7 Tips Berbuka Puasa Yang Menyehatkan

Assalamu’alaikum wr.wb
Selamat siang sahabat ragam, Sebentar lagi kita akan memasuki bulan suci yang penuh berkah yaitu bulan Ramadhan. Dibulan suci Ramadhan, kita wajib untuk berpuasa  seperti dalil di dalam Al-Qur’an  :

“Hai orang2 yang beriman, diwajibkan bagimu berpuasa, sebagaimana telah diwajibkan pada orang2 sebelum kamu. Mudah2an kamu bertakwa” (Al -Baqarah:183)

Tips Berbuka Puasa Sehat Berkah
Tips Berbuka Puasa yang Menyehatkan

Dibulan yang penuh berkah ini, seluruh umat muslim diuji untuk menahan hawa nafsu dalam menjalankannya. Nah maka dari itu, kita harus banyak beribadah dan walaupun kita tidak makan ataupun minum mulai dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, kita harus tetap semangat. Dan perlu anda ketahui bahwa sesungguhnya puasa itu menyehatkan, hal ini sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alayhi wa Sallam :

صُومُوا تصحوا
“Puasalah kalian niscaya kalian akan sehat”

Sungguh puasa itu merupakan ibadah yang memiliki banyak manfaat. Faktanya, pada saat berbuka puasa kita cenderung tidak memperhatikan makanan yang sehat dan sesuai sunnah Rasulullah saw. Dan kali ini saya akan membahas sedikit tentang 7 Tips Berbuka Puasa yang Menyehatkan:

1.      Berbukalah dengan Kurma dan segelas air putih
Kurma mempunyai kandungan yang sangat luar biasa, seperti gula dan nutrisi lain yang sangat bermanfaat bagi kita saat berbuka puasa. Dan ternyata sahabat ragam, kandungan kurma juga bermanfaat diantaranya bebas dari masalah konstipasi, gangguan pencernaan, masalah jantung, anemia, disfungsi seksual, diare, kanker abdomen, dan kondisi-kondisi lain. Rasulullah saw. Bersabda : “Jika salah seorang diantara kalian hendak berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering. Jika tidak ada maka minumlah air putih karena air putih itu membersihkan”. (HR At-Tirmidzi)

2.      Segeralah Berbuka apabila waktu Berbuka telah tiba
Menyegerakan berbuka bukanlah tentang sehat dan tidaknya, namun menyegerakan berbuka merupakan sunah rosul. Allah swt. Berfirman : “Hamba yang paling Aku cintai adalah yang paling menyegerakan berbuka” (Hadits ini dihasankan oleh Attirmidzi dan dishohihkan oleh Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban)
Maka dari itu segeralah berbuka apabila waktunya sudah tiba. Rosulullah saw. Bersabda : Manusia senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka. (Muttafaqun Alaihi)

3.      Makanlah Makanan yang mengandung Karbohidrat Kompleks
Biji-bijian atau makanan sereal lain menyediakan berbagai kalori serta gula yang sangat dibutuhkan tubuh setelah berpuasa. Makanan roti isi yang diisi sayur dan daging juga sangat bermanfaat, serta mengandung nutrisi, vitamin dan juga serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

4.      Jangan makan berlebihan saat Berbuka Puasa
Pada saat akan menjelang buka puasa, kita cenderung akan makan yang banyak namun dalam Islam segala hal yang berlebihan itu tidak baik. Logikanya pada saat berbuka puasa kita makan dan membutuhkan waktu untuk memprosesnya melalui saluran pencernaan yang akan memberikan energi pada tubuh kita. Apabila kita berlebihan pada saat buka puasa, maka akan menyebabkan banyak hal negative, baik itu tubuh kita merasa kegemukan atau lainnya dan terkadang menyebabkan kita malas untuk solat dan itu sangat tidak baik, maka dari itu berbukalah secukupnya dan berhentilah makan sebelum kenyang.

5.      Mengkonsumsi lebih banyak Cairan
Minumlah air untuk mencegah dehidrasi secukupnya saja, karena jika kebanyakan maka akan menimbulkan perut yang terasa kembung. Sup atau semur juga bagus saat berbuka karena selain dapat mencegah dehidrasi dan menyegarkan, juga karena sayuran yang terdapat dalam sup tersebut. Jus buah segar juga bagus untuk melengkapi buka puasa para sahabat ragam karena kandungan vitamin, mineral dan juga gula yang terdapat di dalamnya selain dapat mencegah dehidrasi juga memberikan energi bagi tubuh kita agar segar setelah berpuasa.

6.      Hindarilah makanan yang mengandung Minyak/Gorengan
Gorengan  atau makanan yang berminyak pada dasarnya terasa mengenyangkan namun tidak memberikan nutrisi yang cukup bagi tubuh kita, sehingga gorengan atau makanan berminyak bukan pilihan yang cocok untuk berbuka puasa. Namun jika anda ingin makan sebaiknya sedikit saja.

7.      Berbagilah dengan Orang Sekitar
Ini akan menjadi berkah, jika kita memberikan makanan untuk berbuka bagi orang disekitar dengan ikhlas. Insha allah puasa kita juga akan menambah banyak berkah dan mendatangkan pahala.

Demikianlah artikel 7 Tips Berbuka Puasa yang Menyehatkan dari saya, semoga bermanfaat apabila ada kesalahan saya minta maaf yang setulus-tulusnya. Puasa merupakan ibadah wajib bagi umat muslim, maka dari itu maksimalkanlah ibadah kita dengan selalu bersyukur dan berbagi kepada sesama.
Wassalamu’alaikum wr.wb

Baca artikel terkait:
·         Bahaya Penyakit Ambeien
·         Penyakit Jantung Koroner
·         Penyakit Amandel

Kata kunci: puasa, tips berpuasa, tips berbuka puasa, sunnah berbuka puasa, berbuka puasa yang baik, berbuka puasa yang menyehatkan

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "7 Tips Berbuka Puasa Yang Menyehatkan"

Powered by Blogger.