5 Bahaya Makan Kekenyangan

Selamat siang sahabat ragam, 5 Bahaya Makan Kekenyangan. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai dampak makan kekenyangan. Di bulan Ramadhan ini, banyak diantara kita mengisi waktu menjelang berbuka dengan semangat mempersiapkan berbagai makanan untuk berbuka. Nah, padahal makanan yang sudah dipersiapkan dalam porsi besar tersebut  belum tentu dihabiskan (mubadzir), akan tetapi banyak juga yang mengisi perutnya sampai kekenyangan. Perlu diketahui bahwa orang yang makan kekenyangan itu dapat menimbulkan penyakit. Rosulullah SAW bersabda :” Orang yang paling banyak kenyang di dunia adalah yang paling lama lapar di akhirat.” (HR Al Bazzar).
Bahaya Dampak Makan Terlalu Kenyang
Makan Kekenyangan
Maka dari itu makanlah secukupnya saja dengan aturan sepertiga untuk makan, sepertiga untuk minum dan sepertinganya lagi untuk pernapasan. Terutama pada bulan ramadhan ini, saat berbuka jangan anda jadikan sebagai ajang balas dendam sehingga makan sampai kekenyangan. Orang yang kekenyangan umumnya membuat seseorang malas, malas untuk beraktifitas maupun beribadah, serta menimbulkan dampak lain. Apa sajakah dampak makan kekenyangan, berikut penjelasannya:

1.      Menyebabkan Obesitas (Kegemukan)
Penyakit kegemukan yang abnormal ini memang identik dengan makanan. Baik itu makanan berlemak maupun banyak mengandung gas apalagi jika anda makan sampai kekenyangan. Tidak hanya menyebabkan obesitas, hal ini juga akan mempengaruhi kinerja usus halus serta saluran pencernaan lain. Obesitas memang penyakit yang sangat mengganggu, pada umumnya menyebabkan penderitanya menjadi malas-malasan.

2.      Semakin Memudarnya Kecerdasan
Kekenyangan diakibatkan karena kebanyakan makanan yang masuk ke perut (lambung) yang mana hal tersebut dapat menimbulkan mengerasnya pembuluh otak. Inilah yang menjadikan menurunnya kekuatan mental dan memudarnya daya kecerdasan otak.

3.      Keras hati
Rosulullah SAW bersabda : “Orang yang sedikit makannya, maka sehat perutnya dan bening hatinya. Sementara itu, orang yang banyak makannya, maka perutnya sakit dan hatinya keras.”

4.      Menyebabkan Rasa Malas
Memang pada umumnya orang yang makan sampai kekenyangan menyebabkan bermalas-malasan dan menyebabkan rasa kantuk. Apabila kita makan pada saat berbuka puasa sampai kekenyangan dan malas untuk mengerjakan ibadah wajib bahkan sampai meninggalkan ibadah tersebut maka makan kekenyangan haram hukumnya. Maka dari itu makanlah secukupnya dan jangan berlebihan karena Allah SWT tidak suka orang yang berlebihan terutama dalam hal makan.

5.      Energi Menjadi Terkuras
Energi yang digunakan untuk mencerna makanan/SDA (sistemic dynamic action) akan tinggi, orang akan kehilangan sejumlah besar energi. Apabila tubuh kita kehilangan sejumlah energi yang cukup besar maka tubuh akan menjadi lemas. Hal ini perlu diperhatikan terutama pada penderita anemia yang mudah sekali pusing dan pingsan.

Pada dasarnya makan kekenyangan itu tidaklah baik, Allah SWT tidak menyukai orang yang suka berlebihan termasuk dalam hal makan. Sekian pembahasan dari saya mengenai 5 Bahaya MakanKekenyangan semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat.

Baca artikel terkait:
·         Manfaat Susu Kedelai

Kata kunci: makan kekenyangan, akibat makan terlalu kenyang, dampak makan kekenyangan, bahaya makan kekenyangan.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "5 Bahaya Makan Kekenyangan"

  1. segala sesuatu yang bersifat berlebihan memanglah tidak baik , begitu juga dengan makan , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.