Manfaat Buah Pisang

Ragam Khasiat dan Manfaat Alami - Buah Pisang. Sore sahabat RA, siapa yang suka pisang? Wah, kayaknya suka semua nih. Oke sip, pagi ini saya sengaja membuat artikel mengenai manfaat dan khasiat buah pisang bagi kesehatan tubuh. Selain rasanya yang enak buah pisang ternyata mempunyai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Manfaat Buah Pisang
Buah Pisang
Jika dalam bahasa Inggris disebut banana, maka orang jawa sering menyebutnya gedang. Pisang itu sendiri banyak jenisnya  merupakan buah dari pohon pisang. Pisang ini banyak sekali jenisnya, ada pisang raja, pisang ambon, pisang emas, dan lain-lain. Namun, apapun jenis pisangnya semua memiliki kandungan nutrisi yang baik jika dikonsumsi manusia.

Kandungan Nutrisi Buah Pisang

Buah pisang merupakan salah satu buah yang mudah dicerna dan bebas lemak. Di dalam 1 buah pisang terdapat 110 kalori dengan kadar potassium 400 mg, vitamin C 10 mg (15% rekomendasi kebutuhan harian), vitamin B6 (35%   rekomendasi kebutuhan harian), mangan 3 mg, serat 3 gram, karbohidrat, magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A dan E, folat, karoten, kalium, gula alami serta asam amino.
Khasiat Buah Pisang
Manfaat Buah Pisang

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Dengan kandungan nutrisi yang dimiliki buah pisang, menjadikannya salah satu buah yang sangat manfaat bagi tubuh. Berikut ini saya sampaikan beberapa manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh manusia:

Sebagai Sumber Energi
Kandungan gula alami yaitu fruktosa, glukosa, dan sukrosa, yang terdapat pada pisang dapat dengan cepat diubah menjadi energi. Sehingga banyak orang suka makan pisang saat istirahat kerja atau olahraga untuk menambah energi secara instan.
Kandungan serat dalam buah Pisang dapat mencegah penyakit jantung koroner. Selain itu pisang juga memiliki kandungan kalium yang tinggi, namun rendah natrium. Sehingga pisang merupakan obat yang nikmat untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Menjaga Kadar Gula Darah
Vitamin B6 sangat penting dalam pembuatan antibodi dan hemoglobin dalam darah. Dengan Vitamin B6 yang terdapat dalam pisang maka dapat membuat kadar gula darah tetap stabil.

Mencegah Stroke
Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan makan pisang secara teratur dapat mengurangi 40% risiko kematian karena stroke. Hal ini karena kandungan potasium sekitar 400 mg yang terdapat pada pisang.

Mencegah Batu Ginjal
Kandungan kalium pada pisang juga dapat mengurangi risiko batu ginjal yang berhubungan dengan ekskresi kalsium dalam urin.

Mencegah Depresi atau Insomnia
Kandungan Vitamin B6 atau triptofan sangat berperan penting dalam pembuatan hormon serotonin, yang bertu mengatur suasana hati dan menenangkan otak.

Mengobati Anemia
Kandungan zat besi pada pisang sangat penting dalam memerangi anemia. Senyawa ini juga penting dalam pembuatan hemoglobin dalam tubuh.
Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan
Khasiat Buah Pisang
Meningkatkan Kekuatan Otak
Pisang dapat meningkatkan kekuatan otak. Otak juga memerlukan banyak energi dan oksigen untuk bekerja. Jadi, buruan dimakan pisangnya.

Mengobati Luka Lambung
Pisang memiliki efek anti-asam yang dapat menenangkan perut dan meredakan rasa perih di perut. Selain itu, pisang juga dapat melawan ulkus (luka berbentuk bulat atau oval yang terjadi pada lambung) dengan mengurangi keasaman dan iritasi pada lambung.

Mengobati sembelit
Buah pisang terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi. Sehingga makan pisang menjadi salah satu solusi alami untuk mengatasi sembelit.

Sekian artikel tentang Manfaat Buah Pisang, baca juga Manfaat Daun Pisang, Manfaat Batang Pisang, dan Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi para pembaca.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Manfaat Buah Pisang"

Powered by Blogger.