Penyakit Amandel

Selamat siang sahabat ragam, pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas yaitu mengenai Penyakit Amandel. Segala penyakit pasti merugikan bagi kita entah itu ringan ataupun berat, maka dari itu kewaspadaan harus kita terapkan setiap saat. Langsung saja ke topik kita kali ini yaitu penyakit amandel. Apa itu amandel? Amandel adalah benteng pertahanan tubuh yang berfungsi untuk menjaga masuknya kuman ke dalam tubuh. Penyakit amandel sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh kerusakan pada permukaan selaput lendir.

Amandel merupakan benteng pertahanan tubuh dari kuman melalui makanan atau minuman. Apabila amandel tidak terkontrol kerjanya atau terlalu berat dalam melakukan sebagaimana fungsinya, maka akan menyebabkan penyakit amandel itu sendiri (peradangan atau pembengkakan pada tonsil). Bahkan apabila penyakit amandel sudah parah, maka ada kemungkinan harus dilakukan operasi.

Gejala Penyakit Amandel

Penyakit amandel berhubungan pada saluran untuk jalanya makanan dan minuman, maka dari itu sangat berpengaruh pada organ tenggorokan ataupun kelenjar gondok, namun efek samping lain juga akan dialami penderita penyakit amandel. Gejala penyakit amandel yaitu sebagai berikut:

·         Mengalami nyeri pada tenggorokan dan juga kelenjar gondok
·         Mengalami demam dengan suhu yang tinggi
·         Badan terasa lesu dan letih
·         Terasa sakit saat menelan makanan di bagian tenggorokan
·         Demam yang tinggi pada malam hari.
Penyakit amandel dapat diperparah karena penumpukan sisa – sisa makanan didalam tubuh yang
bersifat anorganik. Maka dari itu pola makan adalah kunci menghindari enyakit amandel.

Penanganan, Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Amandel

Penyakit amandel dapat menyerang siapapun, bahkan anak – anakpun rentan terhadap penyakit amandel. Penanganan penyakit amandel biasanya dengan cara dioperasi karena tidak bisa dibiarkan (jenis penyakit yang sulit diobati dengan obat apabila sudah parah). Namun apabila masih belum parah atau tidak terlalu mengganggu maka masih bisa dihindari dengan pola makan yang sehat dan berimbang seperti sayur dan buah serta diimbangi dengan olahraga dan istirahat yang teratur maka akan pulih kembali.
Lingkungan yang kondusif dan higienis merupakan pencegahan yang utama, bisa juga pola makan yang sehat. Penyakit amandel disebabkan karena makanan anorganik serta minuman – minuman yang dingin seperti eskrim dan lain – lain, softdrink. Bagi anda yang sering mengkonsumsi es krim, soft drink dan makanan yang kelebihan bumbu (gula dan garam), maka mulai sekarang biasakanlah makan makanan yang sehat dan kurangi untuk meminimalisir dampak penyakit amandel.
Ada beberapa pendapat yang menyebutkan kalau amandel merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi bakteri, karenanya untuk mengobatinya bisa diberi zat antibiotik. Bagi anda yang sudah mengalami amandel apabila tidak menginginkan untuk di operasi maka sebaiknya mengurangi konsumsi gula dan garam yang berlebihan dalam makanan serta mengkonsumsi makanan yang direbus dan hangat. Hal tersebut dapat dilakukan apabila penyakit amandel belum parah namun jika sudah parah perlu dioperasi.

Kesimpulan
Penyakit amandel merupakan penyakit yang menyerupai polip namun hanya berbeda organ atau saluran yang bersarang. Penyakit amandel merupakan jenis penyakit yang tidak boleh dibiarkan dan harus ada penanganan, karena jika dibiarkan akan memperburuk keadaan. Bagi anda yang mengalami gejala yang hampir sama seperti geajala penyakit amndel diatas maka segeralah periksakan ke dokter. Penyakit amandel sebagian besar identik dengan pola makan, jika terdiagnosa penyakit amandel segeralah jaga pola makan anda dan selau jaga kebersihan lingkungan anda.
Sekian artikel dari saya tentang Penyakit Amandel, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda. Salam sehat dan salam ragam.

Baca artikel terkait:
·         Tips Berpuasa yang Baik
·         Manfaat Daun Mangkokan
·         Manfaat Daun Kumis Kucing

Kata kunci: penyakit amandel, penyebab penyakit amandel, gejala penyakit amandel, cara mencegah penyakit amandel, cara mengobati penyakit amandel

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Penyakit Amandel"

  1. wahh ternyata bila penyakit amandel terus di biarkan akan memperparah keadaannya , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.