Pantangan Ibu Hamil

Artikel kali ini berisi tentang Pantangan Ibu Hamil, bagi anda yang sedang berada dalam proses kehamilan penting sekali untuk memperhatikan hal – hal kecil mulai dari asupan gizi, produk kecantikan yang digunakan, obat, maupun kegiatan yang dilakukan selama masa kehamilan.

Kondisi sang ibu yang tidak stabil, apalagi bagi yang baru memasuki awal kehamilan sangat beresiko mengalami berbagai macam gangguan. Berikut 11 pantangan bagi ibu hamil yang perlu diperhatikan :

Pantangan ibu hamil
Pantangan Bagi Ibu Hamil

·         Penggunaan tabir surya, lotion, produk perawatan kulit, maupun pemutih kulit sangat beresiko. Kandungan kimiawi seperti hidrokortison, salicylic acid, avobenzone, oksibenzon serta kandungan lain akan mempengaruhi perkembangan janin dan bisa menyebabkan janin menjadi keracunan. Akan lebih baik jika konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter apakah perawatan ada aman untuk kandungan atau justru membahayakannya.

·         Hindari makanan yang banyak mengandung pengawet dan MSG, makanan yang pedas, yang terlalu asam serta minuman bersoda. Selain itu jangan mengkonsumsi daging atau telur mentah, karena itu mengandung Toksoplasmosis yang dapat menimbulkan infeksi serius pada janin. Toksoplasmosis juga dapat ditemukan pada sayuran yang tidak dicuci dengan bersih. Selanjutnya berhati – hatilah terhadap ikan tuna steak, ikan sea bass, shark, atau ikan-ikan berukuran besar yang mengandung mercuri tinggi karena dapat menyebabkan kerusakan saraf jika dimakan dalam  jumlah yang besar.

·         Jangan melakukan program diet pada saat hamil. Jika janin kekurangan nutrisi maka dapat menyebabkan kecacatan.

·         Hindari terkena peptisida dalam jumlah banyak. Hal tersebut dapat membahayakan janin, dimana perkembangan otak dan sistem syarafnya menjadi terganggu.

·         Jangan melakukan olahraga atau beraktifitas yang terlalu berat, karena dapat menyebabkan keguguran.

·         Usahakan jangan terlalu banyak pikirian, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan dan dapat menyebabkan keguguran.

·         Jangan sembarangan mengkonsumsi obat tanpa mendapat ijin dari dokter.

·         Jangan terlalu sering berpergian jauh, terutama menggunakan pesawat terutama bagi yang sedang hamil muda, karena dapat mengalami gangguan morning sickness.

·         Hindari minuman bersoda atau berakohol, karena dapat menyebabkan kelainan perkembangan pada janin dan juga problem emosional pada bayi. Kurangilah minuman yang mengandung cafein seperti kopi dan teh karena kopi dapat mempengaruhi berat badan rendah pada bayi, keguguran dan juga bisa mengurangi  penyerapan zat besi.

·         Tindakan medis terhadap ibu hamil harus dilakukan dengan hati-hati, termasuk pencabutan gigi yang dapat memicu kontraksi dan memperbesar kemungkinan terjadinya kelahiran prematur.
·         Jangan menggunakan sepatu atau sandal yang berhak tinggi karena dapat menyebabkan ketegangan otot maupun terjadinya kontraksi yag berujung keguguran.


Adanya pengaturan pola hidup sehat selama hamil sangatlah penting. Jagalah kebersihan diri dan lingkungan sekitar dan rajin – rajinlah memeriksakan perkembangan janin ke bidan atau dokter sehingga memperkecil resiko terjadinya gangguan – gangguan yang tidak diinginkan. Sekian info tentang Pantangan Ibu Hamil kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat ragam semua.

Kata kunci : Pantangan ibu hamil, pantangan ibu hamil muda, pantangan ibu hamil dalam islam, pantangan ibu hamil 4 bulan, pantangan ibu hamil 5 bulan, pantangan ibu hamil adat jawa, pantangan ibu hamil tua, pantangan ibu hamil menurut hindu, pantangan ibu hamil menurut adat jawa, pantangan ibu hamil 1 bulan.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Pantangan Ibu Hamil"

  1. terimaksih informasinya gan,sangat bermanfaat sekali,, saya jadi tau pantangan ibu hamil apa saja..

    ReplyDelete
  2. banyak sekali ya gan pantangan2 untuk ibu hamil , maka dari itu ibu hamil harus diberikan perhatian lebih , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.