·         Kehamilan
·         Salah makan

Untuk mencegah terjadinya terjadi penumpukan kotoran yang berakibat pada susahnya BAB, berikut beberapa tips yang tentu akan sangat membantu anda :

·         Konsumsi sayuran yang tinggi serat, karena serat akan membantu kita untuk menjaga cairan yang ada diusus besar. Sehingga dapat melancarkan susah buang air besar anda
·         Menganjurkan untuk minum paling sedikit delapan gelas cairan (air, jus, teh, kopi) setiap hari untuk melembutkan feses.
·         Perbanyak konsumsi pepaya, strawberry, pisang.atau buah-buahan yang kaya vitamin C.
·         Olahraga secara rutin. Aktif melakukan aktifitas akan membantu kerja usus besar, karena dapat merangsang pergerakan usus besar.
·         Hindari obat pencahar atau alat pelancar feses karena hal tersebut justru akan membuat anda semakin ketergantungan.

Jika solusi di atas tidak dapat membantu anda dalam mengatasi BAB, sebaiknya segera periksakan kepada dokter ahli. Bisa jadi anda mengalami gangguan penyakit lain dalam sistem pencernaan anda. Semoga artikel Sebab dan Solusi Susah BAB ini dapat bermanfaat untuk sahabat ragam semua.

Kata kunci : Solusi buang air besar, solusi buang air besar tidak lancar, solusi buang air besar keras, solusi buang air besar berdarah, solusi buang air besar keluar darah, solusi buang air besar pada bayi, solusi buang air besar, solusi buang air besar susah, solusi sulit buang air besar, solusi susah buang air besar saat hamil, solusi melancarkan buang air besar, susah BAB, susah bab saat hamil, susah bab saat puasa, susah bab setelah melahirkan, susah bab setelah operasi, susah bab pada anak, susah bab bayi, susah bab saat hamil 9 bulan, susah bab saat menstruasi.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Sebab dan Solusi Susah BAB"

  1. terimakasih informasinya gan,,,sangat membantu sekali buat saya yang sedang susah BAB...

    ReplyDelete
  2. terimakasih informasinya , artikel yang sangat bermanfaat ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.