Manfaat Cara Hidup Sehat

Tips cara hidup sehat, manfaat dan khasiat buah, daun, akar untuk pengobatan alternatif alami berbagai macam penyakit

Manfaat Daun Kelor

Khasiat dan Manfaat Daun Kelor. Dunia tak selebar daun kelor. Peribahasa yang tepat untuk mengawali artikel ini. Sahabat RA yang berbahagia, pada kesempatan ini saya akan memaparkan mengenai khasiat dan manfaat daun kelor. Jangan menilai sesuatu dari fisiknya saja tapi buktikan pula khasiatnya. Karena di balik tampilan luar daun kelor yang kecil, ternyata tersimpan manfaat dan kandungan nutrisi yang luar biasa besar.
Khasiat dan Manfaat Daun Kelor
Khasiat dan Manfaat Daun Kelor
Dalam berbagai penelitian menyimpulkan bahwa kandungan vitamin dalam daun kelor 7x lipat lebih banyak dari buah jeruk dan 4x lipat dari wortel. Sedangkan kandungan potassiumnya 3x lipat dari buah pisang. Kandungan kalsiumnya setara dengan empat gelas susu. Mungkin anda harus bilang WAW sambil guling-guling nih. 
Khasiat dan Manfaat Daun Kelor
Pucuk Daun Kelor
Sebenarnya pohon kelor tumbuh subur di berbagai daerah di Indonesia. Akan tetapi belum banyak orang yang mengetahui dan memanfaatkan daun kelor sebagai sumber nutrisi untuk dikonsumsi.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor

Mungkin anda perlu membuat catatan khusus nih. Kandungan gizi pada daun kelor tersebut ternyata sangat luar biasa. Protein pada 100 gram daun kelor setara dengan zat gizi protein dalam satu butir telur. Bahkan, penelitian lain menunjukkan hasil yang sangat mengejutkan jika dibandingkan dengan bahan pangan kaya nutrisi lainnya.

Khasiat dan Manfaat Daun Kelor
Kandungan Nutrisi Daun Kelor
Berikut ini merupakan hasil perbandingan daun kelor dengan bahan pangan lain dalam jumlah yang sama (gram) menunjukkan hasil sebagai berikut:
  • kandungan vitamin C sama dengan tujuh kali lipat buah jeruk,
  • kandungan vitamin A sama dengan empat kali lipat wortel,
  • kandungan kalsium sama dengan empat gelas susu,
  • kandungan potassium sama dengan tiga buah pisang,
  • kandungan protein sama dengan dua yogurt
Selain itu, tepung daun kelor memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan daun kelor segar yaitu sekitar 20-26 gram per 100 gram.

Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan
Berikut ini beberapa manfaat daun kelor sebagai bahan alami untuk mengatasi gangguan kesehatan atau penyakit:
Mengobati Rabun Ayam
Cara Pembuatan: ambil 3 gagang daun kelor. Cuci hingga bersih kemudian Tumbuk daun tersebut sampai halus. daun kelor yang sudah ditumbuk halus kemudian diseduh dengan 1 gelas air masak dan disaring. Campur dengan madu dan diaduk sampai merata
Cara Pemakaian: Minum ramuan ini sekali sehari sebelum tidur.

Mengobati Sakit Kuning
Cara Pembuatan: siapkan 3-7 gagang daun kelor, 1 sendok makan madu dan 1 gelas air kelapa hijau. Daun kelor dicuci dan ditumbuk sampai halus. Kemudian masukkan 1 gelas air kelapa ke dalam daun kelor yang sudah dihaluskan. Tambahkan 1 sendok makan madu dan diaduk sampai merata. 

Cara Pemakaian: Minum ramuan ini secara rutin sampai sembuh.

Mengobati Kurap (herpes) dan Luka Bernanah
Untuk mengobati herpes maupun luka yang mengeluarkan nanah, anda dapat memanfaatkan daun kelor untuk membuat obat alami sebagai berikut. 

Cara Pembuatan: Siapkan daun kelor secukupnya. Tumbuk daun kelor dengan kapur sehingga sedikit lebih halus. 

Cara Pemakaian: balurkan hasil tumbukan tersebut pada daerah luka/kurap. Lakukan cara ini secara berkesinambungan sampai sembuh.

Mengobati Cacingan
Cara Pembuatan: siapkan 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai, 1-2 batang meniran. Cuci semua bahan tersebut kemudian rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 1 gelas, kemudian disaring. 

Cara Pemakaian: Air ramuan ini diminum setiap hari sampai sembuh.

Mengobati Sakit Mata
Cara Pembuatan: siapkan 3 gagang daun kelor. Daun kelor ditumbuk halus kemudian campur dengan 1 gelas air dan diaduk sampai merata. Diamkan sejenak sampai ampasnya mengendap. 

Cara Pemakaian: Air ramuan tersebut digunakan sebagai obat tetes mata.

Mengobati Sukar Buang Air Kecil
Cara Pembuatan: siapkan beberapa bahan untuk diambil sarinya. Meliputi 1 sendok sari daun kelor dan sari buah mentimun atau wortel yang telah diparut dalam jumlah yang sama. Campur bahan-bahan tersebut kemudian ditambah dengan 1 gelas air. Saring campuran tersebut.

Cara Pemakaian: Air yang sudah disaring kemudian diminum setiap hari.

Obat Biduren (alergi)
Cara Pembuatan: siapkan 1-3 gagang daun kelor, 1 siung bawang merah dan adas pulasari secukupnya. Semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa kira-kira 2 gelas, kemudian disaring. 

Cara Pemakaian: ramuan ini diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore. Lakukan sampai sembuh.

Obat Reumatik dan Pegal Linu
Cara Pembuatan: siapkan 2-3 gagang daun kelor, ½ sendok makan kapur sirih. Campur kedua bahan tersebut kemudian ditumbuk halus.

Cara Pemakaian: ramuan ini dipakai untuk obat gosok (param).

Oke, sekian kiranya artikel tentang Manfaat Daun Kelor. Mungkin daun kelor bisa dijadikan rekomendasi sebagai menu konsumsi harian. Semoga bermanfaat. (baca: Manfaat Daun Alpukat, Manfaat Daun Pisang)

Kata Kunci yang sering dicari:
Manfaat daun kelor, khasiat daun kelor, ramuan tradisional daun kelor, obat tradisional dari daun kelor, manfaat daun kelor untuk kesehatan, manfaat daun kelor bagi kesehatan, khasiat daun kelor untuk kesehatan, manfaat daun kelor untuk menyembuhkan penyakit, cara membuat obat dari daun kelor, daun kelor dapat menyembuhkan berbagai penyakit, daun kelor,cara membuat obat rematik dari daun kelor, cara membuat obat sakit mata dari daun kelor, cara membuat obat cacingan dari daun kelor, cara membuat obat luka nanah dari daun kelor, cara membuat obat sakit kuning dari daun kelor, cara membuat obat rabun ayam dari daun kelor.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "Manfaat Daun Kelor"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top