Tips Agar Tubuh Tetap Fit Selama Menjalankan Puasa Bulan Ramadhan

Pagi sahabat Ragam Alami, kali ini saya akan membahas Tips Berpuasa yang Baik. Tak terasa, bulan Ramadhan akan segera tiba dalam beberapa hari lagi. Bulan Ramadhan yang jatuh setiap satu tahun sekali ini, memang bulan yang paling dinanti kehadirannya oleh umat Islam. Karena di bulan inilah, Allah SWT menurunkan rahmat-Nya yang sangat berlimpah kepada hamba-hamba-Nya. Salah satu ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim di bulan Ramadhan adalah berpuasa selama satu bulan penuh. Berpuasa ini merupakan Rukun Islam yang ketiga, dan hukumnya wajib bagi seorang muslim yang sudah baligh.

Untuk bisa berpuasa, bukan hanya memantapkan niat di dalam hati saja yang penting, namun juga persiapan tubuh yang prima, agar kita bisa berpuasa selama satu bulan penuh. Banyak sekali kendala yang sering kita temui saat menjalankan ibadah puasa, diantaranya perasaan yang lesu, lemahnya semangat kita untuk melakukan aktivitas seperti biasanya, dan lain sebagainya. Nah, di artikel kali ini saya akan mencoba memberikan beberapa tips kepada anda, agar nanti kita bisa menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan maksimal dan juga bersemangat.

1.Sahur yang benar
Terkadang saat sahur, kita banyak makan dengan alasan agar kuat berpuasa selama seharian. Namun anggapan ini adalah anggapan yang salah. Jika kita ingin berpuasa dengan lancar dan tetap segar, konsumsilah makanan yang banyak mengandung gizi dan vitamin, karbohidrat, protein, dan juga mineral saat kita makan sahur. Lebih baik lagi ketika anda makan makanan yang banyak mengandung serat, seperti sayur, dan juga buah. Karena makanan yang berserat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diserap oleh tubuh, sehingga bisa menahan rasa lapar kita lebih lama. Dan makanlah nasi (Karbohidrat) dengan porsi yang sedang saja, agar nanti tidak kekenyangan.

2.Minum yang cukup
Perlu anda ketahui, bahwa kebutuhan tubuh akan air selama satu hari adalah sebanyak 2 liter, agar tidak dehidrasi. JIka tubuh kita dehidrasi (kekurangan air), maka tubuh kita akan terasa lemas, serta aliran oksigen ke tubuh tidak akan lancar. Nah, agar anda tetap bisa segar saat berpuasa, maka minumlah air yang cukup saat berbuka, maupun saat sahur.

3.Setelah sahur, jangan tidur!
Ini kebiasaan yang sering kita lakukan. Ya, karena alsan masih mengantuk, kita sering tidur kembali setelah sahur. Faktanya, tubuh memerlukan waktu untuk bisa mencerna makanan yang kita makan, sehingga langsung tidur setelah sahur adalah kegiatan yang salah. Akan lebih baik lagi bila kita mengisi waktu luang sambil menanti adzan Subuh dengan membaca Al-Qur’an, selain mendatangkan pahala, kita juga bisa membantu kinerja dari organ-organ tubuh agar bisa mencerna makanan yang kita konsumsi saat sahur tadi.

4.Jangan beraktivitas yang berlebihan
Saat kita berpuasa, kita lebih sedikit menkonsumsi makanan daripada saat kita tidak berpuasa, yang menandakan juga bahwa tenaga yang kita miliki untuk beraktifitas juga lebih sedikit atau terbatas. Maka dari itu, sebaiknya kita menghindar aktivits-aktivitas yang cuckup banyak menguras tenaga.

5.Tidurlah di siang hari
Saat bulan Ramadhan, biasanya waktu tidur kita menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan bulan yang lain, dan juga adanya rasa mengantuk yang terus membayangi kita. Bayangkan saja, saat dini hari sekitar jam 3 kita harus sudah bangun untuk bersahur, kemudian kita melanjutkan aktivitas lain sambil menanti kumandang Adzan Subuh. Di siang hari, kita beraktivitas seperti biasa, dan di waktu malam hari, kita gunakan untuk Sholat Tarawih dan juga Bertadarus Al-Qur’an. Tentu waktu istirahat yang kita punyai lebih sedikit bukan? Nah, agar waktu istirahat kita tetap cukup, maka ada baiknya bila kita tidur selama 1 sampai 2 jam di siang hari setelah Sholat Dzuhur. Aktivitas ini sangat bermanfaat untuk mengembalikan kembali energi setelah beraktifitas. Namun jangan tidur dengan waktu yang cukup lama, karena hal ini akan menyebabkan anda menjadi lemas dan merasa tidak bertenaga.

6.Tips saat berbuka puasa
Kumandang adzan Maghrib yang menandakan datangnya waktu berbuka puasa adalah waktu yang paling dinanti oleh kaum muslimin yang sedang berpuasa. Sebaiknya saat berbuka puasa kita mengkonsumsi makanan yang hangat dan ringan terlebih dahulu. Rasulullah SAW pun menganjurkan agar kita berbuka dengan makanan yang manis, seperti Kurma. Minumlah teh hangat dan juga beberapa biji kurma saat berbuka, karena akan sangat baik bagi lambung kita. Hal ini terjadi karena minuman yang hangat akan mampu menetralisir asam lambung setelah berpuasa, dan makanan yang manis akan memberikan kita energi. Dan sebaiknya, hindarilah makanan atau minuman yang dingin saat berbuka puasa, yang akan menyebabkan asam lambung meningkat, yang bisa menimbulkan penyakit maag.

7.Tunda makan besar saat berbuka
Hal ini perlu anda perhatikan, karena biasanya kita ingin langsung makan sebanyak-banyaknya saat berbuka puasa. Namun jangan ikuti hawa nafsu anda untuk segera makan banyak saat berbuka puasa, karena lambung kita memerlukan waktu dan juga ruang kosong untuk mencerna makanan. Makan besar ini sebaiknya kita lakukan setelah Sholat Tarawih.

Nah, itu tadi beberapa tips agar kita bisa menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan maksimal. Insyaallah tips-tips tadi akan sangat bermanfaat apabila kita menerapkannya saat kita berpuasa nati. Sekian artikel tentang Tips Berpuasa yang Baik, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda.

Baca artikel terkait:
·             Manfaat Daun Mangkokan
·             Manfaat Daun Kumis Kucing
·             Manfaat dan Khasiat Buah Anggur

Kata kunci: puasa, tips berpuasa, cara berpuasa yang baik, tips berpuasa yang baik, fasting tips

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Tips Agar Tubuh Tetap Fit Selama Menjalankan Puasa Bulan Ramadhan"

Powered by Blogger.