Manfaat Kolang Kaling

Selamat Pagi Sahabat Ragam, semoga kita senantiasa bersemangat dalam beraktivitas. Khasiat dan Manfaat Kolang Kaling untuk kesehatan sangatlah banyak. Pernahkah anda mengkonsumsi Buah Kolang kaling? Buah Kolang kaling merupakan buah yang berasal dari pohon aren (Arena Pinnata). Buah ini dapat dengan mudah untuk kita temui di pasar tradisional. Dan pada saat bulan puasa seperti sekarang ini, Buah Kolang kaling dapat dengan mudah kita jumpai di berbagai tempat yang menjual aneka penganan takjil. Ya, buah yang juga disebut dengan naman Buah Atap ini merupakan salah satu makanan yang populer dijadikan sebagai takjil. Buah Kolang kaling memiliki bentuk yang lonjong, berwarna putih, dan juga mengandung air yang banyak. Lalu, adakah Manfaat Kolang kaling untuk kesehatan? Oke, kali ini saya akan membahasnya, jadi simak artikel berikut ini.

Manfaat Khasiat Kolang Kaling Kesehatan
Manfaat Kolang kaling
Kandungan Nutrisi Kolang kaling

Buah Kolang kaling diketahui mempunyai kadar air yang cukup tinggi, yaitu hingga 94%. Selain airnya, biji Buah Kolang kaling juga memiliki kandungan protein sebesar 0,69 gram, serta karbohidrat sebesar 4 gram. Buah Kolang kaling juga kaya akan kandungan potassium, besi, kalsium, vitamin A, vitamin B, vitamin C, gelatin, serta iron.

Manfaat Kolang kaling

1. Memperkuat tulang
Banyak orang mengkonsumsi susu karena kandungan kalsiumnya yang tinggi, yang bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh. Akan tetapi susu memiliki resiko berupa kalori yang tinggi. Sehingga apabila kita mengkonsumsi susu secara berlebihan sangat tidak baik, karena dapat menimbulkan kegemukan.
Faktanya, di setiap 100 gram Buah Kolang kaling terkandung 91 mg kalsium, sedangkan pada setiap 100 gram susu sapi murni terkandung 125 mg kalsium. Sehingga kandungan kalsium di dalam Buah Kolang kaling tidak begitu jauh dengan yang ada di susu sapi. Dengan mengkonsumsi Buah Kolang kaling, resiko kalori yang tinggi bisa kita hindari, dan kalsium pun bisa kita dapatkan.

2.Sebagai obat radang sendi
Buah Kolang kaling memiliki kandungan zat galaktomanan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit radang sendi. Jika anda mengalami permasalahan radang sendi, konsumsilah Buah Kolang kaling yang direbus sedikitnya 100 gram setiap harinya.

3.Baik untuk diet
Berdasarkan penelitian, pada 100 gram Buah Kolang kaling terandung 0,69 gram protein, 4,0 gram karbohidrat, 1 gram abu, serta 0,95 gram serat kasar. Selain itu, Buah Kolang kaling juga mengandung gelatin, yang salah satu manfaatnya adalah membuat pengkonsumsinya merasakan kenyang. Sehingga Buah Kolang kaling ini sangat baik untuk dikonsumsi orang yang sedang menjalankan program diet, karena dapat menekan nafsu makan kita, sekaligus membuat kita merasa kenyang, tanpa harus mengkonsumsi nasi.

4.Baik untuk kesehatan pencernaan
Buah Kolang kaling mengandung air dan serat yang cukup banyak. Serat merupakan sebuah zat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan kita, dimana dengannya kita dapat terhindar dari susah buang air besar, sembelit dan bahkan diare sekalipun. Dengan mengkonsumsi 5 sampai 10 butir Buah Kolang kaling pada setiap harinya, kita akan terhindar dari permasalahan-permasalahan pencernaan yang mengganggu tersebut.

Selain rasanya yang menyegarkan, ternyata Buah Kolang-kaling memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Maka dari itu, Buah Kolang kaling sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang berpuasa. Sekian artikel tentang Manfaat Kolang kaling, semoga bermanfaat untuk anda. Semoga ibadah puasa kita senantiasa lancar. Salam Ragam.

Baca artikel terkait:

Kata kunci: manfaat kolang kaling, khasiat kolang kaling, manfaat dan khasiat kolang kaling, kandungan nutrisi kolang kaling

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Kolang Kaling"

  1. hahh ternyata kolang kaling banyak juga manfaatnya , terimakasih informasinya gan , sangat bermanfaat ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.