Manfaat Daun Sirsak

Khasiat dan Manfaat daun sirsakSiang sahabat ragam, pada artikel sebelumnya saya telah membahas Manfaat Buah Sirsak untuk kesehatan. Ternyata bukan buahnya saja yang kaya manfaat, daun sirsak juga mempunyai manfaat yang luar biasa dalam ilmu kesehatan. Sehingga artikel kali ini berjudul Manfaat daun sirsak.

Banyak literature menyatakan bahwa manfaat daun sirsak sudah diketahui dan banyak digunakan untuk mengobati penyakit sejak dulu. Penelitian yang dilakukan National Cancer Institute pada tahun 1976 menyatakan bahwa batang dan daun sirsak sangat efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker (baca : kanker dan kunci penyembuhannya). Hal ini karena daun sirsak mengandung senyawa proaktif yang sangat tinggi bagi tubuh, sehingga mampu menghambat maupun mematikan pertumbuhan sel kanker.

Manfaat daun sirsak

Penelitian lain juga dilakukan di Korea, mereka menemukan bahwa terdapat satu senyawa kimia yang berperan selektif membunuh sel kanker usus besar. Selain itu, manfaat dari ekstrak daun sirsak ternyata 10.000 kali lebih efektif dari obat kimia yang digunakan untuk perawatan penyakit kanker. Senyawa ini selektif memilih sel target kanker, sehingga tidak merusak sel-sel lain yang sehat.

Daun dan buah Sirsak

Selain untuk mengobati 12 jenis kanker termasuk kanker usus besar, kanker payudara, prostat, pankreas dan kanker paru-paru, ternyata daun sirsak juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghindari infeksi yang mematikan, meningkatkan energi di dalam tubuh, menambah stamina dan kebugaran, mencegah radikal bebas, dan masih banyak lagi khasiat lainnya.

Kandungan Senyawa Daun sirsak

Hasil dari penelitian secara ilmiah, daun sirsak mengandung anopentosin A, anopentosin B, Anopentosin C, murikatosin acetoginin A, murikatosin B, murikapentosin, anomurisin E, dan Acetogenins. Selain itu, daun sirsak juga mengandung tanin, alkaloid, annocatacin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, gentisic acid caclourine, linoleic acid, gigantetronin dan muricapentocin.

Manfaat daun sirsak

Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan di atas, dengan kandungan senyawanya daun sirsak sangat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri, menghambat mutasi gen, menghambat perkembangan virus, menghambat perkembangan parasit, menghambat pertumbuhan tumor, merileksasi otot, sebagai anti kejang, meredakan nyeri, mampu menekan peradangan, menurunkan kadar gula darah, menurunkan demam, menurunkan tekanan darah tinggi, menguatkan saraf, menyehatkan jantung, meningkatkan produksi asi pada ibu hamil, melebarkan pembuluh darah, membunuh cacing parasit, mengurangi stres, menguatkan pencernaan, serta meningkatkan nafsu makan.

Daun Sirsak

Dari penjelasan tentang manfaat daun sirsak bagi kesehatan, maka perlu saya sampaikan bagaimana cara pengolahan daun sirsak untuk mengobati berbagai macam penyakit antara lain :
  1. Mengobati kanker
Bahan : 10 lembar daun sirsak yang sudah tua
Cara Pembuatan : rebuslah daun sirsak dengan 3 gelas air. Biarkan sampai tersisa 1 gelas air saja.
Cara Pemakaian : Minumlah 2 kali sehari selama 2 minggu atau sampai kankernya benar-benar sembuh.
  1. Mengobati asam urat
Bahan : 6 - 10 daun sirsak yang sudah cukup tua namun masih hijau
Cara Pembuatan : Potong-potong daun sirsak tersebut agar kandungannya benar-benar keluar. Rebus daun yang sudah dipotong-potong dengan 2 gelas air sampai mendidih, biarkan sampai tersisa 1 gelas.
Cara Pemakaian : Minum ramuan yang sudah dibuat tersebut 2 kali sehari pagi dan malam hari.
  1. Mengobati sakit pinggang.
Bahan : 20 lembar daun sirsak.
Cara Pembuatan : rebuslah bahan tersebut dengan 5 gelas air. Biarkan sampai mendidih dan hanya tersisa 3 gelas.
Cara Pemakaian : Minumlah ¾ gelas ramuan tersebut 1 kali sehari.
  1. Meningkatkan kekebalan tubuh dan menghindari terjadinya infeksi.
Bahan : 4-5 lembar daun sirsak.
Cara Pembuatan : rebuslah dengan 4 gelas air. Biarkan mendidih hingga hanya tersisa 1 gelas.
Cara Pemakaian : Minum ramuan ini 1 kali sehari.
  1. Mengobati rematik.
Bahan : beberapa daun sirsak
Cara Pembuatan : tumbuk daun sirsak sampai halus.
Cara Pemakaian : tempelkan daun sirsak yang sudah ditumbuk pada bagian tubuh yang terasa nyeri atau sakit karena rematik maupun eksim. Lakukan secara rutin 2 kali sehari.

          6.      Mengobati bisul.
Bahan : beberapa daun sirsak muda
Cara Pemakaian : tempelkan daun tersebut pada daerah yang terkena bisul.

           7.      Mengobati Diabetes (baca : penyakit diabetes)
Bahan : 2-5 helai daun sirsak,
Cara Pembuatan : rebus daun sirsak dalam air hangat 3 gelas. Biarkan kering hingga tersisa 1 gelas.
Cara Pemakaian : minum ramuan ini secara rutin pagi dan malam hari. Lakukan cara ini secara rutin 3-4 hari.

          8.      Menghilangkan Kutu Rambut
Bahan : daun sirsak
Cara Pembuatan : rebus daun sirsak selama 10-20 menit.
Cara Pemakaian : gunakanlah air rebusan tersebut untuk keramas.


Jika anda menggunakan daun sirsak untuk mengobati penyakit dan berbagai keperluan kesehatan lainnya, sebaiknya bersihkan daun lebih dulu. Jangan konsumsi ramuan daun sirsak berlebihan, pastikan anda mengikuti anjuran yang diberikan agar tidak mengurangi khasiat dari daun tersebut. Yang terakhir konsultasikan pada ahli herbal untuk mendapatkan informasi real mengenai manfaat daun, cara penggunaan, dan kandungan senyawa daun sirsak.

Sekian artikel tentang Manfaat daun sirsak. Semoga bermanfaat.

Kata kunci yang sering dicari :
Manfaat daun sirsak, khasiat daun sirsak, manfaat daun sirsak untuk pengobatan, cara pembuatan ramuan herbal daun sirsak, khasiat daun sirsak untuk kesehatan, kandungan senyawa daun sirsak, obat alami daun sirsak, manfaat daun sirsak untuk kanker, manfaat daun sirsak untuk asam urat, manfaat daun sirsak untuk mengobati rematik, manfaat daun sirsak untuk mengobati sakit pinggang, manfaat daun sirsak untuk meningkatkan kekebalan tubuh, manfaat daun sirsak untuk mengobati bisul, manfaat daun sirsak untuk mengobati diabetes, manfaat daun sirsak untuk menghilangkan kutu rambut, manfaat daun sirsak untuk menghambat tumor, benefits of soursop leaf, soursop leaf for treat cancer desease, soursop leaf for treat diabetes.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Manfaat Daun Sirsak"

  1. Semoga Allah Ridho Ciptaan-nya menyembuhkan Ciptaan-nya
    Aamiin

    ReplyDelete
  2. saya baru tau kalau daun sirsak itu banyak sekali manfaatnya , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.