Manfaat Daun Kumis Kucing

Pagi sahabat Ragam Alami, kali ini saya akan membahas tentang Manfaat Daun Kumis Kucing. Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus) merupakan salah satu tanaman obat yang berasal dari daratan tropis Afrika. Tanaman Kumis Kucing termasuk ke dalam famili Labiatae. Tanaman Kumis Kucing bisa dengan mudah kita temui di daerah-daerah yang beriklim tropis, seperti Indonesia. Ciri fisik dari tanaman ini antara lain memiliki batang yang bentuknya seperti persegi, agak beralur, serta terkadang memiliki bulu-bulu halus. Daun dari Kumis Kucing macam-macam bentuknya, ada yang Lonjong, Lanset, Bundar Telur, bahkan Belah Ketupat yang dimulai dari pangkalnya, dengan ukuran kira-kira 1-10 cm. Daun Kumis Kucing mempunyai permukaan berbintik-bintik di kedua sisinya. Ciri khas dari tanaman Kumis Kucing terletak pada bagian bunganya, yang bentuknya seperti kumis yang dimiliki oleh kucing. Mungkin dari situlah, asal usul pemberian nama Kumis Kucing pada tanaman ini.
Khasiat Manfaat Kandungan Daun Kumis Kucing Kesehatan
Daun Kumis Kucing
Tanaman Kumis Kucing selama ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat, dan digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Penyakit yang ringan sampai yang berbahaya bisa diobati dengan ramuan dari Kucing Kucing ini. Lalu bagaimana cara meramu obat dari tanaman Kumis Kucing ini?

Kandungan Senyawa Kumis Kucing

Tanaman Kumis Kucing memiliki keunggulan dibandingkan dengan tanaman yang lain, karena memiliki banyak kandungan senyawa yang sangat baik untuk tubuh. Senyawa-senyawa tersebut adalah Saponin, Minyak Atsisi, Sinensetin, Sapofonin, Kalium, Zat Samak, serta Mioinositol. Semua kandungan senyawa itulah yang menjadikan tanaman ini sebagai salah satu tanaman obat yang penting untuk kita miliki. Beberapa ahli herbal juga setuju kalau tanaman Kumis Kucing ini sebagai obat tanpa efek samping setelah melewati proses analisis yang cukup panjang.

Manfaat Kumis Kucing

Kumis Kucing terbukti dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit ringan, seperti Batuk, Masuk Angin, Sakit Pinggang, dan juga Sembelit. Bahkan penyakit-penyakit kronis seperti Kencing Manis, Radang Ginjal, Albuminuria, Sifilis, dan Batu Ginjal sekalipun dapat disembuhkan dengan menggunakan tanaman Kumis Kucing ini.

Pengobatan Tradisional dengan Kumis Kucing

1.Memperlancar kencing
Siapkan Kumis Kucing, Meniran, dan juga Alang-Alang masing-masing secukupnya saja. Setelah itu, rebus semua bahan tadi dengan menggunakan 3 gelas air. Tunggu sampai mendidih, atau sampai airnya tersisa setengahnya. Setelah itu tunggu sampai dingin terlebih dahulu. Baru setelah dingin, minumlah air rebusan tadi 3x sehari, masing-masing ½ gelas saja. Lakukan Kegiatan ini secara rutin.

2.Mengobati Batu Ginjal
Siapkanlah kurang lebih 20 lembar daun Kumis Kucing, dan juga 5 lembar daun pohon Keji Beling. Setelah itu cuci keduanya di air yang mengalir sampai bersih. Selanjutnya, rebus semua bahan tadi dengan 2 gelas air sampai mendidih. Minum ramuan ini 2x sehari, masing-masing cukup 1 gelas saja.

3.Mengobati Keputihan
Langkah pertama, siapkan daun Kumis Kucing, 1 sendok teh Jinten Hitam, 10 biji Kemukus, serta daun Beluntas secukupnya. Rebus semua bahan tersebut sampai mendidih. Minum ramuan ini 1x sehari, dan lakukan secara rutin.

4.Mengobati Sakit Pinggang
Siapkanlah 7 lembar daun Kumis Kucing serta 2 potong akar Kumis Kucing. Rebus keduanya dengan 1 gelas air, dan tunggu sampai mendidih. Minum ramuan ini 2x sehari, secara teratur.

5.Mengoabti Masuk Angin
Siapkan daun Kumis Kucing secukupnya. Kemudian rebuslah dengan 1 gelas air. Tunggu sampai mendidih, ataupun saat air rebusannya tersisa setengahnya. Tunggu sampai air rebusannya dingi,baru anda bisa meminumnya. Lakukan aktivitas ini secara rutin.

6.Mengobati Diabetes
Petiklah 15 lembar daun Kumis Kucing, kemudian cuci sampai bersih. Selanjutnya rebuslah dengan 2 gelas air, sampai tersisa setengahnya. Tunggu sampai airnya dingin, baru anda bisa meminumnya. Minum ramuan ini 1x sehari secara rutin.

Dibalik bentuk bunganya yang cantik, ternyata manfaat Kumis Kucing untuk kesehatan juga sama cantiknya. Konsumsilah obat tradisional dari Kumis Kucing tadi sesuai dengan petunjuk dari ahli herbal, agar kita bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Sekain artikel tentang Manfaat Daun Kumis Kucing, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda.

Baca artikel terkait:
·         Manfaat Lidah Buaya

Kata kunci: manfaat kumis kucing, khasiat kumis kucing, kandungan kumis kucing, khasiat dan manfaat daun kumis kucing.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Manfaat Daun Kumis Kucing"

  1. thanks gan infonya :)
    kunjung balik kalo berkenan

    http://bangoo.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. banyak sekali manfaat dari kumis kucing , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.