Manfaat Cara Hidup Sehat

Tips cara hidup sehat, manfaat dan khasiat buah, daun, akar untuk pengobatan alternatif alami berbagai macam penyakit

8 Manfaat Singkong

Manfaat singkong bagi kesehatan sangatlah banyak. Singkong adalah tanaman umbi-umbian yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah ketela pohon atau umbi kayu sedangkan masyarakat jawa ada yang menyebutnya dengan telo. Singkong merupakan bahan makanan pokok alternatif yang selain dari beras dan jagung sebagai sumber karbohidrat. Selain itu singkong juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan.


Singkong
Ketela Pohon

Singkong
Manfaat Singkong

Singkong diperkenalkan oleh orang Portugis pada abad ke-16 ke Nusantara dari Brasil. Sekitar tahun 1810 pada masa Hindia Belanda, singkong ditanam secara komersial di wilayah Indonesia. Pada awalnya masyarakat jawa belum mengenal tanaman yang satu ini, sehingga sampai sekitar tahun 1875 konsumsi singkong di jawa masih rendah. Baru pada abad ke-20 konsumsi singkong meningkat pesat. Setelah itu, muncul berbagai olahan makanan dengan bahan dasar singkong seperti keripik, tape, gethuk, entho, combro, roti, tiwul dan lain-lain.


Singkong Rebus
Singkong Rebus


Singkong Goreng
Singkong Goreng


Kripik Singkong
Kripik Singkong


Kripik Singkong Balado
Kripik Singkong Balado


Tiwul singkong
Tiwul Singkong


Gethuk Lindri
Gethuk Lindri


Gethuk Lindri Keju
Gethuk Lindri Keju
Makanan Olahan dari Singkong
Cake Singkong

Selain sebagai bahan makanan pokok alternatif dan sebagai bahan berbagai makanan lezat, ternyata singkong juga mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Singkong

Kandungan gizi singkong per 100 gram antara lain:
·         Serat
·         Vitamin B1 0,01 miligram
·         Lemak 0,30 gram
·         Besi 0,70 miligram
·         Protein 1,20 gram
·         Vitamin C 30,00 miligram
·         Kalori 121 kal
·         Kalsium 33,00 miligram
·         Karbohidrat 34,00 gram
·         Fosfor 40,00 gram
·         Air 62,50 gram

Manfaat singkong untuk Kesehatan

Dengan kandungan nutrisinya, singkong sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut saya sampaikan mengenai manfaat singkong untuk kesehatan:

Sebagai Sumber Karbohidrat
Jumlah kalori pada singkong dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan kentang. Di dalam 100 gram singkong, terdapat 160 kalori, yang sebagian besar terdiri dari sukrosa. Maka tidak salah bila singkong dijadikan salah satu makanan pokok sebagai sumber karbohidrat.

Mengandung Protein Tinggi
Jika dibandingkan dengan kacang-kacangan tenyata singkong lebih rendah lemak. Selain itu, singkong juga memiliki kandungan protein yang tinggi jika dibandingkan kentang dan pisang (baca: manfaat buah pisang).

Sebagai Sumber Serat
Kandungan nutrisi pada singkong dapat menurunkan kadar trigliserida serta menjadi sumber serat yang bagus bagi kesehatan tubuh. Hal ini membuat singkong dapat menurunkan risiko penyakit stroke, jantung, kanker usus besar serta membantu mengendalikan diabetes.

Sebagai Sumber Vitamin K
Singkong mengandung vitamin K yang berfungsi dalam membangun masa tulang. Bagi pasien Alzheimer, dalam proses pengobatannya Vitamin K berperan penting dalam membatasi kerusakan saraf di otak.

Sebagai Sumber Vitamin B kompleks
Singkong merupakan sumber dari vitamin B kompleks dan kelompok vitamin yang lain seperti riboflavin, piridoksin (vitamin B-6), folates, thiamin dan asam pantotenat. Riboflavin berperan dalam membantu pertumbuhan tubuh serta memproduksi sel darah merah untuk mengurangi anemia.

Sebagai Sumber Mineral
Singkong mengandung magnesium, seng, tembaga, besi, dan juga mangan. Selain itu, Jumlah kalium pada singkong bermanfaat sebagai komponen penting dalam pembentukan sel tubuh serta mengatur tekanan darah. Jadi Singkong merupakan sumber mineral yang penting bagi tubuh.

Menurunkan Kadar Kolesterol jahat
Sebuah penetian yang telah dilakukan mengemukakan bahwa manfaat singkong adalah sebagai penurun kadar kolesterol jahat dalam darah disamping manfaat lain yang sudah dikemukakan di atas.

Melancarkan Pencernaan
Singkong mengandung Serat yang tidak larut dalam Air. Serat ini membantu memperlancar proses buang air besar, serta berperan dalam menyerap dan membuang toksin dalam usus, sehingga pencernaan menjadi sehat. Karena itu singkong sangat baik untuk dimasukkan dalam daftar konsumsi harian anda.

Sekian artikel tentang 8 Manfaat singkong bagi kesehatan anda. (Baca juga: 15 Manfaat Bawang Merah, Manfaat Daun Sirsak). Semoga bermanfaat.

Kata kunci yang sering dicari: Manfaat singkong, manfaat singkong untuk kesehatan, khasiat singkong, khasiat singkong untuk kesehatan, kandungan nutrisi singkong, kandungan gizi singkong, singkong dapat menurunkan kolesterol jahat, singkong dapat melancarkan pencernaan,casava.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
3 Komentar untuk "8 Manfaat Singkong"

Bermanaat sekali. Murah n kandungn nutrisinya banyak. Drpd ke KFC.

Setuju sekali Mas Agung, yang Murah dan Menyehatkan sudah ada kok masih mau yg macem macem...

mm , banyak sekali yang bisa kita buat dari singkong , selain murah rasanya juga enak ..

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top