Penyakit Lupus

Selamat siang sahabat ragam, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Penyakit Lupus. Apa itu penyakit lupus? Sahabat ragam sudah ada yang tahukah? Penyakit lupus atau sering disebut penyakit autoimune adalah penyakit yang menyebabkan inflamasi bagian tubuh seperti kulit, sendi, sel darah, paru-paru serta jantung yang menyebabkan kulit menjadi kemerahan namun tidak secara keseluruhan. Penyakit lupus tidak disebabkan oleh virus atau bakteri, maka dari itu lupus tidak menular namun disebabkan karena autoimune atau faktor genetika. Penyakit lupus juga tidak menular baik melalui hubungan intim maupun bersentuhan dengan penderita lupus. Namun kita juga harus waspada dan selalu menjalankan pola sehat agar sistem imun kita tetap terjaga dan terhindar dari penyakit lupus yang mengerikan.

Penyakit Lupus Jenis Gejala
Penyakit Lupus

Jenis – Jenis Penyakit Lupus

Lupus mempunyai jenis – jenis yang dapat dibagi menjadi tiga, diantaranya sebagai berikut:

1.      Lupus Eritematosus Diskoid (Discoid Lupus Erythematosus/DLE)
Jenis lupus ini pada umumnya hanya menyerang kulit, namun lupus jenis ini juga dapat menyerang sel, jaringan serta bagian tubuh lainnya. Lupus jenis ini dapat dikendalikan hanya dengan menghindari sinar matahari dan konsumsi obat tradisional. Gejala-gejala penyakit lupus jenis ini dapat berupa rambut rontok bahkan sampai botak dan jika dalam jangka panjang, petak secara permanen, serta ruam pada kulit seperti sisik pada kulit yang terkadang menebal dan menjadi bekas luka.
2.      Lupus Eritematosus Sistemik (Systemic Lupus Erythematosus/SLE)
Pada penyakit lupus jenis ini, penderita hanya mengalami gejala yang ringan – ringan. SLE yang sering disebut penyakit lupus di kalangan masyarakat ini, sering dialami oleh orang di Indonesia. Gejala SLE ini dapat menyerang secara tiba-tiba dan juga dapat menyerang secara perlahan. Yang paling mengganggu dari gejala SLE adalah rasa nyeri yang berkepanjangan yang sangat mengganggu rutinitas keseharian. Dan tidak jarang penderita lupus mengalami depresi, cemas serta merasa stress atau tertekan.

3.      Lupus Karena Obat – Obatan
Setiap obat yang berbahan kimia atau mengandung campuran senyawa dapat mengakibatkan efek samping. Ada ratusan obat yang menyebabkan efek samping yang hampir sama menyerupai penyakit lupus terutama jenis SLE. Namun pada umumnya penyakit lupus akan berhenti apabila anda berhenti mengkonsumsi obat tersebut. Tetapi anda harus konsultasi jika anda ingin berhenti mengkonsumsi obat-obatan tersebut jika dari resep dokter.

Gejala Penyakit Lupus

Penyakit lupus mempunyai gejala yang yang mengerikan namun ada juga yang ringan, tetapi yang berat juga ada dan dapat mengancam jiwa dan bahkan menimbulkan kematian. Penyakit lupus tidak menular namun merupakan penyakit yang serius dan tidak bisa dibiarkan. Gejala umum penyakit lupus berupa ruam kulit, lelah sakit,  pembengkakan pada sendi serta rambut rontok.

Pengobatan Penyakit Lupus

Untuk pengobatan penyakit lupus belum diketahui pasti obat tradisionalnya, namun obat yang diracik secara bercampur dan mengandung senyawa khusus memang dapat menyembuhkan namun dapat menimbulkan efek samping. Khusus untuk penyakit lupus jenis DLE cukup dianjurkan untuk menghindari sinar matahari karena lupus memiliki gejala rambut rontok, maka dari itu jika semakin lama terkena sinar matahari maka rambut akan dengan mudahnya rontok dan bahkan menimbulkan kebotakan. Pencegahan penyakit lupus yang pasti yaitu selalu menjaga kebersihan, menjaga pola makan, istirahat yang cukup serta olahraga yang teratur.

Pada intinya lupus yang sering kita kenal dan banyak terjadi yaitu jenis SLE. Apabila anda mengalami gejala – gejala yang menyerupai penyakit lupus segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter supaya tidak menimbulkan efek atau dampak yang lebih serius dan tidak menimbulkan sampai pada kematian. Demikian artikel dari saya tentang Penyakit Lupus, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Baca artikel terkait:
·             Penyakit Epilepsi
·             Penyakit Anemia
·             7 Tips Berbuka Puasa Yang Menyehatkan

Kata Kunci: penyakit lupus, jenis penyakit lupus, gejala penyakit lupus, lupus disease

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Penyakit Lupus"

  1. Replies
    1. Alhamdulillah, sama sama... semga bermanfaat buat yang lainnya juga

      Delete
  2. penyakit lupus ternyata berbahaya juga ya gan , dan bisa menyebabkan kematian , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.