Khasiat dan Manfaat Lengkuas

Malam sahabat Ragam Alami, kali ini saya akan membahas tentang Manfaat dan Khasiat Lengkuas untuk Kesehatan. Tumbuhan Lengkuas (galangal) merupakan salah satu tumbuhan yang sering dimanfaatkan bagian rimpangnya. Di Indonesia sendiri, terdapat 2 jenis Lengkuas, yakni Lengkuas Merah dan Lengkuas Putih. Lengkuas Merah memiliki daging yang berwarna merah, serta sering digunakan sebagai obat tradisional. Sudah sejak lama nenek moyang kita memanfaatkan Lengkuas Merah untuk dijadikan sebagai obat tradisional, diantaranya untuk mengatasi penyakit panu, menambah nafsu makan, hingga mengobati rematik. Sedangkan Lengkuas Putih yang memiliki daging berwarna putih, sering dijadikan sebagai bumbu dapur penyedap makanan. Tapi apakah anda sudah tahu bagaimana cara mengolah tumbuhan Lengkuas ini menjadi obat tradisional yang dapat menyembuhkan / mengobati berbagai macam penyakit? Jika belum tahu jangan khawatir, saya akan membahasnya di dalam artikel ini.
Lengkuas/Laos
Kandungan Senyawa Lengkuas

Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Alpinia Galanga ini mempunyai banyak senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan senyawa Lengkuas itu antara lain: Eugenol, Seskuiterpen, Metil Sinamat, Pinen, Galangan, Kaemferida, Kristal Kuning, Galangol, Saponin, Flavonoida, dan Tannin. Selain itu, tumbuhan Lengkuas juga mengandung Minyak Astiri dan juga Minyak Terbang.

Pengobatan Tradisional dengan Lengkuas

Dengan kandungan senyawan yang baik untuk kesehatan tubuh tersebut, maka tidak mengherankan bila tanaman yang biasa disebut Laos oleh orang jawa ini bayak dijadikan sebagai obat tradisional yang ampuh mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan di dalam tubuh kita. Gangguan-gangguan tersebut dapat kita obati dengan resep ramuan Lengkuas seperti di bawah ini :

1.Mengobati Rematik
Siapkan 2 rimpang Lengkuas sebesar ibu jari, serta 1 butir Telur ayam kampung. Langkah pertama, parutlah lengkuas, lalu peraslah untuk mengambil airnya. Setelah itu, campurkan dengan kuning telur ayam kampung. Aduk hingga merata. Minum ramuan ini 1x sehari.

2.Menambah nafsu makan
Siapkan 1 rimpang Lengkuas sebesar ibu jari, ½ rimpang Kencur sebesar ibu jari, 3 buah Mengkudu yang masih mentah, ½ sendok the bubuk Ketumbar, 1 siung Bawang Putih, 3 mata buah Asam Jawa yang sudah masak, 1 potong Gula Merah, Jakeling, Jalawe, serta Jarahab. Rebus semua bahan tadi dengan 2 gelas air, lalu tunggu hingga mendidih / tersisa tinggal 1 gelas air. Minum ramuan tadi sebanyak ½ gelas, di pagi dan sore hari.

3.Mengobati Penyakit Limpa
Siapkan 2 rimpang Lengkuas sebesar ibu jari, 3 rimpang Temulawak sebesar ibu jari, serta 1 genggam daun Meniran. Rebus semua bahan tadi dengan 3 gelas air, lalu tunggu sampai mendidih. Minum ramuan ini sebanyak 1 cangkir di pagi dan sore hari.

4.Mengobati Penyakit Campak (Morbili)
Siapkan 4 rimpang Lengkuas sebesar ibu jari, 1 sendok the Minyak Kayu Putih, serta 1 sendok the Minyak Gondopura. Langkah pertama, parutlah Lengkuas sampai halus. Selanjutnya, campurkan hasil parutan Lengkuas tersebut dengan Minyak Kayu Putih dan juga Minyak Gondopura secara merata. Gunakan ramuan ini sebagai obat luar.

5.Mengobati Panu
Siapkan rimpang Lengkuas secukupnya, dan juga Kapur Sirih secukupnya. Langkah pertama, tubuk kedua bahan tersebut samapi halus. Kemudian, gosokkan ramuan ini pada bagian tubuh yang terkena penyakit panu, setiap pagi dan sore hari.

6.Mengobati Batuk Bronkhitis
Siapkan 2 rimpang Lengkuas sebesar ibu jari, 2 rimpang Temulawak sebesar ibu jari, 2 rimpang Halia sebesar ibu jari, Keningar, 1 genggam daun Pecut muda, ½ genggam daun Iler, dan juga Kayu Manis secukupnya. Langkah pertama, tumbuklah semua bahan tersbut sampai halus. Kemudian rebus hasil tumbukan tersbut dengan 3 gelas air sampai mendidih. Minum ramuan ini 2x sehari, yakni pada pagi dan sore hari.

Untuk bisa mendapatkan kesembuhan atau hasil yang maksimal, maka rutinlah mengkonsumsi resep obat tradisional di atas sesuai dengan petunjuk ahli herbal. Sekian artikel mengenai Manfaat Lengkuas, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda.

Baca artikel terkait:
·         12 Khasiat dan Manfaat Pegagan
·         8 Mitos Diabetes Yang Keliru
·         Manfaat Daun Sukun
·         PenyakitAsam Urat

Kata kunci: khasiat lengkuas, manfaat lengkuas, kesehatan, obat tradisional, mengobati penyakit, benefits of galagal

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Khasiat dan Manfaat Lengkuas"

Powered by Blogger.