Penyakit Jantung



Assalamualaikum.. sahabat ragam. Langsung saja, kali ini kita akan membahas tentang Gambaran Umum Penyakit Jantung. Perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa Jantung merupakan organ yang berupa otot, berbentuk kerucut, berongga yang basisnya dan puncaknya di bawah dengan berat kira-kira 300 gram. Agar jantung berfungsi sebagai pemompa yang efisien, maka otot-otot jantung, rongga atas dan rongga bawah harus berkontraksi secara bergantian.
Serangan Penyakit Jantung
Penyakit Jantung
Laju denyut jantung atau  kerja pompa ini dikendalikan secara alami oleh suatu “pengatur irama” yang disebut  nodus sinotrialis (terletak di dalam dinding serambi kanan). Sebuah impuls listrik yang ditrasmisikan dari nodus sinotrialis ke dua serambi membuat keduanya berkonsenterasi secara serentak. Arus listrik ini selanjutnya diteruskan ke dinding-dinding bilik, yang  pada gilirannya membuat bilik-bilik berkontraksi secara serentak.

Salah satu istilah yang familiar ditelinga kita terkait dengan penyakit jantung adalah serangan jantung. Serangan  jantung adalah suatu kondisi ketika kerusakan dialami oleh bagian  otot jantung (myocardium) akibat mendadak sangat kekurangan pasokan darah. Berkurangnya pasokan darah ke jantung secara tiba-tiba dapat terjadi ketika salah satu nadi koroner terblokade selama beberapa saat, entah akibat spasme yang  mengencangnya nadi koroner, atau akibat pergumpulan darah thrombus.


Kenali Sejak Dini Gejala Penyakit Jantung

Bagian otot jantung  yang  biasanya dipasok oleh nadi yang terblokade berhenti berfungsi dengan baik segera, setelah spasme (kontraksi otot tak sadar atau kejang) reda dengan sendirinya, gejala-gejala hilang secara menyeluruh dan otot jantung berfungsi normal lagi. Ini sering disebut srescendo angina atau coronary insufficiency. Sebaliknya, apabila pasokan darah ke jantung terhenti sama sekali, sel-sel yang bersangkutan  mengalami perubahan yang permanen hanya dalam beberapa jam saja dan bagian otot jantung tersebut mengalami penurunan mutu atau rusak secara permanen. Otot yang mati ini disebut infark.

Seringkah anda merasa nyeri di dada? Nyeri dada sering sekali dianggap remeh oleh sebagian orang.  Padahal, rasa nyeri pada bagian dada merupakan salah satu gejala penyakit jantung dan pembuluh darah. Oleh karena itu, sejumlah gejala terkait dengan gangguan jantung perlu dikenali sejak dini agar penderita bisa segera mendapat pengobatan secara cepat dan efektif. Sejumlah keluhan fisik yang patut diwaspadai sebagai gejala penyakit jantung adalah berdebar-debar, nyeri dada, sesak nafas, cepat letih, ada riwayat sering pingsan, sesak bila tidur terlentang, beberapa organ tubuh  membiru, serta perut dan bagian  kaki  membengkak. Gejala lain yang dialami ketika seseorang terserang penyakit jantung adalah  rasa nyeri yang  hebat pada bagian dada yang disertai muntah. “Rasa tertekan atau seperti ditimpa, sakit, terjepit, diperas, dan terbakar di bagian dada dapat menjalar ke lengan kiri, leher, dan punggung.


Gejala Penyakit Jantung

Berikut adalah gejala terkena penyakit jantung secara umum. Gejala tersebut adalah sebagai berikut:

·         Nyeri
Selama kita  melakukan  aktifitas, akan merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh. Otot yang  tersuplai  darah dengan sesuai kebutuhan, oksigen dan proses metabolisme yang berlebih justru membuat kram. Dada terasa nyeri, sesak, karena otot jantung tidak mendapat cukup asupan darah. Nyeri yang dirasakan akan menjadi hampir disetiap harinya.
·         Sesak nafas
Masuknya cairan  ke dalam  rongga paru-paru sehingga menganggu aliran udara dalam paru-paru. Penderita akan mengalami sesak napas. Penderita merasa sesak napas pada saat melakukan kegiatannya, sedang  jika penderita sesak napas istirahat (diam), berarti ini adalah kategori sakit jantung tingkat lanjut. Sesak napas sering dialami pada posisi berbaring. Karena cairan yang terkumpul di paru-paru mengalir ke jantung.

·         Kelelahan atau  kepenatan
Otot jantung melemah menyebabkan proses pemompaan darah berkurang sempurna. Penderita sering merasa lemah dan lelah meskipun tidak melakukan kegiatan apapun untuk menghindari melemhnya fungsi jantung, kita harus rutin berolahraga dan melakukan banyak gerakan yang akan memicu kerja jantung lebih aktif.

·         Jantung berdebar debar (palpitasi)
Jantung berdebar debar tanda sakit jantung adalah jenis debar yang bersamaan dengan gejala lain yaitu saat seseorang kelelahan, sesak nafas, dan nyeri  di tubuhnya.

·         Pusing dan pingsan
Pemompaan darah yang tidak normal sehingga pemasukan darah bersih menjadi terganggu, seseorang  bisa merasakan pusing akibat kurang darah. Detak jantung melemah yang mengakibatkan  penderita pingsan. Rasa nyeri  yang  terus menerus, sakit di antara tulang punggung, dan gangguan pada otak karena  abnormalnya suplai darah menjadikan pusing kemudian pingsan.

Pada sebagian  orang,  gejala sakit jantung mirip dengan gejala masuk angin biasa. Jika anda  menemukan gejala yang mirip, lebih baik segera periksakan kesehatan ke dokter. Mengetahui lebih awal akan membantu anda  mengatasi masalah kesehatan  kita di kemudian  hari. Sekian Gambaran Umum Penyakit Jantung Semoga bermanfaat.

Referensi: Pintar Meracik Sendiri Ramuan Herbal untuk Penyakit Jantung, Ginjal, Kolesterol

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Penyakit Jantung"

Powered by Blogger.