Khasiat Kayu Manis untuk Kesehatan

Ragam Khasiat dan Manfaat Alami - Khasiat dan Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan. Kayu manis merupakan satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan, campuran minuman, serta dimanfaatkan sebagai ramuan obat-obatan oleh sebagian masyarakat sejak dulu. Kayu manis berasal dari kulit pohon Cinnamomumcassia yang mengandung antioksidan dan beberapa mineral seperti cinnamaldehyde yang digunakan sebagai minyak esensial dan eugenol. Berikut manfaat dari kayu manis.

Manisnya Kayu Manis untuk Kesehatan
Khasiat dalam Kayu Manis

Mengontrol gula darah
Antioksidan yang terdapat dalam kayu manis dapat membantu mengontrol tingkat gula dalam darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Menurut survey, 1 gr kayu manis dapat menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.

Anti infeksi
Kayu manis memiliki komponen anti infeksi natural. Dalam penelitian menyebutkan jika kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

Bahkan hanya dengan mencium bau kayu manis dapat meningkatkan aktivitas otak serta meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, dan kecepatan bekerja pada program komputer.

Menurunkan kolesterol
Kayu manis mengandung kalsium, serat, dan mineral lain yang baik untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, serat pada kayu manis juga bisa mengobati konstipasi atau diare.

Penelitian di University of Texas menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker.

Menghangatkan tubuh
Kayu manis biasanya digunakan pada pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh menjadi lebih hangat.

Manisnya Kayu Manis untuk Kesehatan
Kayu Manis sebagai Obat Alami

Mencegah penggumpalan darah
Cinnamaldehyde, minyak yang dihasilkan oleh kayu manis dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah. Selain itu kayu manis mengeluarkan asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic, dimana arachidonic dan inilah yang akan mengurangi radang serta penggumpalan darah tersebut.

Meringankan sakit pada penderita rematik
Kayu manis dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik. Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

Kesehatan jantung
Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis bisa mengurangi lipid, juga memiliki adhesi platelet dan sifat anti inflamasi. Dalam sebuah studi ini juga menunjukkan bahwa hanya mengkonsumsi 6 gram kayu manis setiap hari bisa mengurangi trigliserida, serum glukosa, kolesterol LDL, serta total kolesterol pada individu dengan diabetes tipe 2.


Selain manfaat di atas, kayu manis dapat dijadikan sebagai pengawet makanan alami. Kandungan serat, kalsium, zat besi, dan mangan telah terbukti efektif mengurangi nyeri saat haid atau melahirkan. Kayu manis memiliki kandungan natural yang disebut cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon, meningkatkan hormon progesteron, dan mengurangi hormon testosteron pada wanita. Tak hanya itu kayu manis juga bisa mengobati penyakit parkinson, alzheimer, tumor otak, dan meningitis.

Jika anda ingin mengkonsumsi kayu manis ini sebaiknya perhatikan takaran yang tepat, sebab kayu manis akan menimbulkan efek samping seperti iritasi di area mulut dan bibir. Resiko lainnya yakni dapat menyebabkan keracunan serta masalah hati. Bagi anak-anak dan ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi kayu manis.

Manisnya Kayu Manis untuk Kesehatan
Kegunaan Kayu Manis untuk Kesehatan

Demikian ulasan tentang mengenai Khasiat Kayu Manis untuk Kesehatan, semoga dapat menambah wawasan anda tentang khasiat alami disekitar kita.

Kata kunci: Manfaat kayu manis adalah, manfaat kayu manis untuk kesehatan, manfaat kayu manis untuk diet, manfaat kayu manis untuk kesuburan, manfaat kayu manis untuk wajah, manfaat kayu manis untuk diabetes, manfaat kayu manis untuk kulit, manfaat kayu manis untuk kesehatan dan kecantikan, manfaat kayu manis untuk haid, manfaat kayu manis untuk masakan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Kayu Manis untuk Kesehatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.