Manfaat Cara Hidup Sehat

Tips cara hidup sehat, manfaat dan khasiat buah, daun, akar untuk pengobatan alternatif alami berbagai macam penyakit

Macam Gangguan yang dapat Menyerang Tulang

Ragam Khasiat dan Ragam Alami - Tulang adalah jaringan yang tersusun oleh sel dan didominasi oleh matrix kolagen ekstraselular (type I collagen) yang disebut sebagai osteoid. Osteoid ini termineralisasi oleh deposit kalsium hydroxyapatite, sehingga tulang menjadi kaku dan kuat. Tulang memiliki fungsi sebagai pembentuk tubuh, penopang tubuh, serta merupakan alat gerak bagi tubuh. Tulang juga berfungsi untuk melindungi organ vital seperti melindungi otak, jantung, paru-paru atau organ penting lainnya. Saat tulang mengalami gangguan tentu akan mempengaruhi kondisi tubuh. Mungkin kebanyakan orang hanya mengenal osteoporosis sebagai satu masalah gangguan pada tulang yang serisus. Padahal Macam Gangguan yang dapat Menyerang Tulang, sebenarnya sangatlah banyak dan dengan sebab yang berbeda-beda. Mulai dari peradangan sendi, tumor, bahkan sampai kanker dapat menyerang tulang tanpa kita sadari.
Apa saja macam gangguang pada tulang ?

Osteoporosis
Osteoporosis muncul akibat penurunan kepadatan tulang, biasanya penderita mengalami kekurangan kalsium. Sehingga membuat tulang sangat rapuh dan mudah patah. Dapat menimbulkan rasa sakit saat beraktifitas berat maupun sekedar untuk bergerak biasa. Osteoporosis kebanyakan hanya menyerang pada usia lanjut atau mereka yang memasuki masa menopause.

Osteomalacia
Penyakit ini disebabkan oleh kekurangan vitamin D atau akibat ketidakseimbangan metabolisme dalam tubuh.  Osteomalacia hampir sama dengan osteoporosis yakni tulang akan mudah kropos dan patah.

Osteomyelitis
Penyakit yang timbul akibat infeksi dari bakteri atau virus yang dapat mengurangi kekuatan tulang.

Kanker Tulang
Tak hanya paru-paru ataupun tenggorokan, tulang juga dapat terserang oleh kanker. Kanker tulang disebabkan adanya pertumbuhan tidak normal pada sel tulang, sifatnya yang patogen tentu saja ini sangat membahayakan. Penyakit pada tulang yang satu ini biasanya ditandai dengan adanya rasa nyeri yang berulang dari waktu ke waktu.

Ricket
Berkebalikan dari osteoporosis, ricket merupakan penyakit yang terjadi pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Penyebabnya yakni akibat dari penumpukan kalsium pada tulang atau akibat dari radiasi matahari. Sehingga tulang penderita mengalami pembesaran yang tidak normal.

Rakitis
Rakitis timbul akibat seseorang tidak mau mengkonsumsi sayur atau kekurangan kalsium serta vitamin D. Gangguan rakitis ini ditandai dengan pembengkokan pada tulang kaki yang membentuk huruf O atau X.
Skoliosis
Pada skoliosis penderita akan mengalami pertumbuhan tulang yang aneh , tulang belakang penderita akan tumbuh melengkung ke samping kiri ataupun kanan.

Kifosis
Kifosis adalah jika tulang punggung terlalu bengkok kebelakang. Kelainan ini dapat terjadi karena kebiasaan menulis yang terlalu membungkuk yang dilakukan selama bertahun-tahun.

Lordosis
Lordosis adalah suatu gangguan pada tulang belakang di mana tulang belakang melengkung ke belakang yang mengakibatkan penderita menjadi terlihat bongkok ke belakang.

Ankilosis
Gangguan pada persendian sehingga sendi tidak bisa digerakkan dan dimana ujung-ujung antara tulang terasa bersatu.

Dislokasi
Dislokasi disebabkan bergesernya sendi dari kedudukan semula karena jaringan gantungnya (ligamentum) sobek.

Penyakit Pirai (Gout)
Penyakit ini biasanya menyerang mendadak pada manusia dan terjadi secara berulang. Dengan ditandainya perasaan nyeri pada tulang. Penyakit ini disebabkan terbentuknya endapan kristal monosodium glutamat urat yang berkumpul pada sendi. Penyebab lainnya karena tingginya kadar asam urat dalam darah.

Hidroxiapatite
Penyakit ini akibat penumpukan kalsium piropospat ( sejenis kalsium tubuh ).

Calcaneal Spur
Calcaneal spur atau sakit pada tumit ini terjadi akibat ketegangan yang berlebihan karena memikul beban berat. Akibatnya, timbul tonjolan tulang seperti taji di bawah tulang tumit. Merendam kaki yang sakit di dalam air panas dan mengurutnya satu dua kali sehari dapat membantu melancarkan peredaran darah di kaki dan mengurangi rasa sakit. Jika sakit di tumit ini terasa terus mengganggu, sebaiknya segera berobat ke dokter.

Layuh Semu
Layuh semu adalah kondisi tulang tangan dan kaki yang kayu dan lemas sampai keadaan dimana tidak berfungsi sama sekali dan bisa menjalar ke seluruh tubuh. Layuh semu disebabkan karena infeksi sifilis dan berdampak buruk pada susunan cakra epifis. Layuh semu biasanya menyerang bayi dnegan riwayat orang tua yang terjangkit sifilis. Karenanya berhati hatilah dalam berhubungan intim karena infeksi penyakit kelamin ini bisa diturunkan dan berbahaya.

Sarcoidosis
Penyakit ini merupakan peradangan yang bermula dengan ditandai terbentuknya granuloma di
kelejer getah bening ,paru-paru,hati dan mata.

Systemic Lupus Erythematosus (SLE)
SLE atau lupus  adalah penyakit anti imun dimana sitem kekebalan tubuh yang fungsinya melindungi orang tersebut akan terbalik menyerang tubuh dan melawan dirinya sendiri, biasanya orang yang menderita lupus akan merasakan ngilu yang luar biasa pada tulang .

Nekrosa
Nekrosa adalah rusaknya peristonium yang dapat mengakibatkan tulang tidak memperoleh makanan sehingga tulang akan mengering dan mati.

Masalah pada tulang dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, kalsium seperti pada susu, kedelai, brokoli, keu, dan lain-lain. Olahraga secara rutin, kurangi konsumsi garam, dan makanan yang mengandung kafein.  Semoga artikel tentang Macam Gangguan yang dapat MenyerangTulang di atas dapat bermanfaat untuk pembaca setia ragam alami.


Kata kunci : Gangguan pada tulang, gangguan pada tulang belakang, gangguan pada tulang manusia, gangguan pada tulang dan otot, gangguan pada tulang dan cara mengatasinya, gangguan pada tulang dan penyebabnya, gangguan pada tulang dan cara mengatasi, gangguan pada tulang dan persendian, gangguan pada tulang kaki, gangguan pada tulang pipa.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Macam Gangguan yang dapat Menyerang Tulang"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top