8 Mitos Diabetes Yang Keliru

Siang sahabat Ragam Alami, kali ini saya akan membahas tentang 8 Mitos Diabetes Yang Keliru. Diabetes? Ya penyakit yang satu ini sepertinya sudah tidak asing di telinga kita. Sebuah fakta mengejutkan hadir baru-baru ini. Ternyata pada tahun 2014 yang lalu, jumlah masyarakat Indonesia yang menderita penyakit Diabetes sebanyak 9,1 juta jiwa, atau yang terbanyak ke-5 di dunia. Data tersebut diumumkan oleh International Diabetes Federation. Parahnya lagi di jaman yang sudah serba modern ini, banyak masyarakat di Indonesia masih saja mempercayai mitos-mitos yang salah tentang penyakit Diabetes. Pengurus Persadia Muda (Young Diabetic) Dr.Mohammad Firas, menyatakan bahwa mitos-mitos tentang penyakit Diabetes yang beredar di tengah masyarakat tersebut salah, seperti mitos-mitos dibawah ini yang telah dipatahkan dengan ilmu kedokteran.
Mitos Keliru tentang Diabetes
Waspada Diabetes
1. Diabetes itu bisa disembuhkan
Mitos di atas adalah mitos yang paling sering terdengar di telinga kita. “Sayangnya, Diabetes tidak bisa sembuh. Sampai sekarang belum ada obat yang menyembuhkan. Jadi selama ini, obat hanya bisa mengontrol dan kita harus menjaga gula darah,” kata Firas saat agenda peluncuran buku “Diabetes and Me” beberapa waktu lalu. Dia juga menambahkan “Semakin tua, penderita Diabetes akan mengalami penurunan fungsi organ seperti Pankreas. Jadi kalau ada orang yang bisa menemukan cara untuk menyembuhkan Diabetes pasti sudah terkenal.”

2. Penderita Diabetes tidak boleh mengemil
Cemilan itu justru berfungsi untuk menjaga gula darah agar tetap stabil. Sehingga dapat mengontrol pola makan.

3. Penderita Diabetes harus menghentikan konsumsi gula
Faktanya, gula/karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi, sehingga kita bisa melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari. Dan harus anda ingat, jumlah gula/karbohidrat itu tetap harus dibatasi.

4. Penderita Diabetes tidak boleh makan makanan yang berserat
Serat justru berfungsi untuk memperlambat penyerapan gula di dalam darah. Sehingga kalau kita makan makanan yang berserat dapat menjaga kestabilan gula darah, serta dapat menjaga berat badan.

5. Penderita Diabetes hanya boleh makan 3x sehari
Agar gula darahnya tetap terjaga, penderita Diabetes justru disarankan untuk mengkonsumsi makanan 5 sampai 6x sehari. Dengan porsi 3x makanan utama, dan 2 sampai 3 porsi makanan selingan, dalam porsi yang terjaga.

6. Penyakit Diabetes diturunkan dari keluarga
Fakta yang ada, lebih dari 95% penderita Diabetes tidak mewarisi penyakit ini dari orang tua, maupun anggota keluarga lainnya. Pola makan yang baik serta selalu menjaga kebugaran tubuh merupakan salah satu kunci untuk terhindar dari penyakit Diabetes.

7. Penyakit Diabetes diturunkan secara menyilang
Faktanya, memiliki golongan darah dengan ayah ataupun ibu tidak membuat anda terkena Diabetes. Diabetes memang lebih disebabkan karena pola makan, walaupun riwayat keluarga juga merupakan salah satu factor penambah resiko terkena penyakit ini.

8. Kadar gula rendah lebih baik dari pada darah yang tinggi
Faktanya, kedua keadaan tersebut sama berbahayanya untuk kita.

Sekian sahabar RA artikel tentang 8 Mitos Diabetes Yang Keliru, semoga bisa menjadi referensi untuk anda.

Baca artikel terkait:
·         Manfaat Bayam Untuk Kesehatan

Kata kunci: diabetes, penyakit diabetes, mitos diabetes, mitos keliru tentang diabetes, 8 mitos diabetes yang keliru.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "8 Mitos Diabetes Yang Keliru"

Powered by Blogger.