Manfaat Cara Hidup Sehat

Tips cara hidup sehat, manfaat dan khasiat buah, daun, akar untuk pengobatan alternatif alami berbagai macam penyakit

Mengkonsumsi Buah Setelah Makan dapat Membahayakan Kesehatan

Setelah makan enaknya mengkonsumsi buah sebagai pencuci mulut. Seperti itulah kira-kira kebiasaan sebagian masyarakat kita. Akan tetapi dalam berbagai penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi buah setelah makan dapat membahayakan kesehatan tubuh.

alasan Mengkonsumsi Buah Setelah Makan dapat Membahayakan Kesehatan
Stop Kebiasaan Mengkonsumsi Buah Setelah Makan
Seperti yang kita ketahui bahwa buah banyak mengandung gas, makan buah sesudah makan, akan membuat perut menjadi kembung karena dipenuhi dengan udara. Padahal makanan yang kaya karbohidrat seperti nasi, akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin. Sedangkan buah merupakan bahan makanan yang mengandung fruktosa sehingga dapat pula menimbulkan peningkatan kadar insulin. Jika makan nasi terlebih dahulu, pankreas akan bekerja berat dan memerlukan waktu berjam-jam untuk mengolah nasi maupun protein terkandung dalam lauk-pauk. Sehingga, jika buah dikonsumsi setelah makan nasi, maka buah yang sudah berada di dalam perut akan mengalami antrian yang panjang untuk diproses.  Karena sifat buah yang tak bisa bertahan lama sehingga kemungkinan besar buah sudah menjadi busuk sebelum kandungan nutrisinya diproses dan diserap tubuh.

Buah Segar Kaya akan Manfaat
Buah Segar Kaya akan Manfaat
Baca juga: Manfaat Luar Biasa dari Buah Cermai untuk Kesehatan

Berdasarkan penelitan para pakar kesehatan, menyatakan bahwa makan buah sebaiknya dilakukan sebelum makan berat (nasi) dengan beberapa alasan :

Gula Darah Meningkat Cepat.
Gula alami yang terkandung pada buah lebih cepat diserap, sehingga bermanfaat bagi anda yang perutnya belum terisi makanan atau ingin segera mengecash tenaga. Maka anda dapat makan buah di pagi hari.

Nutrisi Lebih Sempurna Diserap Tubuh.
Nutrisi yang terkandung pada buah lebih diserap sempurna, namun jika dicerna bersama makanan berat, maka nutrisi buah tidak dapat diserap sempurna.

Menu Diet Ideal
Serat pada buah tertentu dapat membuat perut terasa agak kenyang sehingga sangat cocok digunakan untuk menu diet anda.

Waktu paling ideal untuk mengkonsumsi buah adalah 15-30 menit sebelum atau 2 jam setelah makan makanan berat. Hal ini karena tubuh dapat mencerna buah lebih cepat dibandingakan dengan mencerna makanan berat. Dengan mengkonsumsi buah sebelum makan, akan memberikan tubuh kemampuan optimal dalam menyerap semua kandungan gizi dan manfaat lain dari buah-buahan. selain itu dengan makan buah terlebih dahulu, akan membuat kita merasa lebih cepat kenyang. Jadi, bagi anda yang sedang menjalankan pola diet untuk menurunkan berat badan, hal ini sangat cocok untuk dilakukan.


Baca juga: Fakta, 20 Buah ini Memiliki Khasiat Luar Biasa Bagi Manusia

Beberapa olahan buah dan  minuman yang kurang baik untuk dikonsumsi setelah makan antara lain :

Jus Buah
Jus buah ternyata memiliki dampak buruk jika diminum setelah menyantap karbohidrat dan makanan berlemak. Hal ini dikarenakan jus buah memiliki sifat basa sehingga akan mengganggu proses pencernaan. Selain itu produksi asam lambung juga akan meningkat dan membuat perut anda merasa kembung dan lambung terasa perih. Oleh karena itu, jika Anda ingin meminum jus buah sebaiknya dilakukan sebelum menyantap makanan berat.

Salad Buah
Salad buah biasanya disajikan dan disantap sebagai hidangan penutup. Padahal, sebaiknya buah-buahan disantap sebelum makan. Sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi yang terdapat di dalam buah dengan sempurna.
Sebagai contoh ketika anda mengkonsumsi buah jeruk setelah makan udang maka kandungan vitamin C di dalam jeruk akan bereaksi terhadap udang sehingga menyebabkan keracunan arsen.

Air Es
Air es memang menjadi penyegar setelah selesai menyantap hidangan utama. Namun, jika Anda tidak memberikan jeda waktu antara makan dan minum air es, bukan hal tidak mungkin pencernaan anda akan terganggu. Sebab, suhu dingin dari air tersebut dapat membekukan makanan berlemak yang telah disantap sebelumnya sehingga akan timbul lemak di dalam usus yang berakibat pada gangguan pencernaan.
Teh
Teh memiliki kandungan tannin dan polifenol yang dapat menghambat penyerapan zat besi. Efek buruknya, anda dapat mengalami anemia atau kekurangan darah. Selain itu, meminum teh langsung setelah makan juga membuat makanan sulit dicerna. Jika anda ingin sekali minum the maka sebaiknya dilakukan dua jam sebelum dan setelah makan.


Kata kunci yang sering dicari: Mengkonsumsi buah setelah makan dapat membahayakan kesehatan, alasan kenapa makan buah setelah makan berbahaya, mengkonsumsi buah setelah makan, mengkonsumsi buah sesudah makan, memakan buah sesudah makan, akibat memakan buah sesudah makan, akibat memakan buah sesudah makan, akibat mengkonsumsi buah setelah makan, akibat mengkonsumsi buah sesudah makan, bahaya mengkonsumsi buah sesudah makan, bahaya mengkonsumsi buah setelah makan, bahaya memakan buah sesudah makan, bahaya mengkonsumsi buah setelah makan, keracunan karena memakan buah, mengapa makan buah sesudah makan perlu dihindari, mengapa mengkonsumsi buah setelah makan perlu dihindari.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Mengkonsumsi Buah Setelah Makan dapat Membahayakan Kesehatan"

terimakasih informasinya gan ..

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top