Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Siang sahabat Ragam Alami, kali ini saya akan membahas tentang Khasiat dan Manfaat Bayam (benefits of spinach). Bayam merupakan salah satu jenis tanaman sayuran yang banyak disukai oleh masyarakat. Tumbuhan ini berasal dari daratan Amerika Tengah, dan kini sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Tanaman Bayam termasuk dalam golongan tumbuhan C4, karena sifatnya yang sedikit lebih tahan terhadap pencahayaan langsung. Biasanya, masyarakat hanya memanfaatkan daun dan batangnya saja untuk diolah menjadi makanan. Perlu anda ketahui, bahwa ternyata tanaman Bayam ini memiliki banyak manfaat dan khasiat di bidang kesehatan, akan tetapi belum banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Lalu apa saja manfaat Bayam untuk kesehatan kita? Dan bagaimana pula cara mengolah Bayam menjadi obat tradisional dengan benar?
Khasiat dan Manfaat Bayam untuk Kesehatan
Sayur Bayam
KANDUNGAN SENYAWA BAYAM
Tanaman dengan nama ilmiah Amaranthus Sp ini, dikenal memiliki kandungan zat besi yang sangat banyak. Akan tetapi, bukan Cuma itu saja lho sobat. Ternyata masih banyak kandungan senyawa lain di dalam bayam yang sangat bagus untuk kesehatan kita, antara lain : Karbohidrat, Air, Protein, Kalium, Lemak, Purin, Rutin, Serat Kasar, Phitat, Vitamin A, B, C, dan K, Magnesium, Mangan, Kalsium, Folat, dan lain sebagainya.

MANFAAT BAYAM UNTUK KESEHATAN

Bayam sangat baik untuk kesehatan mata
Bayam mengandung Antioksidan Lutein dan Zeaxanthin yang mampu melindungi mata kita dari penyakit Katarak. Kandungan kedua senyawa tersebut di dalam Bayam cukup banyak.

Bayam berfungsi sebagai Antioksidan
Bayam mengandung vitamin C, E, Beta Karoten, Seng, Mangan, dan Selenium yang berfungsi sebagai Antioksidan, serta mencegah terjadinya penyakit Osteoporosis, Aterosklerosis, dan juga Hipertensi.

Bayam sangat baik untuk kesehatan kulit
Kandungan vitamin A yang tinggi di dalam bayam sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kita, serta mampu mencegah gangguan kesehatan kulit lainnya seperti Psoriasis, Jerawat, Keratinisasi, bahkan mencegah tumbuhnya Keriput.

Bayam baik utnuk kesehatan tulang
Di dalam 1 cangkir Bayam rebus, terdapat banyak sekali vitamin K, yang mampu mencegah tumbuhnya sel-sel yang memecah tulang. Selain itu, terdapat juga Sintesis Osteocalcin, semacam protein yang bertugas untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang kita.

Bayam mampu memerangi sel kanker
Kandungan vitamin A, C, Asam Folat, Serat, dan 13 Flavonoid yang terdapat di dalam Bayam terbukti mampu mengurangi resiko terserang kanker sebanyak 34%. Hal ini terjadi karena kandungan-kandungan tersebut melawan sel-sel kanker yang ada.

Bayam menjaga kesehatan organ pencernaan
Bayam mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga kesehatan dari organ pencernaa kita bisa selalu terjaga.

PENGOLAHAN TANAMAN BAYAM

Setelah kita mengetahui kandungan senyawa dan beberapa manfaat dari Bayam, kini saya akan membahas bagaimana cara mengolah Bayam dengan benar sebagai obat tradisional.

Mengatasi kekurangan darah
Siapkanlah 3 genggam daun Bayam Merah, 1 sendok makan air Jeruk Nipis, 1 sendok makan Madu, serta 1 butir Telur Ayam Kampung. Langkah pertama, tumbuklah Bayam sampai halus. Kemudian campurkan dengan semua bahan tadi, lalu aduk sampai merata. Minumlah ramuan ini setiap hari selama 1 minggu.

Mengobati gangguan Liver
Siapkanlah 1 ikat Bayam, serta 1 sendok makan Madu. Blender terlebih dhahulu bayam tadi, lalu tambahkan sedikit air matang. Setelah itu, peras hasil blenderan bayam tadi. Ambil air perasannya, dan tambahkan dengan 1 sendok makan Madu. Minumlah ramuan ini 1x sehari sebnayk 1 gelas saja.

Mengobati Kencing tidak lancar
Siapkan 1 potong akar Bayam, kemudian rebuslah dengan 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring hasil rebusan tadi setelah agak dingi, dan minum saringannya sekaligus.

Mengobati Kencing Nanah
Rebuslah 1 potong akar Bayam dan Adas Pulawaras secukupnya dengan 1 liter air. Tunggu sampai mendidih. Kemudian saring hasil rebusan tadi setelah agak dingin. Minumlah ramuan ini 2x sehari, yakni di waktu pagi dan sore hari.

Mengobati sengatan Lebah
Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menumbuk 1 genggam daun Bayam, lalu tempelkan pada bagian yang sakit. Ramuan ini bisa juga digunakan untuk mengobati gatal-gatal karena ulat bulu, dan juga gigitan Lipan.

PERINGATAN :
Disamping manfaatnya yang sangat banyak untuk kesehatan, Bayam juga memiliki kelemahan. Yakni jangan pernah memasak Bayam dengan panci aluminium, karena reaksi panci dengan zat besi dari Bayam bisa menyebabkan timbulnya racun. Selain itu, usahakan agar sesegera mungkin menghabiskan Bayam yang sudah dimasak, agar nutrisi di dalamnya tetap terjaga, serta dapat memberikan manfaat bagi tubuh kita.

Untuk bisa mendapatkan kesembuhan atau hasil yang maksimal, maka rutinlah mengkonsumsi resep obat tradisional di atas sesuai dengan petunjuk ahli herbal. Sekian artikel mengenai Manfaat Bayam, semoga bisa menjadi referensi bagi anda.

Baca artikel terkait :
·         Manfaat Daun Salam
·         15 Manfaat Bunga Teratai
·         Manfaat Daun Sirih
·         Khasiat dan Manfaat Cengkeh

·         Manfaat Buah Nanas

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Bayam Untuk Kesehatan"

  1. saya suka sekali dengan bayam , bukan hanya enak tapi bayam sangat banyak juga manfaatnya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.