Penyakit Anemia

Selamat siang sahabat ragam, pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang Penyakit Anemia. Kita pasti sudah tidak asing mendengar tentang penyakit anemia. Penyakit anemia disebut juga dengan penyakit kurang darah, karena anemia disebabkan berkurangnya sel darah merah serta Hemoglobin (Hb) di dalam darah. Hemoglobin merupakan suatu sel senyawa pembawa oksigen di dalam darah. Sel darah merah sendiri dibentuk di sumsum tulang, dan untuk pembentukan sel darah merah diperlukan zat-zat dari sari-sari makanan yang mengandung vitamin (B12) serta mineral (zat besi).

Penyakit Anemia Gejala Pengobatan
Penyakit Anemia

Anemia disebabkan karena berbagai hal, seperti pendarahan (luka haid yang berlebihan), cacing tambang dalam tubuh, kerusakan sel darah merah yang disebabkan karena transfusi darah yang tidak cocok, serta kurangnya kandungan vitamin B12 serta zat besi di dalam tubuh yang mengakibatkan kurangnya pembentukan sel darah merah, sehingga akan mengakibatkan anemia. Penderita anemia biasanya juga merupakan efek dari penyakit yang berbahaya, seperti gagal ginjal yang disertai anemia, kanker dan penyakit lain yang berhubungan dengan darah atau yang menyebabkan sel darah merah di dalam tubuh berkurang. Anemia juga menyebabkan kinerja jantung menjadi terganggu, sedangkan jantung sendiri berfungsi sebagai pemompa darah, apabila darah atau sel darah merah berkurang maka secara otomatis juga akan berdampak pada jantung.

Gejala Penyakit Anemia (Kurang Darah)

Anemia merupakan suatu penyakit dimana kurangnya sel darah, yang akan berdampak ke seluruh anggota tubuh karena darah mempunyai banyak fungsi sebagai pengatur suhu tubuh, mendukung kinerja organ-organ tubuh dari otak sampai kaki. Berikut gejala penyakit anemia:
·             Mudah merasa lelah, letih dan lesu yang disertai rasa pusing
·             Nafas menjadi pendek
·             Muka menjadi pucat
·             Nafsu makan berkurang
·             Gairah atau semangat menjadi turun
·             Sulit dalam berkonsentrasi
·             Sering mengalami sesak nafas
·             Mudah kesemutan
·             Jantung berdebar – debar (jantung dengan cepat memompa darah keseluruh tubuh sedangkan hemoglobin sendiri berkurang, maka semua organ akan terganggu walaupun tidak terlalu parah gangguannya tetapi memberi dampak yang fatal apabila dibiarkan)

Apabila anda mengalami gejala seperti diatas, sebaiknya langsung melakukan pemeriksaan. Pada umumnya, perempuan lebih beresiko mengidap anemia karena faktor yang paling berpengaruh yaitu pada saat haid perempuan akan mengeluarkan darah yang banyak. Apabila mengalami pendarahan yang tidak stabil maka akan berdampak pada anemia dan mengalami gejala seperti diatas.

Pengobatan Penyakit Anemia

Anemia merupakan penyakit yang tidak terlalu berbahaya namun menyebabkan efek yang sangat merugikan bagi tubuh kita, dan jika dibiarkan akan berdampak pada organ penting tubuh bahkan dapat berdampak terhadap kinerja otak kita. Maka dari itu, perlu adanya upaya penyembuhan seperti mengkonsumsi buah-buahan yang banyak vitamin B12 serta zat besi seperti yang terkandung dalam buah Jambu Biji dan Semangka. Perlu sahabat ragam ketahui juga kalau buah Semangka dapat juga digunakan untuk menghindarkan kita dari kemandulan. Penyakit Anemia dapat dicegah dengan cara menjaga pola makan, jangan banyak makan buah mentimun, olahraga yang cukup agar tubuh menjadi fit, serta harus diimbangi pula dengan istirahat yang cukup. Sedangkan zat besi juga dapat diperoleh dari sayur-sayuran hijau baik dimasak atau dijadikan lalapan namun harus berimbang.

Pada intinya penyakit anemia merupakan salah satu penyakit darah dimana tekanan darah juga menjadi faktor penyebab penyakit anemia. Anemia dalam proses pengobatan atau rehabilitasi tidak bisa langsung sembuh namun membutuhkan proses sedikit demi sedikit, yang lama-lama akan sembuh dan dapat menjadi normal kembali keadaan sel darah merah atau hemoglobin tubuh menjadi seimbang. Apabila bagi anda yang mempunyai tekanan darah yang rendah lebih baik langsung diatasi dengan cara mengkonsumsi daging kambing, namun jangan terlalu berlebihan namun secukupnya saja. Karena apabila sampai berlebihan akan berdampak pada tekanan darah tinggi yang akan menimbulkan dampak yang lebih buruk.

Sekian artikel dari saya tentang Penyakit Anemia, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda. Salam ragam dan salam sehat.

Baca artikel terkait:
·         Bahaya Penyakit Ambeien
·         Penyakit Jantung Koroner

Kata kunci: penyakit anemia, gejala penyakit anemia, pengobatan penyakit anemia, anemia disease

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Penyakit Anemia"

  1. terimakasih karena sudah memberikan bagaimana gejala2 penyakit anemia , artikel yang bermanfaat ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.