Manfaat Cara Hidup Sehat

Tips cara hidup sehat, manfaat dan khasiat buah, daun, akar untuk pengobatan alternatif alami berbagai macam penyakit

Manfaat Bunga Matahari

Khasiat dan Manfaat bunga matahari. Pagi sahabat Ragam, jika dalam artikel yang sudah saya posting adalah mengenai manfaat buah dan daun untuk kesehatan, sekarang giliran manfaat bunga. Kali ini saya akan uraikan sedikit penjelasan mengenai bunga matahari

Khasiat dan Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan
Bunga Matahari
Bunga matahari (Helianthus annuus Linn) merupakan bunga nasional Ukraina dan merupakan bunga resmi negara bagian Kansas. Sebenarnya tumbuhan bunga matahari telah dibudidayakan oleh orang Indian di Amerika Utara sejak ribuan tahun yang lalu. Seiring berjalannya waktu tumbuhan ini mulai menyebar ke Amerika Selatan dan menjadi salah satu sumber pangan bagi warga Inka. Setelah penaklukan oleh orang Eropa akhirnya tumbuhan ini mulai menyebar ke berbagai belahan dunia. 

Khasiat dan Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan
Khasiat Bunga Matahari
Tumbuhan yang memiliki bunga besar dan mempesona ini sering dijadikan tanaman hias di perakarangn atau di halaman rumah orang Indonesia. Selain itu biji bunga matahari juga sering dimanfaatkan sebagai campuran roti atau diolah sebagai pengganti kopi maupun coklat, diambil minyaknya, bahkan banyak perusahaan yang memproduksi camilan kwaci dari biji bunga matahari.  

Sahabat Ragam yang berbahagia, banyak diantara kita yang belum tahu bahwa selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias atau bahan pangan untuk dikonsumsi, tanaman bunga matahari ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan manusia.

Bunga matahari memiliki beberapa kandungan kimia seperti: Quercimeritrin, helianthoside (A,B,C), oleanolic acid, echinocystic acid. Sedangkan dalam bijinya terkandung Beta-sitosterol, prostaglandin E, chlorogenic acid, quinic acid, phytin, 3,4-benzopyrene.

Dengan kandungan tersebut, beberapa penyakit dipercaya dapat diobati dengan memanfaatkan bunga matahari antara lain Hipertensi, Sakit kepala, Sakit gigi, nyeri menstruasi, reumatik, Nyeri lambung, radang payudara, Disentri, Campak, Infeksi saluran kencing, Bronkhitis, Batuk, Keputihan dan Malaria.

Berikut ini merupakan tabel pemanfaatan bagian dari tanaman bunga matahari untuk mengobati berbagai penyakit:

Bagian Tanaman
Manfaat
Akar
untuk mengobati infeksi saluran kencing, radang saluran nafas (bronchitis), batuk rejan (pertussis), keputihan (leucorrhoe).
Bunga
untuk pengobatan tekanan darah tinggi, mengurangi rasa nyeri pada sakit kepala, pusing, sakit gigi, nyeri menstruasi (dysmenorrhoe), nyeri lambung (gastric pain), radang payudara (mastitis), rheumatik (arthritis)
Biji
untuk menambah nafsu makan, lesu, disenteri berdarah, campak, dan sakit kepala
Daun
untuk mengobati penyakit malaria

Untuk memanfaatkan tumbuhan bunga matahari sebagai obat alami anda dapat menggunakan resep tradisional berikut ini:

Mengobati Sakit Kepala

Cara Pembuatan: Ambil 30 gram bunga matahari yang sudah dicuci, kemudian direbus dengan satu butir telur ayam utuh (tidak dipecah). Rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1/2 gelas.

Cara Pemakaian: Air rebusan tersebut diminum sesudah makan sebanyak dua kali sehari.

Mengobati Rematik

Cara Pembuatan: ambil 1 tangkai kepala bunga matahari, rebus sampai menjadi kanji.

Cara Pemakaian: tempelkan kanji tersebut ke bagian yang sakit seperti menggunakan salep.

Mengobati Disentri

Cara Pembuatan: Ambil 30 gram biji bunga matahari, seduh dengan air kemudian ditim selama kurang lebih 1 jam.

Cara Pemakaian: Setelah dingin, tambahkan gula batu secukupnya, kemudian diminum.

Melancarkan buang air besar dan kecil

Cara Pembuatan: ambil 15-30 gram akar bunga matahari segar untuk direbus.

Cara Pemakaian: minum air rebusan tersebut setelah dingin.

Infeksi saluran kencing

Cara Pembuatan: ambil 30 gram akar bunga matahari segar kemudian direbus. Angkat air rebusan sewaktu akan mendidih.

Cara Pemakaian: minum air rebusan selagi masih hangat.


PERHATIAN!!!
Bagi anda yang sedang hamil, jangan mengkonsumsi ramuan dari bunga matahari ini.

Khasiat Manfaat Bunga Matahari untuk Kesehatan
Kebun Bunga Matahari
Oke sahabat RRA, sekian artikel tentang Manfaat Bunga Matahari. Baca juga (Manfaat buah pisang, Manfaat buah alpukat, Manfaat buah apel, Manfaat buah naga, Manfaat daun kelor). Semoga bermanfaat.

Kata Kunci yang sering dicari:
Manfaat bunga matahari, Khasiat bunga matahari, Manfaat tanaman bunga matahari, Khasiat tanaman bunga matahari, Manfaat bunga matahari untuk kesehatan, Manfaat bunga matahari bagi kesehatan, Khasiat bunga matahari bagi kesehatan, bunga matahari dapat mengobati infeksi saluran kencing, bunga matahari dapat mengobati radang saluran nafas (bronchitis), bunga matahari dapat mengobati batuk rejan (pertussis), bunga matahari dapat mengobati keputihan (leucorrhoe), bunga matahari dapat mengobati tekanan darah tinggi, bunga matahari dapat mengurangi rasa nyeri pada sakit kepala, bunga matahari dapat mengobati pusing, bunga matahari dapat mengobati sakit gigi, bunga matahari dapat mengobati nyeri menstruasi (dysmenorrhoe), bunga matahari dapat mengobati nyeri lambung (gastric pain), bunga matahari dapat mengobati radang payudara (mastitis), bunga matahari dapat mengobati rheumatik (arthritis), bunga matahari dapat menambah nafsu makan, bunga matahari dapat mengobati lesu, bunga matahari dapat mengobati disenteri berdarah, bunga matahari dapat mengobati campak, bunga matahari dapat mengobati malaria, cara membuat obat dari bunga matahari, cara membuat obat tradisional bunga matahari. Macam-macam penyakit yang dapat diobati dengan bunga matahari.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
2 Komentar untuk "Manfaat Bunga Matahari"

terimakasih informasinya gan,,sangat bermanfaat sekali.

bunga matahari ternyata bermanfaat juga ya , saya kira bunga matahari hanya untuk sekedar hiasan ..

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top