Penyakit Tifus

Selamat siang sahabat ragam, dalam kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang Penyakit Tifus. Penyakit tifus/tipes/thipus adalah suatu penyakit yang terjadi karena peradangan pada usus. Penyakit tifus disebabkan oleh bakteri Salmonella Thipi. Tifus merupakan penyakit yang mudah menular, baik itu melalui makanan, jari tangan dan kuku, muntah, lalat, serta feses (tinja). Infeksi penyakit tifus menyerang organ pencernaan karena faktor utama dari makanan yang tercemar, sehingga bakteri Salmonella Thipi mudah masuk. Namun tidak semudah itu kita langsung mengalami tifus, karena jika kita mempunyai sistem imun yang baik, maka bakteri itu tidak menimbulkan infeksi pencernaan.
Penyakit Tifus Penyebab Gejala Pengobatan
Penyakit Tifus
Proses penularan penyakit tifus sangat mudah, yaitu makanan yang dihinggapi lalat ataupun sudah tercemar, maka bakteri akan mudah berkembang dan jika dimakan akan menyerang pencernaan serta menimbulkan infeksi. Yang akhirnya usus mengalami peradangan sehingga tubuh terasa lemah, lesu dan merasakan demam yang sangat tinggi yang dapat didiagnosa sebagain penyakit tifus. Disisi lain, lingkungan yang kotor juga akan berdampak buruk dan akan mudah terserang penyakit tifus dan penyakit lainnya.

Gejala Penyakit Tifus

Tifus dapat menyerang pada siapapun terutama terhadap anak – anak, karena selain sistem imun yang kurang, anak sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat kimia berbahaya yang mana tersimpan berbagai bakteri. Bahkan jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia berbahaya, hati kita pun tidak mampu untuk menetralisir racun, sehingga bisa berdampak pada liver pula. Berikut beberapa gejala penyakit tifus:

·      Sakit perut, mual dan muntah
Biasanya penderita tifus akan merasakan sakit perut dibagian kiri yang disertai mual bahkan sampai muntah, yang tidak lain juga akan menurunkan nafsu makan.

·      Perubahan pola BAB
Biasanya penderita akan mengalami diare (mencret), atau bahkan tidak buang air besar sama sekali.
·      Denyut nadi melambat
Biasanya hal ini disertai demam yang sangat tinggi, namun pada hakikatnya orang yang sedang demam tinggi denyut nadinya akan meningkat. Namun beda halnya dengan tifus karena disebabkan adanya toksin yang dibawa dari makanan yang menyebabkan reaksi tersebut.

·      Demam tinggi dan perubahan warna lidah yang menjadi putih
Demam tinggi biasanya disertai kepala pusing, badan menjadi lemah dan lesu, bahkan suhu tubuh dapat mencapai 40 derajat celcius. Ciri lain yaitu perubahan warna lidah yang menjadi putih namun bagian pinggir tetap merah, serta apabila ia menjulurkan lidahnya akan terasa gemetar.

Gejala penyakit tifus yang terjadi pada anak-anak lebih ringan dibandingkan dengan orang dewasa. Namun sistem imun anak masih kurang sehingga tetap menimbulkan gejala, tetapi tak separah orang dewasa. Tifus yang dibiarkan dan tidak ditangani secara khusus akan menimbulkan banyak akibat negatif, seperti terjadinya pendarahan di usus yang cukup serius, bahkan usus bisa berlubang. Sedangkan pengaruh bagi organ lain dapat menyebabkan gangguan pada paru-paru, hati, serta jantung.

Pengobatan Penyakit Tifus

Sebenarnya obat untuk penyakit tifus sangatlah muda. Penderita dapat sembuh dengan istirahat tanpa melakukan hal apapun kurang lebih dalam jangka satu minggu akan pulih seperti semula. Namun jika sudah penyakit tifusnya mulai parah, lebih baik anda segera mengkonsultasikannya ke dokter. Selain itu jika anda melakukan pengobatan akan lebih efisien, namun tidak secara cepat. Penyembuhannya penyakit tifus dapat dilakukan dengan obat tradisional, seperti memanfaatkan temulawak, sambiloto dan kunyit. Bahan-bahan alami tersebut sudah pasti aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa tifus merupakan penyakit yang serius apabila dibiarkan akan menimbulkan dampak bagi organ lain dan bahkan penderita bisa sampai tidak tertolong lagi nyawanya. Bagi kita juga harus waspada dengan cara pola hidup sehat, olahraga yang teratur, makan-makanan yang berimbang, lebih banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah, serta istirahat yang cukup dan tidak lupa untuk selalu menjaga kebersihan. Tifus akan mudah menyerang bagi anda yang hidup dilingkungan kotor dan tidak menghindari makanan dari bahan yang tidak aman seperti kebanyakan bumbu-bumbu micin. Demikianlah artikel tentang Penyakit Tifus, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda. Salam ragam dan salam sehat.

Baca artikel terkait:
·             Makanan Yang Baik Saat Berbuka Puasa
·             Penyakit Lupus

Kata kunci: penyakit tifus, penyebab penyakit tifus, gejala penyakit tifus, cara mengobati penyakit tifus, penyakit tipes, typhoid fever

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Penyakit Tifus"

Powered by Blogger.