Khasiat Jinten Hitam bagi Tubuh

Ragam Khasiat dan Manfaat Alami Khasiat Jinten Hitam bagi Tubuh. Jinten hitam merupakan rempah yang sering digunakan sebagai bubmu masakan. Rempah ini memiliki sifat penyembuhan alami yang sangat luar biasa. Sejak dulu jinten hitam diolah sebagai obat oleh penduduk negara Timur Tengah dan kemudian tersebar luas hingga sampai ke Indonesia. Bahkan di dalam agama Islam meyakini jika jinten hitam memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan semua jenis macam penyakit kecuali kematian. Sedangkan dalam Alkitab, jinten juga disebut sebagai biji hitam kuratif, yang telah digunakan untuk pengobatan sejak zaman kuno.

Khasiat Jintem Hitam bagi Tubuh
Kandungan Khasiat dalam Jinten Hitam 

Jinten hitam mengandung sekitar kurang lebih 100 senyawa kimia alami seperti vitamin, protein, asam lemak, karbohidrat, minyak atsiri, dan saponin melatin, zat pahit nigelin, nigelon, timokinon, sterol, beta-sitosterol, damascene, dan antioksidan. Minyak atsiri pada umumnya bersifat anti bakteri, anti peradangan yang dapat menghangatkan perut. Saat ini mulai banyak ditemukan ekstrak jinten hitam yang dikemas dalam bentuk kapsul, sehingga masyarakat dapat mudah untuk memperolehnya. Bahlan di daerah India Selatan jinten hitam dijadikan sebagai minuman setiap hari, sebab diyakini dapat menstimulasi pengeluaran enzim pankreas dalam membantu absorbsi nutrisi di dalam metabolisme tubuh.

Senyawa nigelon, timokuinon serta asam lemak tak jenuh di dalamnya memiliki efek kemopreventif, anti-oksidatif sekaligus imunomodulator. Ditambah lagi ekstrak dari jinten hitam sangat efektif sebagai senyawa antikarsinogenesis yang dapat memperbesar produksi limfosit CD4, CD8, kadar IFNgamma dan hematoprotektor untuk penderita HIV / AIDS yang mengalami penyusutan jumlah sel CD4. Khasiat Jinten Hitam untuk pengobatan diantaranya sebagai berikut :

Jinten hitam memiliki khasiat untuk mengobati gangguan dalam pencernaan seperti sembelit, maag, diare, muntaber dan masalah perut lainnya. Selain itu, jinten hitam juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan dapat membasmi cacing usus.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Jintan hitam berkhasiat dapat meningkatkan kekebalan tubuh, terutama bagi orang yang menderita gangguan imunitas tubuh.

Menyembuhkan Asma dan Alergi
Pemberian jintan hitam dapat mengurangi reaksi alergi pada sebagian besar pasien dengan kasus bronchitis, asma dan penyakit alergi lainnya dengan tanpa efek samping .

Khasiat Jinten Hitam bagi Tubuh
Manfaat Tanaman Jinten Hitam sebagai Obat

Asam lemak yang terkandung dalam jintan hitam dapat menghambat perkembangan kanker. Jintan hitam berkemampuan menstimulasi produktivitas dan imunitas sel tulang sumsum, serta  produksi interferon, melindungi sel-sel normal, dan melawan sel tumor tanpa merusak sel-sel yang sehat .

Zat Thymoquinine pada jintan hitam adalah obat anti – inflamasi yang efektif . Untuk mengobati peradangan di pergelangan kaki atau persendian lain. Untuk anda yang ingin mencoba cukup ambil satu sendok makan cuka, dua sendok madu dan setengah sendok teh minyak jinten hitam. Gunakan campuran ini dua kali sehari untuk memijat pada bagian yang meradang.

Menetralisir Racun dalam Tubuh
Senyawa saponin yang terkandung dalam jintan hitam bermanfaat untuk menetralisir dan menghilangkan racun dalam tubuh. Racun yang terdapat dalam tubuh dapat mengganggu dan merusak fungsi organ tubuh lainnya seperti hati, paru-paru dan otak. Kemudian tubuh akan mengalami keracunan yang dapat bersumber dari beberapa jenis makanan tertentu dan mengakibatkan diare, kepala pusing, gangguan pernapasan, perut mual dan gangguan kesehatan lainnya.

Ekstrak jinten hitam telah dibuktikan memiliki fungsi melindungi jantung dengan memperbaiki kerusakan-kerusakan yang bisa memicu serangan jantung.

Jintan hitam bisa meningkatkan jumlah ASI,  karena kombinasi dari unsur-unsur tertentu dan struktur hormon lipid yang terkandung di dalamnya. Selain itu, jintan hitam juga mengandung arginine, yang penting untuk pertumbuhan bayi.

Jinten hitam mengandung asam linoleat (omega 6), dan asam linolenat (Omega 3), sehingga merupakan nutrisi bagi sel otak yang baik untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. Jintan hitam juga memperbaiki mikro (peredaran darah ) ke otak, dan sangat cocok untuk diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.

Jinten hitam memiliki senyawa thymoquinone yang mampu merangsang proses apoptosis pada sel-sel leukemia. Sehingga sangat membantu dalam proses pengobatan penderita leukimia.


Khasiat Jintem Hitam bagi Tubuh
Khasiat Tumbuhan Jinten Hitam

Khasiat lainnya diantaranya yakni mengatasi penyakit diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati epilepsi, mengobati batuk kering, gangguan tidur, mengatasi stres, menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh, mengobati lepra, dan lain sebagainya. Nah demikian ulasan singkat tentang Khasiat Jintem Hitam bagi Tubuh, semoga dapat menambah wawasan serta dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.



Kata kunci : Khasiat jinten hitam, khasiat jinten hitam untuk kecantikan, khasiat jinten hitam untuk kesehatan, khasiat jinten hitam untuk pengobatan, khasiat jinten hitam sebagai obat macam-macam penyakit, manfaat jinten hitam bagi kesehatan, manfaat kandungan dari jinten hitam, manfaat dari jinten hitam untuk sehari-hari, apa manfaat dari jinten hitam, apa kandungan dalam jinten hitam, penyakit yang disembuhkan dengan jinten hitam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Jinten Hitam bagi Tubuh"

Post a Comment

Powered by Blogger.