Alasan Kenapa Minuman Keras Di Larang Dalam Islam

Ragam Khasiat dan Manfaat Alami - Saat ini minuman keras beralkohol seakan telah menjadi hal yang biasa di kalangan masyarakat. Ironisnya, Konsumennya tak hanya orang dewasa semata, namun banyak dari pelajar di bawah umur yang ikut mencicipi minuman ini. Kebiasaan buruk tersebut sayangnya tidak diimbangi dengan kesadaran akan dampak negatifnya, sehingga tak heran banyak ditemukan kasus gangguan kesehatan hingga kematian akibat minuman keras. Bagi anda yang belum sadar akan mahalnya kesehatan, maka Waspadai Ancaman Bahaya dari Minuman Keras Sejak Dini.

Waspadai Ancaman Bahaya dari Minuman Keras Sejak Dini
Gangguan Kesehatan Akibat Konsumsi Alkohol

Jenis minuman keras dibagi ke dalam 3 golongan, yakni:

Golongan A
Minuman keras dengan kadar alkohol 1% hingga 5% seperti minuman bir dan green sand.

Golongan B
Minuman keras dengan kadar alkohol 5% hingga 20% seperti minuman martini dan wine atau anggur.

Golongan C
Minuman keras dengan kadar alkohol 20% hingga 50% seperti whisky dan brandy.

Awal gejala yang ditimbulkan oleh minuman keras:

Mulut terasa kering
Jantung berdegup lebih kencang
Menimbulkan rasa mual
Kesulitan bernafas
Sering buang air kecil


Bahaya dari minuman keras

Gangguan mental organik (GMO)
Gangguan ini akan mengakibatkan perubahan perilaku, seperti bertindak kasar, gampang marah sehingga memiliki masalah dalam lingkungan sekitar. Perubahan fisiologi seperti mata juling, muka merah dan jalan sempoyongan. Perubahan psikologi seperti susah konsentrasi, sering ngelantur dan gampang tersinggung.

Menyebabkan gangguan pada otak
Mengkonsumsi alkohol dapat mengganggu sistem saraf otak dan menyebabkan kerusakan secara perlahan. Akibatnya daya ingat akan menurun, sulit berkonsentrasi, menurunnya kecerdasan seseorang. Jika diminum dengan jumlah yang sangat banyak dan melebihi kapasitas tubuh, dapat menyebabkan overdosis dan kematian.

Menyebabkan kerusakan jantung
Kandungan zat berbahaya dalam alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada semua fungsi organ tubuh termasuk jantung. Mengkonsumsi alkohol secara berlebih dapat menyebabkan gangguan jantung seperti meningkatnya denyut jantung, sesak napas, dada terasa nyeri, napas tersumbat hingga serangan jantung.

Gangguan liver yang membengkak
Penelitian menunjukkan bahwa 10% hingga 20% penyakit lever bisa terjadi dikarenakan mengkonsumsi alkohol, sebab alkohol dapat memicu lever agar bekerja lebih ekstra untuk menyaring cairan tersebut. Sehingga, lever mengalami pembengkakan karena mengandung banyak air di dalam.


Mengganggu sistem metabolisme tubuh
Sistem metabolisme merupakan penghasil tenaga yang diperlukan oleh tubuh. Mengkonsumsi minuman beralkohol akan membuat sistem metabolisme tersebut terganggu, sehingga membuat seseorang menjadi tidak bersemangat dan tidak berenergi saat beaktivitas.

Terjadi penurunan fungsi indra
Minuman keras dapat menimbulkan fungsi indra menjadi menurun. Salah satunya adalah kerusakan pada mata yang kabur hingga terjadi kebutaan secara permanen.

Mengganggu sistem reproduksi
Seseorang yang mengkonsumsi minuman keras akan menyebabkan gangguan pada sistem reproduksi, menurunkan gairah seksual, menyebabkan infertilitas, disfungsi ereksi dan ejakulasi dini.

Terjadi kecacatan pada janin
Mengkonsumsi minuman berarkohol bagi ibu hamil dapat menyebabkan kecacatan pada janin dan meningkatkan kelahiran bayi secara prematur atau keguguran.

Menyebabkan kenaikan berat badan
Kandungan kalori dan kadar gula dalam minuman beralkohol menjadi salah satu pemicu naiknya berat badan seseorang.

Meningkatkan resiko osteoporosis
Penyakit osteoporosis dapat ditimbulkan dari kebiasaan meminum minuman keras. Seseorang akan lebih mudah terkena osteoporosis karena minuman alkohol bersifat menguras cadangan kalsium yang dimiliki oleh tubuh.

Mengkonsumsi alkohol akan mengaktifkan hormon adrenalin dalam tubuh yang berfungsi meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah. Mengkonsumsi alkohol secara berlebih akan meningkatkan resiko terserang tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Terjadi sirosis hati
Alkohol merupakan racun yang dapat merusak sel-sel hati, yang menyebabkan timbulnya penyakit sirosis hati. Sirosis hati merupakan suatu keadaan dimana jaringan hati mengalami luka yang sangat berat sehingga tak mampu menjalankan fungsinya.

Minuman keras juga dapat memicu terjadinya berbagai kanker. resiko ini terjadi karena tubuh mengubah alkohol menjadi aseltidihida, yaitu suatu agen karsinogenik kuat. Jenis kanker yang terjadi akibat mengkonsumsi alkohol biasanya adalah kanker mulut, kanker faring (kerongkongan), kanker laring (pita suara), kanker esofagus (tenggorokan), kanker hati, kanker payudara, kanker usus besar.

Gout (asam urat)
Gout merupakan suatu keadaan yang disebabkan oleh pembentukan kristal asam urat, pada persendian yang menyebabkan nyeri sendi sebagai bahaya dari asam urat. Bagi penderita asam urat, mengkonsumsi minuman berakohol akan memperberat penyakit ini.

Menyebabkan ketidaknyaman dalam tubuh
Seperti yang diketahui, alkohol memiliki efek memabukkan. Selain memabukkan, mengkonsumsi alkohol juga seringkali disertai dengan gejala fisik lain seperti sakit kepala, mual, muntah, nyeri, kecemasan dan lain sebagainya yang semuanya menyebabkan ketidaknyaman dalam tubuh.

Kerusakan sistem pencernaan
Dalam jangka panjang minuman keras akan menyebabkan peradangan kronis terhadap saluran pencernaannya. Lambung mengalami kelainan, termasuk sel-sel di dalam usus yang dapat berubah menjadi sel-sel ganas.

Memperpendek usia seseorang
Berbagai kerusakan organ-organ tubuh yang terjadi akibat mengkonsumsi alkohol, memperbesar resiko kematian mendadak maupun mengurangi harapan hidup atau memperpendek usia seseorang.

Waspadai Ancaman Bahaya dari Minuman Keras Sejak Dini
Efek Samping Minuman Keras bagi Kesehatan

Minuman beralkohol menyebabkan kecanduan pagi peminum, sehingga tak heran saat seseorang mencicipi sekali akan membuatnya ingin mengkonsumsinya lagi, namun sadarlah hal tersebut hanya akan sia-sia. Jika anda menyayangi hidup anda, maka hindari atau berhentilah meminum minuman beralkohol mulai dari sekarang. Itulah ulasan tentang Waspadai Ancaman Bahaya dari Minuman Keras Sejak Dini. Semoga bermanfaat.


Kata kunci: Bahaya minuman keras, bahaya minuman keras menurut islam, bahaya minuman keras dan narkoba, bahaya minuman keras bagi pelajar, bahaya minuman keras bagi manusia, bahaya minuman keras bagi wanita, bahaya minuman keras menurut kesehatan, bahaya minuman keras untuk ibu hamil, bahaya minuman keras bagi organ tubuh, dampak negatif minuman beralkohol, dampak negatif minuman beralkohol bagi kesehatan, dampak negatif minuman keras dan narkoba, dampak negatif minuman keras dan rokok, dampak negatif minuman keras bagi ekonomi, dampak negatif minuman keras menurut medis, dampak negatif meminum minuman beralkohol, efek negatif minuman keras bagi tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alasan Kenapa Minuman Keras Di Larang Dalam Islam"

Post a Comment

Powered by Blogger.