Penyakit Ginjal

Sahabat ragam, kali ini yang akan saya bahas mengenai Penyakit Ginjal (kidney/renal disease). Artikel kali ini membahas tentang pengertian penyakit ginjal, penyebab penyakit ginjal, ciri-ciri/tanda-tanda/gejala penyakit ginjal, dan macam-macam penyakit ginjal. Sebelum mengulas itu semua terlebih dahulu kita mencoba mengenal apa itu organ ginjal? Ginjal adalah organ ekskresi yang terdiri dari sepasang organ kemih yang terletak pada rongga retroperitineal bagian atas dan berfungsi untuk menyaring kotoran dari darah dan membuang sampah hasil metabolisme tersebut dalam bentuk cairan. Tetapi bisa juga ginjal mengeluarkan sisa hasil metabolisme dari tubuh yang tidak sesuai atau hanya sedikit atau bahkan mengeluarkan sedikit darah yang dikeluarkan melalui organ kemaluan. Maka bisa dikatakan bahwa gejala tersebut adalah gejala dari gagal ginjal. Tidak perlu khawatir asalkan kita menjauhkan pola makan kita dari makanan yang mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh maka keseimbangan ginjal dalam bekerja sesuai dengan fungsinya akan berjalan dengan lancar.

Tanda-Tanda dan Ciri-Ciri Penyakit Ginjal

Adapun tanda-tanda penyakit ginjal sebagai berikut :
·         Nyeri pada pinggang yang tidak biasa seperti sangat kesakitan, mual, muntah, dan demam tinggi
·         Bengkak pada mata dan kaki
·         Pada saat buang air kecil terasa nyeri dan urin berwarna agak merah atau keluar sedikit darah
·         Sering buang air kecil
·         Berkurangnya nafsu makan dan menurunnya berat badan yang tidak normal
·         Terkadang merasa sesak nafas serta sering merasa cepat lelah dan lemas.
·         Merasa agak sakit saat buang air kecil

Macam-Macam Penyakit Ginjal
Macam-Macam penyakit ginjal:

1.      Gagal Ginjal
Gagal ginjal adalah hilangnya sebagian atau keseluruhan fungsi dari ginjal. Gagal ginjal yang terserang secara tiba-tiba dapat dikategorikan gagal ginjal akut. Gagal ginjal akut berakibat rendahnya kadar kalsium, sodium dan karbon dioksida dibawah normal dalam darah dan juga kadar urin, nitrogen, sulfat, fosfat dan potasium yang diatas normal dalam darah. Biasanya pemulihan gagal ginjal sekurang-kurangnya enam minggu. Penyebab gagal ginjal karena banyak mengkonsumsi obat-obatan / larutan organik yang mengandung karbon tetraklorida, etilen glikol dan aseton yang bersinggungan dengan senyawa logam sehingga menyebabkan rusaknya tubulus didalam ginjal.

2.      Batu Ginjal
Batu ginjal mungkin merupakan penyakit yang tidak asing. Batu ginjal disebabkan karena terpuntuknya mineral dan senyawa atau benda-benda organik yang tidak mampu dikeluarkan melalui cairan. Ada juga batu ginjal yang berukuran kecil namun dapat dikeluarkan melalui urin tetapi yang berukuran besar perlu adanya pembedahan. Berkurangnya volume cairan dan bertumpuknya mineral dalam ginjal meruakan faktor yang dapat memperparah dan membuat terganggunya keseimbangan antara cairan dan larutan dalam ginjal.
3.      Glomerulonephritis
Glomerulonephritis adalah penyakit yang disebabkan karena lumpuhnya sistem imun dalam tubuh yang berpengaruh pada kinerja organ ginjal. Penyakit ini disebabkan karena pembengkakan pada sistem jaringan tubuh, adanya darah dalam urin sertabakteri streptococcal yang menyebabkan terdapatnya kandungan protein dalam urin.

4.      Pyelonephritis
Pyelonephritis adalah peradangan atau infeksi pada organ ginjal dan renal pelvis. Penyakit ini sering terjadi serta dapat menjadi kronis apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang relatif singkat. Pyelonephritis disebabkan karena bakteri yang menimbulkan kinerja ginjal terganggu.

Penyebab Penyakit Ginjal
Sahabat ragam, selain mengenal dan mengetahui tanda-tanda penyakit ginjal, kita juga harus mengetahui apa penyebab penyakit ginjal? Terkadang penyakit ginjal ini disebabkan karena hal-hal yang dianggap sepele seperti menahan kencing, dan juga karena banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya. Adapun penyebab lain seperti infeksi, peradangan, dan juga kurangnya suplai darah ke ginjal yang yang disebabkan oleh r*kok, alk*hol, over dosis obat-obatan, salah obat, diabetes dalam jangka waktu lama dan lain-lain.

Dari beberapa ulasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa penyakit ginjal memang beragam dan sangat berbahaya bagi siapapun. Maka dari itu kita harus hati-hati terutama dalam mengkonsumsi makanan. Anda dapat menghindari penyakit ginjal dengan makan sayur-sayuran dan buah-buahan terutama yang dapat menetralkan toksin atau racun yang terdapat dalam ginjal, karena sebagian besar penyakit ginjal disebabkan karena tidak mampunya ginjal menyaring toksin baik dalam bentuk padat, cair maupun gas. Sahabat ragam juga bisa menggunakan obat tradisional dari alam seperti makan lalapan atau jamu tradisional dari bahan-bahan yang didapat dari alam sehingga aman dan benar-benar baik untuk ginjal.

Sekian artikel dari tentang Penyakit Ginjal. Semoga bermanfaat, salam ragam dan salam sehat.

Baca artikel terkait:
·         Manfaat Bayam Untuk Kesehatan
·         Efek Samping Kulit Buah Manggis

Kata kunci : penyakit ginjal, penyebab penyakit ginjal, ciri-ciri penyakit ginjal, tanda-tanda penyakit ginjal, gejala penyakit ginjal, macam-macam penyakit ginjal, gagal ginjal, renal disease, kidney disease, renal failure.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit Ginjal"

Post a Comment

Powered by Blogger.