Manfaat Cara Hidup Sehat

Tips cara hidup sehat, manfaat dan khasiat buah, daun, akar untuk pengobatan alternatif alami berbagai macam penyakit

Stop Kebiasaan Begadang

Bagi sahabat ragam yang sering tidur terlalu larut malam. Stop Kebiasaan Sering Begadang karena diketahui jika sewaktu-waktu kebiasaan buruk anda dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan. Apa saja bahaya terlalu sering begadang dan gangguan yang dapat ditimbulkan dari begadang?
Efek Negatif Sering Begadang Bagi Kesehatan
Bahaya Terlalu Sering Begadang
·         Diabetes
Pola tidur yang buruk akan mempengaruhi kadar gula darah serta hormon yang mengontrol nafsu makan. Jika hormon dalam tubuh terganggu maka dapat memicu terjadinya intoleransi glukosa dan produksi insulin dala tubuh, sehingga insulin tidak mampu mengatasi kadar gula darah.


·         Kerusakan Otak
Terlalu sering begadang membuat tubuh tidak dapat memaksimalkan kerja organ tubuh. Biasanya ketika bangun orang akan merasa berat pada bagian kepala, yang bisa menjadi tanda-tanda gagar otak kecil sedang menyerang, jika kebiasaan ini terus terjadi maka otak akan terancam mengalami kerusakan.

·         Kanker Hati
Menurut riset yang telah dilakukan oleh para dokter, kebiasaan begadang dan bangun terlalu siang merupakan penyebab utama kerusakan hati.

·         Lemahnya Sistem Imun
Akibat dari seringnya begadang membuat kesehatan sel-sel dalam otak menurun, selain itu dapat menghancurkan sel darah putih yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, sehingga orang yang sering begadang sangat mudah sakit.

·         Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung dan Stroke
Sering begadang menyebabkan peradangaan pada arteri, yang beresiko menumpuknya plak sehingga dapat menyumbat pembuluh darah.

·         Hipertensi
Hipertensi atau sering disebut juga dengan tekanan darah tinggi juga dapat ditimbulkan dari kebiasaan begadang, karena membuat tubuh dan otak menjadi melemah sehingga meningkatkan stress yang berkepanjangan.

·         Obesitas
Tidur malam membuat metabolisme tubuh menjadi terganggu, apalagi jika ditambah dengan mengkonsumsi makanan yang berlemak membuat tubuh semakin cepat untuk memproduksi lemak hingga pada akhirnya mengakibatkan kegemukan.

·         Alzheimer / Pikun
Alzheimer adalah penyakit pelupa atau lupa ingatan baik secara permanen maupun sementara. Alzheimer biasanya menyerang usia lanjut, penyakit ini tidak menular, penderita mudah bingung dan lemah dalam ingatan. Salah satu faktor penyebab alzheimer sendiri yakni terlalu seringnya begadang.

Lalu bagaimana jika anda sudah terlanjur memiliki kebiasaan tersebut? Berikut solusi mudah yang dapat anda coba :
     ·         Perbanyaklah minum air putih 
     ·         Rajin berolah raga, terutama pada sore hari
     ·         Hindari makanan berminyak dan cepat saji
     ·         Konsumsi vitamin dan biji nabati
     ·         Minum susu di malam hari

Mulai sekarang Stop Kebiasaan Begadang, dan ada baiknya bagi sahabat ragam untuk lebih bijak lagi dalam mengatur pola istirahat yang teratur. Usahakan jangan terlalu sering kerja lembur, atau melakukan aktivitas yang tidak penting di jam-jam istirahat. Semoga bermanfaat.

Kata kunci : Stop kebiasaan begadang, efek begadang, tidur yang teratur, bahaya tidur terlalu larut, insomnia, penyakit akibat banyak begadang. gangguan kesehatan, solusi mengatasi insomnia, solusi mengatasi begadang.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Stop Kebiasaan Begadang"

terimakasih informasinya , sangat bermanfaat sekali ..

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top