Sayur Bayam Dapat Memicu Batu Ginjal

Pagi sahabat ragam, kali ini Annisa menulis tentang Sayur Bayam Dapat Memicu Batu Ginjal. Saya yakin bahwa sahabat ragam suka dengan bayam. Seperti yang kita tahu bahwa bayam merupakan sayuran favorit  masyarakat Indonesia. Kita mengenal berbagai olahan bayam seperti pecel, urapan, sayur bening bahkan kripik bayam. Bayam memang mempunyai banyak manfaat seperti yang pernah saya tulis pada Manfaat Bayam untuk Kesehatan. Namun, dibalik manfaat dari jenis sayur ini, terdapat satu bahaya menanti, yakni adanya resiko batu ginjal.
Tentu saja resiko akan batu ginjal ini tidak mengubah kualitas dan manfaat dari bayam itu sendiri. Resiko ini apat terjadi jika anda mengkonsumsi bayam secara berlebihan. Hal ini dapat terjadi karena bayam mengandung kalsium oksalat dalam jumlah yang cukup tinggi. Urine manusia biasanya mengandung begitu banyak bahan kimia yang berada dalam komposisi yang seimbang sehingga larutan urin dapat mengalir tanpa adanya pembentukan kristal. Saat komposisi dalam urine tidak seimbang, sebagai contoh terdapat suatu kondisi dimana kalsium oksalat dalam terlalu tinggi, maka batu ginjal pun dapat terbentuk.

Seperti yang kita tahu bahwa kandungan kalsium oksalat bayam cukup tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan, maka resiko terbentuknya batu ginjal pun dapat meningkat. Selain bayam, makanan dengan kandungan kalsium oksalat yang cukup tinggi juga dapat ditemui pada kacang, mentega kacang, roti gandum, buah berry, anggur, wortel, seledri, terong, berbagai produk olahan kedelai, buah zaitun, kentang, ubi jalar, ataupun cokelat. Jenis-jenis makanan tersebut harus kita perhitungkan dengan cermat sehingga kita tidak mengkonsumsi kalsium oksalat secara berlebihan. Jika ginjal anda sehat tentu tidak masalah jika anda mengkonsumsi makanan tersebut asalkan tidak berlebihan. 

Agar ginjal anda tetap sehat, selain tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium oksalat tinggi, konsumsi air putih setidaknya 1 liter atau lebih per hari disesuaikan dengan aktifitas yang anda lakukan. Sekian artikel tentang Sayur Bayam Dapat Memicu Batu Ginjal, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan sahabat ragam sekalian. Salam sehat, semoga bermanfaat.

Baca artikel terkait:
·         Bahaya Makan Kekenyangan
·         Makanan Penyebab Obesitas
·         Manfaat Minum Susu Kedelai

Kata kunci: sayur bayam, bayam, batu ginjal, sayur bayam dapat memicu batu ginjal.

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Sayur Bayam Dapat Memicu Batu Ginjal"

  1. Bagus bgt info nya, mencegah lebih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, sama sama... semga bermanfaat buat yang lainnya juga

      Delete
  2. Mencegah lebih baik drpd mengobati.bagus bgt info ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, sama sama... semga bermanfaat buat yang lainnya juga

      Delete
  3. terimakasih banyak, sangat menarik sekali...

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah, sama sama... semga bermanfaat buat yang lainnya juga

    ReplyDelete
  5. mengonsumsi bayam secara berlebihan ternyata bahaya nya parah juga ya gan , karena dapat mengakibatkan batu ginjal ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.