Manfaat Minum Susu Kedelai Saat Sahur



Assalamu’alaikum wr wb. Sahabat ragam, masih semangat? Pasti semangat dong, puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan. Sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang tips agar tubuhtetap fit selama menjalankan puasa di bulan Ramadhan, kali ini saya menulis sedikit artikel tentang Manfaat Minum Susu Kedelai terutama saat sahur. Salah satu hal yang identik dengan susu adalah kandungan kalsium yang sangat baik untuk tulang. Bagi lansia, rutin minum susu dapat menjegah terjadinya osteoporosis atau lebih dikenal dengan tulang keropos. Lalu, apa saja sih manfaat susu kedelai jika kita mengkonsumsinya (apalagi saat sahur)?

Manfaat Minum Susu Kedelai Saat Sahur
Susu Kedelai

1.      Menurunkan Kolesterol Darah
Susu kedelai menurunkan kolesterol karena mengandung senyawa fitokirriawi isoflavon yang bersifat antikolesterol. Sari kedelai atau susu kedelai memang sangat bagus untuk dikonsumsi terutama untuk ibu hamil yang mana atas kemauannya ingin menjalankan ibadah puasa ,dengan minum susu kedelai saat sahur akan memberi asupan gizi yang cukup. Sebenarnya untuk ibu hamil mempunyai dispensasi untuk tidak berpuasa namun jika atas kemauannya sendiri ia berpuasa dan kesehatannyapun dirasa baik maka tidak masalah sebenarnya, tetapi ada baiknya hal tersebut dikonsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Susu kedelai untuk ibu hamil bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh karena didalamnya mengandung isoflavon, vitamin serta asam amino.

2.      Menjaga Berat Badan
Susu kedelai secara alami memiliki kadar gula yang lebih rendah daripada susu biasa. Namun mampu memberikan energi bagi tubuh selama berpuasa. Bagi anda yang ingin tetap menjaga berat badan, susu kedelai merupakan pilihan yang tepat karena asam lemak tak jenuh tunggal dapat menghambat penyerapan lemak ke dalam usus, sehingga saat berpuasapun anda tidak perlu khawatir dengan kondisi berat badan. Tetapi sebenarnya puasa merupakan diet yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti yang sudah kita bahas sebelumnya pada Manfaat Puasa Untuk Kesehatan.

3.      Memperkuat Pembuluh Darah
Memberikan energi sudah tentu, manfaat susu kedelai yang lain adalah menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah dari kardiovaskuler. Kandungan omega-3, omega-6 dan kuat phyto antioksidan akan secara efektif melindungi pembuluh darah dari luka bahkan pendarahan. Dengan mengkonsumsi susu kedelai saat sahur akan tambah membantu kesehatan jantung dan pembuluh darah kita.

4.      Mencegah Kanker Prostat
Susu kedelai kaya akan fitoestrogen yang dapat menghambat produksi testosteron pada pria. Kadar testosteron yang berkurang akan mencegah kanker prostat pada pria.

Kesimpulan adalah susu kedelai sangat cocok untuk dikonsumsi terutama saat sahur karena mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Demikianlah artikel tentang Manfaat Minum Susu Kedelai Saat Sahur semoga bermanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa. Wassalamu’alaikum wr.wb.

Baca artikel terkait:
·         Manfaat Kolang Kaling

Kata kunci: susu kedelai, manfaat susu kedelai, manfaat minum susu kedelai, manfaat mengkonsumsi susu kedelai, manfaat minum susu kedelai saat sahur.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Minum Susu Kedelai Saat Sahur"

Powered by Blogger.