Khasiat Pohon Nipah untuk Kesehatan

Artikel kali ini, kita akan membahas tentang Khasiat Pohon Nipah untuk KesehatanNipah adalah sejenis palem yang tumbuh subur pada daerah payau yang dipengaruhi pasang surut, khususnya di muara sungai dan di belakang hutan bakau. Tanaman ini tumbuh berumpun dengan batang yang sangat pendek, yang dapat menjadi benteng bagi air tawar terhadap air laut. Adanya tanaman nipah juga dapat mencegah adanya abrasi dan kerusakan tanah.
Pada umumnya tanaman nipah dapat dimanfaatkan sebagai atap yang memiliki daya tahan hingga 5 tahun. Daun-daunnya yang panjang, juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan tikar, keranjang, serta kerajinan tangan lain.


Baca juga: 20 Bahan Alami untuk Mengobati Batuk


Di daerah pesisir indonesia banyak warga mengolah buah nipah menjadi olahan seperti gula merah nipah, pemanis alami untuk makanan, cuka, manisan kolang-kaling, karena rasanya manis hampir menyerupai buah rambutan dan tebu.  
Pohon Nipah Untuk Kesehatan
Pohon Nipah Palem Hutan Bakau
Tak cukup untuk itu saja, buah nipah ternyata juga memiliki khasiat sebagai obat. Menurut penelitian buat nipah mengandung antioksidan yang dapat memperlambat berkembangnya sel kanker dalam jaringan tubuh serta membunuh racun berbahaya yang tidak dapat dikonsumsi oleh tubuh.

Baca juga: Cara Alami yang Ampuh Menurunkan Kolesterol Tinggi


Pohon nipah juga dapat dijadikan sebagai obat batuk, caranya dengan menumbuk daun nipah yang masih muda sampai harus. Peras, lalu tambahkan sedikit madu ke dalamnya dan minumlah.

Tulang anak daun nipah yang masih muda juga dipercaya mampu mengobati sariawan dan sakit tenggorokan, dengan cara menggigit tulang daun nipah dan menghisap airnya. Sedang bagi masyarakat kalimantan, arang dari akar nipah sering dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi dan sakit kepala.


Olahan nipah yang sudah dalam bentuk cuka pun ternyata juga memiliki banyak khasiat, diantaranya sebagai berikut :


·         Mengobati kencing manis
·         Menurunkan tekanan darah tinggi
·         Menurunkan kolesterol dan mengobati sakit jantung
·         Mengatasi masalah sembelit
·         Menstabilkan suhu dalam tubuh
·         Mencegah obesitas
·         Mengatasi buasir/wasir dan masalah pada usus
·         Membuang toksin
·         Mengobati migrain

Dengan pengolahan secara maksimal, ternyata banyak sekali Khasiat Pohon Nipah untuk Kesehatan untuk kehidupan sehari – hari. Tak hanya sebagai hasil kerajinan namun juga sebagai obat alternatif yang aman untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Baca juga: Khasiat Luar Biasa Jinten Hitam untuk Kesehatan Tubuh




Kata Kunci: Khasiat pohon nipah, manfaat pohon nipah, buah pohon nipah untuk kesehatan, obat traditional dengan buah nipah, buah nipah yang berkhasiat, pemanfaatan pohon nipah, obat penyakit alami.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Khasiat Pohon Nipah untuk Kesehatan"

  1. ohh,,saya baru tahu kalau pohon nipah itu banyak menyimpan manfaat ya gan,, terimakasih informasinya gan.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.