Manfaat Cara Hidup Sehat

Tips cara hidup sehat, manfaat dan khasiat buah, daun, akar untuk pengobatan alternatif alami berbagai macam penyakit

Penyakit Asam Urat

Selamat siang sahabat ragam. Artikel kali ini akan membahas tentang Penyakit Asam Urat yang meliputi penyebab asam urat, gejala atau ciri-ciri asam urat, pantangan penderita asam urat dan bahaya asam urat. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang sudah tidak asing lagi bagi kalangan masyarakat, karena begitu banyaknya orang yang menderita asam urat. Umumnya penyakit asam urat menyerang pada orang yang berumur 30 tahun ke atas. Asam urat merupakan penyakit yang dominan dengan ginjal, karena penyakit asam urat dapat berdampak pada penyakit ginjal yang kronis bahkan dapat berdampak pada gagal ginjal. Asam urat adalah penyakit yang berasal dari sisa metabolisme zat purin yang didapat dari sisa makanan yang dikonsumsi. Zat purin dapat diartikan sebagai zat yang berasal dari tubuh makhluk hidup yang kita konsumsi sehingga akan berpindah dari tubuh makluk hidup tersebut ke dalam tubuh kita. Di dalam sayuran dan buah-buahan juga banyak terdapat zat purin, namun jika kita mengkonsumsinya tidak berlebihan semua akan baik bahkan akan menyehatkan.
Tanda-Tanda dan Ciri-Ciri Penyakit Asam Urat
·         Terasa nyeri pada persendian pada pagi hari maupun malam hari.
·         Rasa nyeri yang berulang-ulang kali dan nyerinya terasa berbeda dengan orang yang tidak menderita asam urat.
·         Bagian sendi kadang juga terasa ngilu, linu kesemutan dan dapat disertai juga bengkak maupun peradangan yang berwarna kemerahan.
·         Pada penderita asam urat yang sudah berlanjut, bagian persendian sangat sakit ketika digunakan untuk bergerak.

Faktor Penyebab Penyakit Asam Urat
Setiap penyakit pasti ada faktor penyebab. Sebagaimana seperti asam urat juga memiliki faktor penyebab seperti berikut:

·         Konsumsi Makanan
Makanan memang faktor yang paling dominan, seperti makanan yang banyak mengandung zat purin dan alkohol dapat meningkatkan kadar asam urat.

·         Usia dan Gender
Usia dan jenis kelamin faktor yang dominan juga. Faktor umur jelas dan laki-laki mempunyai resiko yang lebih besar mengidap asam urat dibandingkan perempuan.

·         Obat-obatan
Pemakaian obat-obatan seperti kandungan aspirin dan zat diuretik harus dikonsultasikan ke dokter.

·         Kondisi Kesehatan
Asam urat dapat dipicu oleh penyakit lain yang dapat menimbulkan asam urat seperti hipertensi, diabetes dan darah tinggi. Sedangkan asam urat sendiri dalam jangka panjang akan dapat menimbulkan penyakit yang berdampak pada ginjal bahkan dapat juga sampai ke gagal ginjal jika sudah kronis.

·         Genetik
Genetik dapat diartikan faktor keturunan. Mengapa genetik dapat menjadi faktor penyebab asam urat? Karena penyakit asam urat dapat digolongkan penyakit yang menurun, namun tidak semua penderita asam urat dapat menurunkan penyakitnya pada keturunannya. Hal ini layaknya penyakit diabetes yang mana faktor keturunan dapat berpengaruh pada keturunannya.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan / Pantangan Bagi Penderita Asam Urat
Pantangan bagi penderita asam urat yaitu sebagai berikut:

·         Seafood: tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden, udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis.
·         Jeroan hewani: hati, usus, otak, paru-paru, babat, limpa, dan ginjal.
·         Abon, dendeng dan makanan dikalengkan seperti kornet sapi dan sarden.
·         Berbagai macam daging seperti daging kambing, daging sapi, ging kuda, daging bebek, angsa dan kalkun.
·         Makanan yang melalui proses penggorengan atau yang bersantan serta yang dimasak menggunakan mentega / margarin.
·         Buah-buahan tertentu seperti nanas, durian dan air kelapa.
·         Makanan yang kaya akan kandungan protein dan lemak.
·         Krim, es krim, telur, keju, kaldu dan kuah daging yang kental.
·         Sayur-sayuran tertentu seperti: asparagus, buncis, jamur kuping, bayam, kembang kol, daun singkong, kangkung dan juga daun pepaya.
·         Kacang-kacangan seperti: kacang tanah, kacang hijau, tauge, emping, melinjo dan kacang kedelai (termasuk olahannya seperti: tempe, oncom, susu kedelai, tempe dan olahan-olahan lain).

Dapat ditarik kesimpulan bahwa penyakit asam urat tidak hanya sekedar nyeri pada sendi biasa tetapi penyakit yang bahaya bahkan dapat memicu penyakit ginjal. Sehingga dalam mengkonsumsi makananpun harus teliti dan tidak sembarang makanan dapat dimakan. Maka dari itu sahabat ragam, jangan sekali-kali meremehkan penyakit asam urat dan juga penyakit pemicu asam urat. Setiap penyakit harus dicegah sebelum terjadi dan jika sudah terjadi cepat-cepatlah diobati sebelum memperparah keadaan.

Demikianlah sahabat RA, artikel tentang Penyakit Asam Urat. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Baca artikel terkait:
·         Manfaat Bayam Untuk Kesehatan
·         Efek Samping Kulit Buah Manggis

Kata kunci : asam urat, penyakit asam urat, penyebab asam urat, ciri-ciri asam urat, tanda-tanda asam urat, gejala asam urat, pantangan makan penderita asam urat, gout disease.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Penyakit Asam Urat"

layak utk dibaca
http://terapijaritangan.blogspot.co.id/2015/09/cegah-bahaya-encok-akibat-asam-urat.html

terimakasih informasi seputar penyakit asam uratnya gan , sangat bermanfaat ..

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top