Resiko Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan yang Overcook (Gosong)

Ragam Khasiat dan Manfaat Alami – Untuk anda penggemar kuliner, sebaiknya pertimbangkan bagaimana Resiko Jika Terlalu Sering Memakan Makanan yang Overcook berikut ini. Makanan yang melalui proses penggorengan serta pembakaran atau pemanggangan dengan waktu yang lama, ternyata dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan lho.

Resiko Terlalu Sering Memakan Makanan yang Overcook
Dampak Terlalu Sering Memakan Makanan Gosong
Menurut Saptawati Bardosono, Ahli Gizi Departemen Nutrisi, Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, proses pembakaran makanan baik dengan arang atau lainnya sering dibarengi dengan pembentukan arang atau gosong. Gosong pada makanan tersebut berbahaya karena mengandung banyak atom karbon dalam jumlah besar. Senyawa tersebutlah yang dapat memicu timbulnya kanker usus, kanker ovarium dan kanker serviks.

Selain itu, risiko kanker juga diperbesar oleh adanya enzym sulfotransferase yang secara alami ada di tubuh manusia. Enzym ini bisa mengubah zat-zat yang berbahaya menjadi tidak berbahaya, atau sebaliknya dari yang tidak berbahaya menjadi bersifat karsinogen.

Resiko Terlalu Sering Memakan Makanan yang Overcook
Bahaya dari Makanan Gosong

Dibuktikan dengan adanya sebuah eksperimen yang dilakukan pada tikus. Tikus-tikus yang digunakan dalam eksperimen ini, sebelumnya diberi tambahan enzym sulfotransferase ke dalam tubuhnya. Sehingga kondisi tikus dapat semirip mungkin dengan manusia. Setelah itu, tikus diberi makan daging gosong. Hasilnya, reaksi antara enzym sulfotransferase dengan senyawa mutagen dari daging gosong meningkatkan risiko kanker atau tumor usus pada tikus antara 31-80 % dibanding tikus normal. Peningkatan risiko ini mencapai 2 kali lipat dari yang diduga sebelumnya.

Selain itu makanan yang diproses dengan suhu tinggi atau terlalu lama, hingga membuatnya berubah warna, ternyata dapat menimbulkan senyawa kimia seperti Heterocyclic amines dan polycyclic aromatic hydracarbon yang mana kedua zat tersebut akan memicu kanker. Oleh sebab itu untuk mengurangi risiko terjadinya kanker, disarankan untuk memperhatikan suhu dan lama memasak. Memasak dengan suhu lebih rendah, lebih dianjurkan meski butuh waktu sedikit lebih lama. Dengan mengurangi panas, pembentukan Heterocyclic amines akan berkurang sangat signifikan.

Efek Terlalu Sering Memakan Makanan yang Overcook
Efek Terlalu Lama Memasak Makanan
Naah demikian penjelasan tentang Resiko Terlalu Sering Memakan Makanan yang Overcook. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda pembaca setia ragam alami.


Kata kunci : Bahaya makanan gosong, bahaya makanan gosong bagi ibu hamil, Efek dari makanan gosong, makanan yang harus dihindari, efek terlalu lama memasak, dampak buruk memakan makanan gosong, dampak makanan yang dibakar, bahaya dari memasak yang terlalu lama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resiko Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan yang Overcook (Gosong)"

Post a Comment

Powered by Blogger.