Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

Assalamualaikum… sahabat Ragam Alami, kali ini saya akan membahas tentang Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan. Buah Kelengkeng (Euphoria Longana) mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita. Ya, buah yang berasal dari kawasan Asia Tenggara ini memang mudah ditemukan dan sering diperjualbelikan baik di pasar, super market, maupun di kios-kios buah pinggir jalan. Bentuk dari Buah Kelengkeng adalah bulat, licin, berbutir-butir, serta mempunyai bintil-bintil yang agak kasar. Warna kulit dari buah ini adalah coklat, sedangkan daging buahnya berwarna putih agak bening, serta memiliki biji yang lumayan besar berwarna hitam. 
Khasiat Manfaat Kandungan Nutrisi Buah Kelengkeng Kesehatan Kecantikan
Buah Kelengkeng
Buah Kelengkeng yang rasanya segar dan manis ini biasanya dikonsumsi secara langsung, atau kita bisa menemukan buah ini dalam bentuk sari buah yang sudah dimasukkan dalam wadah kaleng. Namun, tahukan anda bahwa buah yang juga dikenal dengan nama Matakucing ini memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan kita?

Kandungan Senyawa Buah Kelengkeng
Kandungan senyawa/nutrisi yang terdapat di dalam Buah Kelengkeng cukup banyak, antara lain adalah Karbohidrat, Serat, Mangan, Magnesium, Kalium, Fosfor, Kalsium, Zat Saponin, Protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, Zat Besi, Glukosa, Sukrosa, Fruktosa, dan masih banyak lagi senyawa/nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita.

Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan
Setelah kita mengetahui kandungan senyawa/nutrisi yang ada di dalam Buah Kelengkeng, mari kita lihat berbagai macam khasiat dan manfaat dari Buah Longan ini untuk kesehatan.

1.Buah Kelengkeng berperan sebagai obat penenang
Buah Kelengkeng mengandung senyawa Fruktosa, yang merupakan kadar gula di dalam buah. Kandungan gula ini sangat baik untuk tubuh, karena mampu menjaga kadar gula di dalam darah. Kombinasi senyawa yang ada di dalam Buah Kelengkeng salah satunya bermanfaat untuk mengendurkan syaraf, sehingga bisa menimbulkan perasaan tenang. 

2.Buah Kelengkeng bisa digunakan untuk mengobati Kaki yang Bernanah
Caranya, ambil beberapa biji Buah Kelengkeng, lalu panggang di atas api. Setelah itu, tumbuk sampai menjadi halus. Baru setelah itu, tempelkan pada bagian kaki yang sakit. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah kaki gatal-gatal.

3.Sembuhkan luka bakar anda dengan Buah Kelengkeng
Agar anda bisa memanfaatkan Buah Kelengkeng untuk menyembuhkan luka bakar, ambillah kulit/cangkang dari Buah Kelengkeng secukupnya. Setelah itu, bakarlah hingga menjadi arang. Kemudian, kulit Buah Kelengkeng yang sudah menjadi arang tersebut ditumbuk  halus. Baru kemudian ditambahkan dengan Minyak Tung, dan tempelkan ramuan ini pada bagian tubuh yang mengalami luka bakar.

4.Buah Kelengkeng mampu sembuhkan Amnesia
Caranya, siapkan 500 gram Buah Kelengkeng yang masih segar, serta 500 gram gula pasir. Rebus semua bahan tersebut di dalam air sampai mendidih dan menjadi kental. Minum ramuan ini 1x sehari, sebanyak 1 sendok saja. Ramuan ini juga bisa anda gunakan untuk mengatasi rasa cemas dan gelisah.

5.Buah Kelengkeng mencegah terjadinya penyakit jantung
Karena memiliki kandungan yang sangat baik untuk menenangkan saraf, maka stress yang ada juga akan hilang. Hal ini juga akan merangsang organ Limpa dan juga Hati anda agar bekerja dengan baik, memperlancar aliran darah, serta dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung dan penyakit stroke yang mematikan.

6.Buah Kelengkeng bermanfaat untuk menjaga suhu tubuh
Kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam Buah Kelengkeng sangat bermanfaat untuk menjaga agar suhu tubuh tetap hangat, walaupun kondisi udara di sekitar kita dingin. Selain itu, Buah Kelengkeng juga bisa menghindarkan kita dari penyakit flu.

7.Cegah Anemia dengan Buah Kelengkeng
Anemia merupakan masalah kesehatan yang cukup serius, dimana tubuh kita kekurangan sel darah merah. Namun anda tak perlu khawatir, karena dengan kandungan Zat Besi yang ada di dalam Buah Kelengkeng, mampu meningkatkan sel darah merah di dalam tubuh, sehingga aliran darah pun juga menjadi lancer.

8.Buah Kelengkeng mampu mengobati gigitan ular
Caranya cukup mudah, anda hanya perlu meletakkan mata biji Buah Kelengkeng pada bagian tubuh yang terkena gigitan ular. Biji Buah Kelengkeng itu nantinya akan menyerap racun ular yang ada di dalam tubuh.

Ternyata di balik ukurannya yang kecil, Buah Kelengkeng memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Tapi perlu anda garis bawahi bahwa mengkonsumsi Buah Kelengkeng secara berlebihan akan membuat perut anda terasa panas. Jadi konsumsilah Buah Kelengkeng secara wajar dan cukup, agar kita bisa mendapatkan manfaat dan khasiat yang maksimal. Sekian artikel tentang Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi anda.

Baca artikel kesehatan terkait:
·         Manfaat Daun Kecubung
·         Manfaat Buah Sawo

Kata kunci: manfaat buah, khasiat buah, khasiat buah kelengkeng, manfaat buah kelengkeng, benefits of longan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan"

  1. wah ternyata kelengkeng ada manfaatnya juga untuk kesehatan , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.