Pengaruh Radiasi Handphone bagi Kesehatan dan Cara Mengurangi Resiko Dampaknya

Ragam Khasiat dan Manfaat AlamiDijaman modern yang semakin maju dan berkembang. handphone atau HP bagaikan barang yang wajib dimiliki. Hampir semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa, sangat bergantung dengan benda ini. Memang banyak sekali manfaat dari HP dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya sekedar sebagai alat komunikasi, HP juga dipakai sebagai sarana untuk mendapatkan teman serta bertukar info dari ribuan orang di dunia. Meskipun bermanfaat, namun perlu anda ketahui seperti apa Pengaruh Radiasi Handphone bagi Kesehatan dan Cara Mengurangi Resiko Dampaknya.
  

Saat ini badan lingkungan Eropa telah mendorong untuk studi lebih lanjut. Badan independen ini mengungkapkan bahaya HP lebih berbahaya dari pada asap merokok dan bensin timbal. Kepala sebuah penelitian kanker terkemuka di University of Pittsburgh mengirim memo kepada seluruh karyawan mendesak mereka untuk membatasi penggunaan telepon seluler karena adanya kemungkinan buruk yang dapat terjadi pada tubuh mereka.

Selain itu WHO mengadakan kajian menyeluruh mencakup 10 negara guna menyingkap kesan pemakaian mobile-phone terhadap risiko terjadinya kanker pada jaringan tubuh di daerah leher dan kepala. Badan FCC Amerika telah menguji tingkat radiasi yang dipancarkan beberapa handphone. Kekuatan radiasi handphone yang akan diterima otak atau yang dinamakan SAR (Specific Absorption Rate) diukur dalam satuan watt/kg. FCC menetapkan bahwa semua handphone yg memancarkan radiasi diatas 1.6 watt/kg dilarang untuk diproduksi di Amerika. Apa saja bahaya dan bagaimana cara mengurangi radiasianya ?


Bahaya Radiasi Handphone bagi Tubuh
Sebuah penelitian mengatakan, kebiasaan menggunakan HP di sekitar area kepala dalam waktu lama, dapat memicu munculnya zat penyebab kanker (karsinogenik) terutama kanker atau tumor otak. Hal ini terjadi karena medan elektromagnetik yang berasal dari radiasi HP, diserap kepala dan kemudian diteruskan oleh sel otak hingga mengenai DNA dalam sel.
Kebiasaan meletakan HP di dalam saku baju, ternyata akan memicu adanya paparan radiasi sehingga mengembangkan sel sel kanker, termasuk sel kanker payudara. Hal ini dipicu karena adanya radiasi microwave yang akan memasuki jaringan-jaringan lemak pada payudara.

Mengancam Kesuburan 
Para ilmuwan menyatakan jika menaruh handphone di dekat organ reproduksi, dapat membuat pengguna beresiko mengalami kemandulan, sebab radiasi yang dihasilkan oleh handphone akan merusak sel reproduksi.

Bagi ibu hamil, lebih baik hindari pemakaian hp secara berlebihan atau rutin. Hal ini disebabkan karena radiasi yang diakibatkan oleh hp akan mengganggu janin dalam kandungan, beberapa penelitian ilmiah mendapatkan hasil bahwa radiasi hp dapat menggangu perkembangan otak janin dan menimbulkan perilaku hiperaktif ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Perilaku hiperaktif adalah gangguan perkembangan dalam peningkatan aktivitas motorik anak-anak hingga menyebabkan aktivitas yang tidak lazim dan cenderung berlebihan.


Penyakit pikun atau alzheimer ternyata dapat dipicu dari kebiasaan terlalu sering terkena paparan radiasi handphone yang kemudian mengganggu daya ingat seseorang. Sebaiknya hindari menelepon dalam waktu yang lama, lebih baik gunakan headseat atau menloadspeaker suara agar tidak terkena secara langsung radiasinya.

Parkinson
Parkinson adalah sejenis penyakit degeneratif yang menyerang sistem saraf pusat sehingga mengganggu sistem motorik. Penderita Parkinson biasanya mengalami kaku otot, sulit berjalan, tremor, masalah keseimbangan serta gerakan menjadi lambat. Penyakit ini dapat ditimbulkan karena paparan dari radiasi handphone.

Terbakar atau Meledak
Akhir-akhir ini terdengar beberapa media yang sempat memberitakan tentang kasus HP yang meledak dan melukai penggunanya hingga tewas. Kejadian tersebut terjadi karena sering kali pemilik HP mengisi ulang daya pada saat ia tertidur dan diletakkan disisinya. Ketika daya sudah penuh dan lupa mencabutnya, maka HP akan menjadi panas dan bila sampai terjadi korsleting dapat membuat HP meledak hingga terbakar.

Menyebabkan Sakit Kepala
Radiasi HP bagi beberapa orang yang sensitif terhadap gelombang RF yang dipancarkan dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, mual-mual, bahkan hingga muntah.

Kerusakan Sistem Pertahanan Tubuh dan DNA
Beberapa studi menunjukkan bahwa radiasi ponsel telah menyebabkan kerusakan DNA dalam sel tubuh. Menurut penelitian di Inggris, radiasi dari frekuensi radio yang lemah serupa dengan dipancarkan ponsel dan dapat melemahkan sistem pertahanan tubuh yang bertugas melawan infeksi dan penyakit.


Cara Mengatasi Bahaya Radiasi Handphone

Mengaktifkan speaker atau alat bantu lain agar tidak terhubung langsung dengan HP

Sekiranya tidak mendesak lebih baik gunakan telpon rumah atau SMS

Rubah setting HP ke mode off line

Memakai HP sebaiknya di ruang yang luas

Jangan gunakan HP disaat sinyal lemak

Pada saat telpon gunakan telinga secara bergantian kanan dan kiri

Menelepon seperlunya dan jangan terlalu lama

Mengurangi pemakaian smartphone karena menghasilkan emisi yang lebih tinggi dibanding HP biasa

Hp jangan langsung ditempel ditelinga, jika koneksi belum tersambung

Jangan mengantongi handphone disaku, sebaiknya simpan dalam tas tau tempat lain

Di malam hari sebaiknya HP dimatikan atau letakkan diluar kamar

Jauhkan dari jangkauan anak, karena anak sangat riskan terhadap bahaya radiasi HP

Gunakan casing anti radiasi untuk mengurangi bahaya radiasi HP

Lihat SAR (specific absorption rate), pilihlah handphone dengan SAR yang rendah


Demikian tersebut merupakan ulasan tentang PengaruhRadiasi Handphone bagi Kesehatan dan Cara Mengurangi Resiko Dampaknya. Bagi anda yang sadar dengan pentingnya menjaga kesehatan sebaiknya pandai-pandailah dalam menggunakan ponsel anda. Semoga bermanfaat.


Kata kunci: Bahaya radiasi handphone untuk kesehatan, apa saja dampak buruk radiasi handphone, bagaimana pengaruh radiasi handphone terhadap tubuh, efek buruk radiasi handphone bagi tubuh, efek negatif dari radiasi handphone, bagaimana cara mengurangi dampak dari radiasi handphone, apa itu radiasi handphone, penyakit yang ditimbulkan dari radiasi handphone

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengaruh Radiasi Handphone bagi Kesehatan dan Cara Mengurangi Resiko Dampaknya"

Post a Comment

Powered by Blogger.