Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Pagi sahabat Ragam Alami, kali ini saya akan membahas tentang khasiat dan Manfaat Buah Kiwi. Pernahkan anda mendengar nama Buah Kiwi? Mungkin buah ini sedikit asing bagi sebagian besar masyarakat kita karena masih jarang petani maupun pedagang yang memperjualbelikan buah ini di pasar. Buah Kiwi (Actinidia Deliciosa) merupakan sejenis buah Beri. Ukuran normal dari buah ini kira-kira sebesar telur ayam. Kulit dari Buah Kiwi mempunyai warna hijau agak kecoklatan. Sedangkan warna daging dari Buah Kiwi adalah hijau terang, dan ada juga yang berwarna hijau keemasan. Buah Kiwi memiliki biji yang kecil, berwarna hitam, serta dapat dimakan. Tekstur Buah Kiwi sangat halus, dan rasanya pun sangat unik. Namun tahukah anda bahwa Buah Kiwi ini juga memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan?
Manfaat Khasiat Kandungan Buah Kiwi Kesehatan Kecantikan
Buah Kiwi
Kandungan Senyawa Buah Kiwi
Sebelum melangkah ke Manfaat Buah Kiwi, perlu kita ketahui terlebih dahulu apa saja kandungan senyawa/nutrisi yang ada di dalam Buah Kiwi. Kandungan Senyawa/Nutrisi Buah Kiwi antara lain : Karbohidrat, Serat Pangan, Gula, Protein, Lemak, Lutein, Zeaxanthin, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B6, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Folat, Besi, Kalsium, Magnesium, Kalium, Fosfor, Natrium, Seng, dan juga Mangan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Zespri Health Science Research, kandungan Vitamin C yang terkandung di dalam Buah Kiwi ternyata lebih banyak dibandingkan dengan Buah Jeruk! Tak hanya itu, kandungan Vitamin C tersebut juga mempunyai sifat Antioksidan, yang mampu mencegah kerusakan sel dalam tubuh akibat proses oksidasi.

Manfaat Buah Kiwi
Nah, setelah kita mengetahui apa saja kandungan senyawa/nutrisi yang ada di dalam Buah Kiwi, barulah kita akan membahas tentang Manfaat Buah Kiwi.

1.Buah Kiwi mampu mencegah Kanker
Sebuah studi yang dilakukan oleh Rowett Research di Inggris, mengungkap bahwa jika kita mengkonsumsi Buah Kiwi setiap hari, akan terjadi perbaikan DNA hampir 2x lipat! Ini adalah kerusakan genetik yang bertanggungjawab terhadap kanker. Jadi, konsumsilah Buah Kiwi secara teratur agar kita bisa terhindar dari Penyakit Kanker yang mematikan itu.

2.Cegah Penyakit Kardiovaskular dengan Buah Kiwi
Dengan mengkonsumsi 2 sampai 3 Buah Kiwi setiap hari, akan sangat membantu untuk mengencerkan darah anda, menurunkan kadar lemak dalam darah, serta mengurangi pembekuan darah yang akhirnya akan menjaga kesehatan organ jantung.

3.Buah Kiwi mampu menjaga kesehatan kulit
Ternyata Buah Kiwi mengandung Kalium yang jauh lebih banyak daripada Buah Pisang. Buah Kiwi juga mempunyai kandungan nutrisi lain yang sangat baik untuk kesehatan kulit kita, seperti Vitamin E, Asam Lemak esensial, dan juga Alfa Linoleic Acid (ALA).

4.Buah Kiwi baik untuk Ibu Hamil
Seorang Ibu yang sedang mengandung anaknya rata-rata membutuhkan 400-800 mikrogram Asam Folat untuk perkembangan janinnya. Dan Buah Kiwi merupakan buah yang memiliki kandungan Asam Folat yang cukup tinggi. Asam Folat ini memiliki fungsi membantu perkembangan otak dan kognitif pada bayi, serta mampu mencegah terjadinya cacat saraf pada bayi.

5.Tingkatkan kekebalan tubuh dengan Buah Kiwi
Buah Kiwi memiliki kandungan Vitamin C dan juga Antioksidan yang cukup tinggi, sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh anda. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh kita, maka kita tidak akan mudah terserang penyakit flu.

6.Buah Kiwi sangat baik untuk pencernaan
Buah Kiwi yang berwarna hijau memiliki kandungan Actinidin, yaitu semacam enzim alami yang memecah protein. Buah Kiwi juga terbukti memiliki Serat yang tinggi, sehingga masalah BAB tidak lancar bisa diatasi. Bahkan kandungan Serat tersebut mampu membersihkan saluran pencernaan kita! Dan tidak hanya itu, kandungan Vitamin C yang ada di dalam Buah Kiwi juga bisa menghilangkan kembung, dan juga membantu pertumbuhan bakteri baik untuk tubuh.

7.Jaga kesehatan mata dengan Buah Kiwi
Buah Kiwi mengandung Karotenoid, yang bermanfaat untuk menghindarkan mata kita dari serangan radikal bebas yang sangat berbahaya.

8.Buah Kiwi mampu mengatasi Asma
Sebuah penelitian yang dilakukan di Italia menunjukkan bahwa anak yang mengkonsumsi 5 sampai 7 porsi Buah Kiwi dan Buah Jeruk selama seminggu, akan lebih sulit terkena gejala batuk, sesak nafas, dan juga mengi.

Nah, di balik buahnya yang tidak begitu besar, Buah Kiwi ternyata mengandung berbagai macam senyawa/nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Dan yang lebih hebatnya lagi, sinergi yang ada dari senyawa-senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Konsumsilah Buah Kiwi ini secara teratur, namun tetap dengan porsi yang tidak berlebihan agar kita bisa mendapatkan manfaat dan khasiatnya secara maksimal. Sekian artikel tentang Manfaat Buah Kiwi,semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda.

Baca artikel kesehatan terkait:
·         Manfaat Daun Kecubung
·         Manfaat Buah Sawo

Kata kunci: manfaat buah, khasiat buah, khasiat buah kiwi, manfaat buah kiwi, benefits of kiwi.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan"

  1. wah ternyata manfaat buah kiwi banyak sekali ya , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.