Macam-macam Jenis Kanker

Tak akan ada habisnya jika kita membicarakan tentang masalah kanker. Penyakit satu ini merupakan penyakit yang sangat ditakuti hampir semua penduduk di dunia, karena kebanyakan penderita kanker berujung pada kematian. Penyebab utamanya timbul dari pola hidup yang tidak sehat. Seperti merokok, konsumsi makanan cepat saji, diet, mengkonsumsi alkohol, seks bebas, dan masih banyak faktor lainnya. Maka pada kesempatan kali ini, annisa akan memberikan info tentang Macam-macam Jenis Kanker yang dapat menyerang tubuh manusia.

Macam-macam Jenis Kanker
Jenis-jenis Kanker
 Kanker Otak
Kanker otak bisa disebut juga dengan tumor otak (ganas). Kanker ini menyerang bagian otak yang merupakan bagian terpenting dari tubuh. Semua kerja organ tubuh terpusat pada otak dan jika mengalami gangguan sedikit saja maka dapat mempengaruhi seluruh organ tubuh. Gejalanya yakni rasa sakit pada bagian kepala secara terus menerus pada pagi hari namun akan berkurang pada tengah hari, epilepsi, badan lemah, mati rasa pada lengan dan kaki, kesulitan berjalan, sering mengantuk, perubahan tidak normal pada penglihatan, perubahan pada kepribadian, perubahan pada ingatan, dan terasa sulit untuk berbicara.

Kanker Kerongkongan
Kanker ini berawal di sel yang melapisi esofagus (tabung yang membawa makanan dari kerongkongan ke perut) dan biasanya terjadi di bagian bawah kerongkongan, menurut Mayo Clinic. Kanker ini lebih menyerang laki-laki daripada perempuan Amerika antara 2003 dan 2007. Tahun ini kanker kerongkongan akan membunuh 14.500.

Kanker Lidah
Kanker ini merupakan salah satu jenis kanker yang terjadi dalam rongga mulut.  Kanker ini dapat diobati dengan baik dan cepat jika diketahui sejak dini. Penyebabnya yakni karena rokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan. Pada awalnya didapati gambaran daerah putih pada lidah, lama kelamaan membesar dan terjadi luka. Atau bisa juga diawali dengan adanya gambaran merah pada lidah. Gejalanya seperti susah menelan sulit berbicara, pendarahan pada mulut, terdapat benjolan dan luka pada lidah, terjadi penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

Kanker Paru-Paru
Kanker jenis ini merupakan salah satu jenis yang banyak diderita kebanyakan orang dan rokok menjadi penyebab salah satu berkembangnya kanker paru-paru ini. Tingkat penyembuhannya sangat kecil sebab gejalanya baru disadari saat sel kanker telah menyebar ke seluruh tubuh. Kanker paru-paru dibagi menjadi dua jenis yakni primer dan sekunder. Gejalanya batuk secara terus menerus tanpa henti, sering keluar dahak bercampur darah, sering mengalami sakit pada daerah dada, berat badan menurun, dan tak nafsu makan. 

Kanker Payudara
Kanker ini pada umumnya menyerang wanita, biasanya ditandai dengan adanya benjolan diseputar payudara, mengalami penebalan kulit payudara, terjadi perubahan bentuk, sering terasa gatal, puting berwarna kemerahan dan mengeluarkan cairan nanah atau darah, serta rasa sakit meski tidak dalam kondisi menyusui atau menstruasi. 

Kanker Hati dan Saluran Empedu
Kanker hati adalah salah satu jenis kanker yang umum di dunia, namun jarang ditemukan. Menurut penelitian penduduk yang meninggal akibat kanker hati telah mencapai 700 ribu jiwa. Kanker ini terjadi akibat adanya kerusakan yang cukup parah pada organ hati, dan kemudian menyebar ke seluruh bagian hati. Sehingga memicu adanya kanker saluran empedu, yang terjadi di saluran yang membawa empedu dari hati ke usus kecil.

Kanker Ovarium
Kanker ovarium berada di nomor urut 4 penyebab kematian kanker pada wanita antara tahun 2003 dan 2007. Kanker ini akan mudah diobati jika terdeteksi pada tahap awal. Gejala-gejala termasuk ketidaknyamanan perut, desakan untuk buang air kecil dan nyeri panggul. Hampir 14.000 wanita diperkirakan meninggal akibat kanker ovarium pada tahun 2010.

Kanker Serviks Rahim
Kanker ini adalah salah satu momok bagi kebanyakan wanita, selain karena menyerang bagian organ reproduksi wanita kanker ini juga belum ditemukan obatnya. Kemungkinan penderita yang mengalami penyakit ini dapat berakibat kematian gejalanya seperti terjadi pendarahan pada periode datang bulan, keluar darah saat menstruasi yang tidak seperti biasanya dan adanya rasa sakit yang terasa luar biasa. 

Penyakit Kanker Pankreas
Kanker yang satu ini merupakan penyakit yang menyerang bagian pankreas dan merupakan salah satu kanker yang sangat serius. Pankreas akan mengeluarkan enzim yang membantu pencernaan dan hormon-hormon yang membantu mengatur metabolisme karbohidrat. Gejalanya seperti sakit pada bagian perut bagian atas yang dapat menyebar ke punggung bagian tengah atau atas.

Kanker Kolon
Kanker kolon dan rektum adalah kanker yang menyerang usus besar dan rektum. Penyakit ini adalah kanker peringkat 2 yang mematikan. Kanker kolon sebagaimana sifat kanker lainnya, memiliki sifat dapat tumbuh dengan relatif cepat, dapat menyusup atau mengakar (infiltrasi) ke jaringan disekitarnya serta merusaknya, dapat menyebar jauh melalui kelenjar getah bening maupun pembuluh darah ke organ yang jauh dari tempat asalnya tumbuh, seperti ke lever, paru-paru, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian bila tidak ditangani dengan baik. Adapun gejalanya yaitu terjadi pendarahan pada rectum, ada darah pada kotoran, adanya perubahan buang air besar (diare yang terus menerus atau mungkin sulit untuk buang air besar).

Kanker Kandung Kemih
Sel kanker yang tumbuh dan berkembang di kandung kemih, organ yang terletak di area pinggul dan berfungsi untuk menyimpan urin. Gejalanya keluar darah pada saat buang air seni, rasa sakit atau perih pada saat buang air kecil, keseringan atau kesulitan untuk buang air kecil, dan terasa begitu sakit pada daerah kandung kemih.

Limfoma Non-Hodgkin
Kanker ini mempengaruhi limfosit, sejenis sel darah putih, dan ditandai oleh kelenjar getah bening yang lebih besar, demam dan penurunan berat badan. Ada beberapa jenis limfoma non-Hodgkin, dan mereka dikategorikan dari seberapa cepat pertumbuhan sel dan jaringan mana yang diserang. Sekitar 20.000 jiwa akan berakhir hidupnya tahun 2010.

Kanker Prostat
Kanker ini biasanya berkembang secara perlahan pada kelenjar prostat yang berfungsi dalam memproduksi air mani. Penyebarannya melalui kelenjar getah bening yang kemudaian menyebar dalam darah. Kemungkinan sembuhannya tinggi jika terdeteksi sejak dini. Gejalanya yakni seperti kencing tidak lancar, rasa sakit yang terus menerus pada daerah pinggang bagian belakang, daerah penis dan paha bagian atas.

Kanker Testis
Kanker yang menyerang kaum laki-laki ini biasanya ditandai dengan membesar testis atau menyebabkan adanya benjolan di dalam skrotum (kantung zakar). Penyebab dari penyakit ini belum jelas diketahui, dan jika dalam keluarga terdapat riwayat kanker testis, maka resikonya akan meningkat.  Gejala ada benjolan asing pada buah zakar, ukuran penampungan buah zakar yang membesar dan menebal secara mendadak, sakit pada perut bagian bawah, dada membesar atau menjadi lembek. 

Kanker Leukemia (Darah)
Adanya kanker darah menyebabkan produksi sel darah putih berkembang sangat banyak dan sangat membahayakan tubuh. Jenis kanker ini dapat menyerang semua kalangan baik anak-anak hingga orang dewasa. Namun kebanyakan kasus menyerang anak-anak terutama balita yang lahir dengan sistem kekebalan yang rendah. Gejalanya muka terlihat pucat, sering merasa kelelahan yang sangat, penurunan berat badan, mudah terkena infeksi, mudah terluka, rasa sakit pada tulang dan persendian, dan sering mengalami mimisan. 

Kanker Kulit
Kanker yang menyerang kelenjar getah bening dan kemudian menyebar melalui alairan darah ke organ tubuh lainnya. Penyebabnya diduga akibat terkena paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu lama atau akibat banyaknya zat-zat oksidan pada tubuh. Kanker ini lebih mudah menyerang orang yang berkulit putih. Gejalanya ada benjolan keras pada kulit yang menyerupai kutil, sering mengalami infeksi yang tidak kunjung sembuh, adanya bintik-bintik yang berubah warna dan ukuran, timbul rasa sakit pada daerah tertentu, perubahan warna kulit bercak-bercak.


Macam-macam Jenis Kanker di atas memiliki tahapan yang berbeda dan berkembang relatif lama, oleh sebab itu kita harus waspadai sedini mungkin segala bentuk gangguan yang ada pada tubuh kita. Jika terdapat salah satu tanda atau gejala pada tubuh, segeralah untuk memeriksakannya pada dokter ahli. Selain itu lakukan pencegahan berkembangnya kanker ini dengan menerapkan pola hidup sehat dan makan yang bergizi. Hindari segala bentuk makanan yang mengandung bahan kimia terlalu berlebihan dan hilangkan kebiasaan merokok atau minum minuman keras. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah informasi bagi sahabat ragam sekalian.


Kata kunci : Jenis kanker pada manusia, jenis kanker payudara, jenis kanker kulit, jenis kanker otak, jenis kanker paru, jenis kanker pada anak, jenis kanker darah, jenis kanker dan gejalanya, jenis kanker pada wanita, jenis kanker tiroid, macam-macam jenis kanker, gejala kanker, apa saja jenis kanker itu, jenis kanker yang paling berbahaya, cara mengatasi kanker, pengobatan kanker, tanda-tanda terdapat kanker pada tubuh.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Macam-macam Jenis Kanker"

  1. ternyata macam macam kanker itu banyak sekali ya gan,, terimakasih sangat bermanfaat sekali gan,,

    ReplyDelete
  2. ngeri banget gan , penyakit kanker ternyata banyak dan berbahaya semua , terimakasih untuk artikel nya , sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan saya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.