3 Makanan Penyebab Obesitas

Selamat siang sahabat ragam, 3 Makanan Penyebab Obesitas. di bulan yang penuh berkah ini kita umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa. Puasa merupakan diet yang menyehatkan, tetapi asupan makanan juga harus dipertimbangkan saat sahur dan berbuka puasa, jangan sampai karena sembarangan memilih makanan mengakibatkan penyakit ditubuh anda, salah satunya adalah obesitas. Obesitas yaitu suatu kelainan pertambahan berat badan secara abnormal yang disebabkan karena makanan yang kurang sehat, faktor genetic, konsumsi obat-obatan serta penyebab lain.
Penyebab Obesitas, Gejala Obesitas
Obesitas
Obesitas dapat terjadi pada siapa saja tidak terkecuali anak-anak. Di bulan yang penuh berkah ini kita kan diwajibkan berpuasa artinya kita juga sedanga menjalankan diet. Bagi penderita obesitas puasa merupakan ibadah dan obat yang paling cocok. Namun dengan kita berpuasa tidak berarti kita terhindar dari obesitas apabila asupan makanan saat berbuka puasa maupun sahur tidak diperhatikan. Berikut ini makanan yang perlu dihindari untuk mencegah obesitas antara lain:

1.      Makanan Yang Terlalu Manis
Makanan yang terlalu manis akan berdampak pada obesitas. Mengapa demikian? Karena makanan yang manis akan membuat kita ketagihan untuk mengkonsumsi makanan yang lain sehingga anda terlalu kenyang, hal ini jelas akan menyebabkan rasa malas dalam beraktifitas serta tubuh anda akan cepat bertambah gemuk. Disisi lain makanan yang terlalu manis juga dapat menimbulkan diabetes militus (penyakit gula). Rosulullah SAW mengajarkan kita untuk berbuka dengan makanan yang manis, akan tetapi manis itu bukan berarti makanan yang terlalu manis. Kurma misalkan, kurma berbeda dengan makanan yang manis/terlalu manis karena kurma mengandung karbohidrat kompleks yang akan meningkatkan gula secara perlahan dan tidak menimbulkan diabetes atau pun hal lain yang negative, namun kandungan gula alami kurma mampu memberikan energy dalam tubuh kita. Jika kurma tidak ada Rosulullah SAW pun menganjurkan untuk minum air putih karena sesungguhnya air putih itu menyehatkan.

2.      Fast Food (Makanan Cepat Saji) Dan Gorengan
Obesitas atau kegemukan pada umumnya dipicu oleh lemak. Sedangkan lemak sendiri apabila tidak terkontrol akan menyebabkan obesitas. Tidak terkecuali fast food atau makanan cepat saji/gorengan. Alangkah baiknya jika kita menghindarinya dan menggantinya dengan sayur atau lauk lainnya.

3.      Air Es
Mengapa air es? Pada dasarnya air es yang paling berpengaruh terhadap kegemukan karena di dalam tubuh terdapat lemak atau bantalan lemak yang apabila kita mengkonsumsi air es maka bantalan lemak tersebut akan semakin menggumpal yang mengakibatkan perut menjadi buncit bahkan dapat memicu obesitas. Alangkah baiknya jika kita menghindarinya dan mengganti dengan air putih saja yang dapat membantu kita dalam meminimalisir dampak dehidrasi yang berlebihan.

Itulah beberapa makanan atau minuman yang perlu dihindari agar tidak mengakibatkan obesitas. Sekian artikel dari saya tentang 3 Makanan Penyebab Obesitas. semoga sedikit kata bisa bermanfaat.

Baca artikel terkait:
·         Manfaat Susu Kedelai
·         Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Kata kunci: makanan, minuman, obesitas, penyebab obesitas, makanan yang menyebabkan obesitas.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "3 Makanan Penyebab Obesitas"

Powered by Blogger.