Manfaat Daun Sukun

Selamat siang sahabat ragam. Kali ini yang akan saya bahas mengenai khasiat dan manfaat daun sukun yang luar biasa bagi kesehatan sebagai obat tradisional yang aman dan tentunya kaya akan manfaat untuk mengobati penyakit. Daun sukun adalah daun dari buah sukun (Artocarpus Altilis). Buah sukun sendiri sering dijadikan cemilan yang kaya akan karbohidrat sehingga dapat menambah energi dalam tubuh kita untuk melakukan berbagai aktivitas agar tidak cepat lelah dan lesu. Perlu kita ketahui bahwa buah sukun mempunyai daun yang luar biasa yang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk obat tradisional berbagai macam penyakit.
Khasiat Daun Sukun
Daun Sukun
Kandungan Senyawa Daun Sukun
Daun sukun sebagai obat tentunya mempunyai kandungan senyawa yang membantu untuk proses pengobatan. Lalu apa sajakah kandungan senyawa yang terdapat pada daun sukun tersebut? daun sukun mengandung senyawa kimia seperti asam hidrosionat, tannin, polifenol, artoindosionin dan quercetin. Senyawa artoindosionin dan quercetin merupakan senyawa turunan dari flovonoid yang berfungsi sebagai zat antioksidan dan banyak digunakan sebagai komponen yang aktif dan dalam obat-obatan.

Secara garis besar daun sukun dapat mengobati penyakit kronis, walaupun dalam proses pengobatannya memerlukan jangka waktu yang tidak singkat, namun sedikit demi sedikit penyakit ginjal, asam urat, kolesterol, gula darah dan peradangan dapat disembuhkan. Penyembuhan penyakit memang membutuhkan proses pengobatan. Secara terperinci dapat diuraikan manfaat dan khasiat dari daun sukun antara lain :

·         Obat Penyakit Ginjal
Ginjal adalah organ ekskresi yang terdiri dari sepasang organ kemih yang terletak pada rongga retroperitineal bagian atas dan berfungsi untuk menyaring kotoran dari darah dan membuang sampah hasil metabolisme tersebut dalam bentuk cairan. Ginjal merupakan organ penting, namun jika seseorang terkena penyakit ginjal biasanya berupa pembengkakan atau peradangan yang dapat berakibat fatal bahkan sampai kronis. Tetapi tidak usah khawatir dengan memanfaatkan daun sukun dibuat sebagai teh maka akan mengurangi pembengkakan dan terbukti mengurangi protein dalam urin dan tentunya aman dan bila dilakukan secara teratur maka akan sembuh serta tidak menimbulkan efek samping. Dapat juga memanfaatkan daun salam sebagai obat tradisional penyembuh penyakit ginjal.

·         Mengobati Sakit Jantung
Jantung merupakan organ yang terpenting yang berfungsi mengedarkan darah keseluruh tubuh serta dalam jantung tempat penamungan darah kotor yang kemudian diubah menjadi darah bersih dan dipompa keseluruh tubuh melalui pembuluh darah. Sebuah penelitian oleh Pusat Penelitian Kimia LIPI bersama dengan ahli/pakar lain telah membuktikan bahwa daun sukun mengandung sitosterol dan flavonoidyang yang sangat baik serta bagus untuk kesehatan baik itu jantung maupun pembuluh darah. Metode untuk mengobati sakit jantung dapat dilakukan dengan membuat ramuan kemudian minum sebagai jamu atau bisa juga dibuat sebagai teh.

·         Menurunkan Kadar Kolesterol Darah
Daun sukun juga sangat bermanfaat untuk menurukan kadar kolesterol darah yaitu dengan menyediakan segenggam daun sukun yang  bersih dan telah dikeringkan dan bangle. Kemudian seduh dengan menggunakan air panas dan lakukan seperti anda sedang membuat teh. Lakukanlah hal tersebut setiap hari sampai kadar kolesterol normal dan ingat jangan sampai berlebihan, lakukanlah secukupnya.

·         Obat Untuk Asam Urat
Asam urat merupakan penyakit yang biasanya diderita oleh orang yang sudah berumur 30 tahun keatas. Penyakit ini biasanya menyerang pada persendian yang disertai kesemutan pada kaki, ngilu, linu bahkan membengkak berwarna kemerahan. Penyakit asam urat berbahaya dan merupakan penyakit yang dapat memicu penyakit lain seperti hipertensi, ginjal dan diabetes. Namun tidak usah khawatir bagi penderita asam urat anda dapat mengambil solusi obat tradisional dengan daun sukun yaitu dengan cara menyeduh daun sukun yang sudah kering dan bisa dicampurkan dengan gula batu atau madu untuk mengurangi rasa pahit dari daun sukun dan minumlah.

·         Mencegah Inflamasi dan Peradangan
Ambilah selembar daun sukun kemudian cuci sampai bersih. Rebuslah daun sukun dengan 5 gelas air. Setelah mendidih dan hanya tersisa separuhnya, lalu tambahkan air secukupnya dan saring. Lakukanlah secara rutin.

Daun sukun memang belum banyak digunakan untuk obat tradisional, namun manfaat dan khasiatnya sangat banyak bagi kesehatan. Selain memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa daun sukun juga mudah didapat. Perlu dicatat juga, sebenarnya obat tradisional banyak terdapat di alam, akan tetapi sebagian besar orang belum memanfaatkannya.

Memanfaatkan daun sukun memang tidak menimbulkan efek samping, namun mengkonsumsinya tetap tidak boleh berlebihan. Kita juga tidak boleh mengeksploitasi obat-obatan tradisional dari alam, karena disisi lain kita juga harus menjaga kelestarian lingkungan dan melestarikannya. Oke, sahabat ragam sekian artikel tentang manfaat daun sukun. Semoga bermanfaat, salam ragam dan salam sehat.

Baca artikel terkait:
·         Manfaat Bayam Untuk Kesehatan
·         Efek Samping Kulit Buah Manggis

Kata kunci: daun, manfaat daun, khasiat daun, daun sukun, khasiat daun sukun, manfaat daun sukun, khasiat dan manfaat daun sukun, benefits of breadfruit leaves.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Daun Sukun"

  1. selain enak sukun nya ,,ternyata banyak sekali ya manfaat nya gan,,terimakasih informasinya gan,..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.