Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Selamat Pagi Sahabat Ragam, semoga senantiasa bersemangat dalam berpuasa. Manfaat Puasa untuk kesehatan ternyata sangat luar biasa. Bagaimana puasa sahabat? Masih lancar bukan? Oke, semoga semua lancar sampai hari raya nanti tiba. Puasa merupakan ibadah yang wajib dijalankan oleh setiap umat muslim selama bulan Ramadhan. Selama berpuasa, kita tidak diperbolehkan untuk makan dan minum dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari. Namun, apakah anda sudah mengetahui manfaat dari berpuasa di bulan Ramadhan? Nah, kali ini saya akan membahas tentang Manfaat Puasa untuk Kesehatan, agar kita semakin bersemangat dalam menjalankan ibadah yang datang setahun sekali ini. Oke, mari kita simak bersama.

Manfaat Khasiat Puasa untuk Kesehatan
Manfaat Puasa untuk Kesehatan
1.Berpuasa baik untuk kesehatan Jantung

Sakit jantung merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh manusia. Ancaman akan terserang penyakit jantung di Indonesia semakin tinggi, karena jumlah perokok yang makin banyak tiap tahunnya. Nah, berpuasa ternyata dapat menjaga kesehatan jantung kita. Karena saat kita berpuasa, tubuh kita melakukan peningkatan HDL, serta penurunan LDL. Aktivitas tersebut tentunya akan membuat jantung dan pembuluh darah kita menjadi sehat.

2.Berpuasa membuat pikiran lebih tajam

Puasa membuat pikiran kita menjadi lebih tenang dan juga melambat. Uniknya, menurut penelitian ternyata pikiran yang melambat ini, dapat membuatnya bekerja lebih tajam. Selain itu rasa lapar juga akan memaksa kita untuk berpikiran lebih tajam dan juga kreatif.


Hal ini dibuktikan dengan studi kasus pada sekelompok mahasiswa di University of Chicago yang diminta berpuasa selama tujuh hari. Selama masa itu, terbukti kewaspadaan mental sekelompok mahasiswa tersebut meningkat, dan progres mereka dalam berbagai penugasan kampus mendapat nilai yang memuaskan.

3.Berpuasa mencegah penyakit kronis

Selain menahan lapar dan dahaga, berpuasa juga mengharuskan kita untuk menahan amarah. Hal ini akan membuat keadaan psikologis seseorang menjadi lebih tenang, dan secara ilmiah akan menurunkan kadar adrenalin dalam tubuh. Minimnya adrenalin ini akan memberikan efek baik pada tubuh seperti: mencegah pembentukan kolesterol dan kontraksi empedu yang lebih baik, dimana hal ini dapat mengurangi resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak (penyakit jantung, stroke, dan lainnya).

4.Mengurangi Kegemukan

Secara ilmiah, berpuasa akan berdampak pada penurunan berat badan. Dengan berpuasausus di dalam tubuh kita akan lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan. Endapan makanan inilah yang bila jumlahnya berlebihan akan menjadi lemak di perut. Selain itu, berpuasa juga akan sangat bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaan kita, sehingga sirkulasi makanan dan buang air menjadi lebih lancar.

5.Berpuasa mencegah dan menyembuhkan Penyakit Mental

Otak kita memiliki fungsi pembersih dan penyehat otak dengan bantuan sel yang disebut dengan neuroglial cells. Saat berpuasa, sel-sel neuron yang mati atau sakit akan dimakan oleh sel-sel neuroglial ini, yang akan berdampak pada mental seseorang. Dr. Ehret, seorang ilmuwan di bidang kejiwaan menyatakan bahwa: Beberapa hari berpuasa akan memberikan dampak pada kesehatan fisik. Dan untuk mendapatkan kesehatan mental, seseorang harus menjalani puasa lebih dari 21 hari.

6.Berpuasa akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Bukannya lemas dan akan menjadi gampang sakit, ternyata puasa justru dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Karena berdasarkan sebiuah penelitian, ketika seorang berpuasa maka akan terjadi peningkatan Limfosit sampai dengan 10 kali lipat dalam tubuhnya. Hal ini akan memberikan pengaruh yang besar terhadap sistem imunitas tubuh, sehingga dengan berpuasa, akan menghindarkan kita dari serangan berbagai virus yang tidak baik.

7.Berpuasa menyehatkan Ginjal

Ginjal merupakan organ yang berfungsi sebagai penyaring zat berbahaya dari apapun yang kita makan dan minum.  Fungsi ginjal akan maksimal bila kekuatan osmosis urin mencapai 1000-12.000 ml osmosis/kg air, dan satu-satunya cara adalah dengan mengurangi asupan air yaitu saat kita berpuasa.

8.Berpuasa mencegah Diabetes

Obesitas, hiperkolesterol, serta diabetes merupakan penyakit yang diakibatkan karena tubuh mengalami kelebihan kadar gula darah dan kolesterol. Dengan berpuasakonsumsi gula dan makanan berlemak dapat lebih terkontrol dan dikurangi. Hal ini akan berdampak baik bagi kembalinya keseimbangan kadar gula dan kolesterol di dalam tubuh kita.

9.Berpuasa dapat menyembuhkan Encok

Berpuasa dengan teratur akan meningkatkan sel penetral alami dalam tubuh kita, yang akan membuat sakit encok yang diderita akan sembuh. Sebuah penelitian menemukan adanya korelasi antara meningkatnya kemampuan sel penetral (pembasmi bakteri) dengan membaiknya radang sendi penyebab encok.

Kini kita sudah tahu berbagai macam Manfaat Puasa untuk Kesehatan. Nah, tunggu apalagi, mari berpuasa agar tubuh kita senantiasa sehat, dan agar kita dapat meraih keberkahan-Nya. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Semoga senantiasa sehat selama berpuasa. Salam Ragam.

Baca artikel terkait:
·         Manfaat Kolang Kaling
·         Manfaat Kolak Pisang
·         Penyakit Tifus

Kata kunci: manfaat puasa, manfaat berpuasa, puasa sunnah, manfaat puasa untuk kesehatan, puasa bulan ramadhan, hikmah berpuasa

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Puasa Untuk Kesehatan"

  1. subhanalloh ternyata banyak sekali manfaat berpuasa untuk kesehatan tubuh kita ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.