Manfaat Lidah Buaya

Pagi Sahabat Ragam Alami, kali ini saya akan membahas tentang Manfaat dan Khasiat Lidah Buaya untuk kesehatan. Tanaman Lidah Buaya memiliki nama ilmiah Aloe Vera, dan merupakan tanaman sukulen. Kenapa disebut sebagai tanaman sukulen? Karena tanaman ini mampu tumbuh lebat, dengan daun yang barair dan juga semakin membesar. Salah satu ciri yang dimiliki tanaman Lidah Buaya yaitu adanya cairan jeli/lender, dan juga getah yang berwarna kuning. Saat ini, tanaman Lidah Buaya sering dimanfaatkan oleh banyak industri rumah tangga sebagai minuman instan, dan juga manisan Lidah Buaya. Selain itu, tanaman Lidah Buaya sudah lama dikenal sebagai tanaman obat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Nah, lalu bagaimana caranya mengolah tanaman Lidah Buaya sebagai obat tradisional?
Manfaat Khasiat Kandungan Senyawa Lidah Buaya Kesehatan Kecantikan
Lidah Buaya
Kandungan Senyawa Lidah Buaya

Lidah Buaya kaya akan kandungan senyawa yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita, antara lain Asam Amino, Polisakarida, dan juga Aloe Emodin. Lendir/cairan jeli yang terdapat di dalam Lidah Buaya kaya akan Salisilat, Zat Antijamur, Antibakteri, Antibengkak, dan bahkan terdapat juga Mineral, Enzim, dan juga Vitamin. Selain itu, getah dari Lidah Buaya juga mengandung Aloin.

Pengobatan Tradisional dengan Lidah Buaya

Lidah Buaya memiliki kemampuan untuk mengobati berbagai macam penyakit, dari yang ringan sampai penyakit yang susah disembuhkan. Lalu apa saja penyakit yang bisa kita sembuhkan dengan mengkonsumsi Lidah Buaya?

1.Mengobati Kencing Manis (Diabetes Melitus)
Cuci daun Lidah Buaya yang tebal dan besar sampai bersih, kemudian kupas, lalu potong-potong. Setelah itu, rendamlah potongan-potongan Lidah Buaya tadi kedalam larutan garam selama ½ jam. Selanjutnya, angkat dan bilas beberapa kali pada air bersih yang mengalir. Setelah itu, rebus kedalam 3 gelas air yang sudah mendidih. Tunggu samapi semuanya mendidih, kemudian angkat, lalu dinginkan. Minum ramuan ini 2x sehari, masing-masing ½ gelas tiap kali minum.

2.Mengobati Radang Tenggorokan
Cucilah daun Lidah Buaya sampai bersih, kemudian kupas kulitnya, lalu potong-potong. Setelah itu, cuci kembali potongan-potongan Lidah Buaya tadi pada air yang mengalir sampai lendirnya hilang. Selanjutnya, blender sampai lembut, serta jangan lupa tambahkan madu secukupnya. Minum ramuan ini 3x sehari.

3.Mengobati Darah Tinggi (Hipertensi)
Cucilah daun Lidah Buaya sampai bersih, kemudian kupas kulitnya, lalu potong-potong. Setelah itu, cuci kembali potongan-potongan Lidah Buaya tadi pada air yang mengalir sampai lendirnya hilang. Kemudian, rendam kedalam air kapur sirih selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu angkat, tiriskan, lalu bilas dengan air bersih yang mengalir sampai kapur sirihnya hilang. Langkah selanjutnya, masukkan Lidah Buaya tadi kedalam air yang sudah mendidih. Tunggu sampai semuanya mendidih, baru kemudian angkat, dan tiriskan. Untuk meminum ramuan ini, tambahkan air matang dan madu secukupnya.

4.Mengobati Sembelit
Cucilah daun Lidah Buaya sampai bersih, kemudian kupas kulitnya, lalu potong-potong. Setelah itu, cuci kembali potongan-potongan Lidah Buaya tadi pada air yang mengalir sampai lendirnya hilang. Kemudian seduh Lidah Buaya tadi dengan air panas dan madu secukupnya. Minum ramuan ini 2x sehari selagi masih hangat.

5.Mengobati Ambeien
Cucilah daun Lidah Buaya sampai bersih, kemudian kupas kulitnya, lalu potong-potong. Setelah itu, cuci kembali potongan-potongan Lidah Buaya tadi pada air yang mengalir sampai lendirnya hilang. Setelah itu, parut Lidah Buaya tadi. Kemudian, seduh hasil parutan Lidah Buaya tersebut dengan air panas, dan jangan lupa tambahkan madu murni secukupnya. Minum ramuan ini 3x sehari selagi masih hangat.

6.Mengobati Maag
Cuci 500gram daun Lidah Buaya sampai bersih, kupas, lalu potong-potong. Kemudian cuci kembali di sir bersih yang mengalir sampai lendirnya hilang. Setelah itu, blender Lidah Buaya tadi sampai lembut, lalu tambahkan 2 sendok teh madu murni. Minum ramuan ini 2x sehari.

7.Menghitamkan Rambut dan Melembabkan Kulit Kepala
Potong-potong daun Lidah Buaya secukupnya, lalu oleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit kepala. Diamkan selama kurang lebih 25 menit. Setelah itu, keramaslah dengan menggunakan air bersih.

8.Mengobati Panas Dalam
Cucilah daun Lidah Buaya sampai bersih, kemudian kupas kulitnya, lalu potong-potong. Setelah itu, cuci kembali potongan-potongan Lidah Buaya tadi pada air yang mengalir sampai lendirnya hilang. Setelah itu, rendam Lidah Buaya tadi kedalam larutan kapur sirih selama 1 jam. Selanjutnya, angkat, tiriskan, dan bilas kembali di air yang mengalir sampai bersih. Langkah selanjutnya, masukkan Lidah Buaya tadi kedalam air yang mendidih, dan tunggu sampai semuanya mendidih. Selanjutnya angkat, lalu tiriskan. Untuk meminumnya, tambahkan air matang, madu murni, dan juga air perasan jeruk lemon.
 
Peringatan!
Ibu Hamil dan menyusui tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi ramuan pencahar dari Lidah Buaya, karena dapat menimbulkan iritasi di dalam usus, iritasi lambung, bahkan dapat mengakibatkan kram perut.

Untuk bisa mendapatkan kesembuhan atau hasil yang maksimal, maka rutinlah mengkonsumsi resep obat tradisional di atas sesuai dengan petunjuk ahli herbal. Sekian artikel mengenai  khasiat dan Manfaat Lidah Buaya sebagai obat tradisional untuk kesehatan. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda.

Baca artikel kesehatan terkait:
·         Manfaat Buah Kiwi
·         Manfaat Daun Kecubung

Kata kunci: manfaat Lidah Buaya, khasiat Lidah Buaya, khasiat Lidah Buaya, manfaat Lidah Buaya, benefits of aloe vera.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Manfaat Lidah Buaya"

Powered by Blogger.