Manfaat Daun Pisang

Ragam Khasiat dan Manfaat Alami - Pada kesempatan ini saya akan memaparkan beberapa Manfaat daun pisang. Setelah pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai Manfaat Buah Pisang dan Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil. 

Manfaat dan Khasiat Daun Pisang
Khasiat Daun Pisang
Selain buahnya yang kaya akan nutrisi untuk kesehatan tubuh, ternyata daun buah pisang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daun pisang mengandung bahan obat alami yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit. Daun pisang mengandung allantolin yang berperan untuk memperbarui sel kulit mati. Selain allantolin, daun pisang juga mengandung antioksidan yang mampu menetralisir racun di dalam tubuh dan mengandung zat anti radang. 
Beberapa manfaat daun pisang antara lain:

Manfaat dan Khasiat Daun Pisang
Pohon Pisang

Manfaat dan Khasiat Daun Pisang
Daun Pisang Siap di manfaatkan
Mengobati Luka dan Menghilangkan Ketombe
Obat alami yang ada pada daun pisang dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka kecil pada kulit Anda. selain itu, daun pisang juga bermanfaat untuk mengobati gangguan kulit seperti ketombe, maupun karena sengatan sinar matahari.

Cara membuat: Siapkan satu helai daun pisang, ambil secukupnya. Cuci daun pisang sampai bersih kemudian campur dengan air untuk membuat jus sari daun pisang segar.

Cara pemakaian: minumlah jus sari daun buah pisang secara bertahap dalam menyembuhkan gangguan kulit tersebut. Untuk mengobati kulit yang terbakar sinar matahari rendamlah dengan air dingin.

Mengobati dan Menetralisir Racun Serangga
Sakit rasanya jika kita di sengat atau digigit serangga beracun. Jangan panik jika suatu saat hal ini terjadi. Anda dapat memanfaatkan daun pisang yang mempunyai sifat obat dan dapat menetralisir racun akibat gigitan serangga seperti lebah dan laba-laba. Selain itu, dengan kandungan antioksidan yang tinggi, akan menghindarkan kulit tubuh anda dari pengaruh buruk lingkungan. Iritasi kulit dan ruam-ruam dapat disembuhkan dengan cepat menggunakan ramuan daun pisang ini.

Cara membuat: ambil daun pisang secukupnya. Tumbuk sampai halus. Anda juga bisa mengunyah daun pisang ini untuk menghaluskannya.

Cara pemakaian: daun pisang yang sudah halus setelah ditumbuk atau dikunyah diletakkan pada bagian kulit yang tersengat serangga.

Mengobati Iritasi Kulit
Pada daun pisang terkandung bahan aktif allantolin, dimana allantolin ini banyak dimanfaatkan sebagai campuran krim kecantikan. Kandungan allantolin yang cukup tinggi pada daun pisang bermanfaat untuk menyembuhkan iritasi kulit, peradangan, bahkan mampu membunuh kuman. Allantolin pada daun pisang ini, dapat meningkatkan rangsangan pertumbuhan sel  kulit baru. Sehingga kulit anda terlihat muda.

Mengobati Peradangan Kulit
Beberapa orang memiliki kulit yang sangat sensitif. Sehingga mereka harus hati-hati dalam memilik produk untuk perawatan kulit. Jika kulit sensitive anda mengalami iritasi atau peradangan, Anda dapat memanfaatkan daun pisang sebagai salep alami yang mengandung zat alami penyembuh masalah kulit.

Cara pembuatan: ambil daun pisang, kemudian campur dengan minyak zaitun serta beeswax.
Cara pemakaian: oleskan campuran tersebut pada kulit yang mengalami peradangan

Menghilangkan Bekas Luka
Campuran daun pisang, comfrey, dan cabai rawit dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit Anda, mengurangi pendarahan, hingga gatal gatal.

Pembungkus Makanan
Berbagai kue dan aneka makanan memanfaatkan daun pisang sebagai pembungkus alami. Banyak orang memilih daun pisang karena selain tekstur daunnya yang kuat, aroma daun pisang sangat harum sehingga dapat menambah gurih makanan ataupun masakan anda.
Manfaat dan Khasiat Daun Pisang
Landasan Sajian Masakan

Manfaat dan Khasiat Daun Pisang
Daun Pisang Sebagai Pembungkus Makanan
Oke, sekian artikel tentang Manfaat daun pisang. (Baca juga Manfaat Buah Pisang dan Manfaat Buah Pisang untuk Ibu Hamil). Semoga bermanfaat.

Kata Kunci yang sering dicari:
Manfaat daun pisang, daun pisang, manfaat daun pisang untuk kesehatan, manfaat daun pisang untuk kecantikan, daun pisang dapat mengobati iritasi kulit, daun pisang dapat mengobati peradangan, daun pisang dapat menetralisir racun, daun pisang dapat mengobati luka, daun pisang dapat digunakan untuk membungkus makanan, alasan daun pisang digunakan untuk membungkus makanan, banana leave.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Manfaat Daun Pisang"

  1. daun pisang itu sangat bermanfaat sekali buat kehidupan kita ya gan,, terimakasih informasinya gan,,

    ReplyDelete
  2. bukan hanya buahnya , ternyata daunnya juga bermanfaat , terimakasih informasinya gan ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.