Resep Olahan Mengkudu Enak Tanpa Bau

Sudah kita ketahui pada artikel sebelumnya tentang Kandungan Luar Biasa dari Mengkudu yang sangat luar biasa. Mungkin diantara sahabat ragam ada yang berniat untuk mencoba, namun tertahan karena bau busuk yang sangat menyengat. Sehingga kebanyakan orang memilih ekstrak mengkudu dibanding dengan mengkonsumsinya secara langsung. Padahal kemasan dalam bentuk ekstrak membuat beberapa komponen serta nutrisi dalam mengkudu menjadi menghilang atau terbuang. Untuk itu, alangkah lebih baiknya jika kita mengkonsumsinya secara langsung. Naah berikut beberapa Resep Olahan Mengkudu Enak Tanpa Bau yang dapat sahabat ragam coba di rumah.

Resep Olahan Mengkudu Enak Tanpa Bau
Cara Membuat Jus Mengkudu
Jus Mengkudu dengan Buah Nangka

Bahan:
200 gram buah mengkudu
200 gram daging buah nangka
1 gelas air
2 sdm air perasan jeruk nipis
2 sdm air perasan jeruk purut
2 sdm gula pasir
2 sdm madu
Es serut secukupnya

Cara membuat :
Iris buah mengkudu kecili-kecil dan lumuri dengan air perasan jeruk nipis.  Tambahkan air dan blender sampai benar-benar halus. Setelah itu pisahkan air dengan ampas menggunakan saringan. Masukkan kembali jus yang telah tersaring tersebut dan blender kembali dengan bahan yang lain. Tuangkan ke dalam gelas dan minum segera, karena jika disimpan terlalu lama baunya akan kembali.

Jus Mengkudu dengan Anggur

Bahan :
3 buah mengkudu yang berwarna kekuningan namun belum berbau
200 gr buah anggur
2 sdm sirup
Gula merah secukupnya
2 sdm madu
1 gelas air
Es secukupnya

Cara membuat :
Pertama pisahkan mengkudu yang telah dikupas dengan bijinya, Langkah kedua potong-potong menjadi beberapa bagian. Masukkan semua bahan-bahan ke dalam mesin blender. Kemudian blender sampai halus. Jika sudah, saring terlebih dahulu jus agar terpisah dari ampas dan jus mengkudu pun siap untuk di sajikan.

Jus Mengkudu dengan Buah Apel

Bahan-bahan :
2 buah mengkudu yang sudah matang namun belum berbau
200 gr buah apel
3 sdm madu sebagai pemanis
1 sdm gula pasir
1 gelas air
Es secukupnya

Cara membuat :
Kupas mengkudu dan buanglah bijinya. Masukkan semua bahan ke dalam blender. Blender sampai halus, lalu saring terlebih dahulu sehingga tidak tercampur dengan apasnya. Tuang ke dalam gelas dan jus mengkudu siap dinikmati.


Jus Mengkudu dengan Rempah

Bahan Jus :
2 buah mengkudu yang matang namun belum berbau
2 gelas air

Bahan Sirup Rempah :
1 rimpang kunyit
1 rimpang jahe merah
1 batang serai yang sudah dimemarkan
½ jari kayu manis
2 helai kembang pala
7 butir kapulaga yang dihaluskan
2 sdm gula pasir
3 gelas air matang

Cara Pembuatan :
Rebus semua bahan rempah dengan api kecil, hingga tersisa 2 gelas saja. Tambahkan gula lalu aduk hingga larut, angkat dan tunggu sampai dingin. Jika sudah langkah selanjutnya blender buah mengkudu sampai halus kemudian saring. Campurkan sirup rempah dengan jus mengkudu ke dalam 1 wadah. Aduk hingga rata dan minuman berkhasiat pun siap disajikan.

Resep Wedang Mengkudu

Bahan :
2 kg mengkudu
4 cm kunyit putih
2 cm lengkuas
4 cm kayu manis
3 butir biji cengkeh
2 liter air bersih

Cara membuat :
Potong-potong mengkudu  menjadi beberapa bagian, lalu rendam selama setengah jam. Ambil kunyit putih, cuci bersih dan kupas kulitnya kemudian masukkan ke dalam panci bersama 2 liter air. Masukkan potongan mengkudu yang sudah direndam sebelumnya, rebus sampai airnya tersisa hanya satu liter. Masukkan kayu manis dan cengkeh, aduk-aduk dan rebus beberapa saat dengan api kecil. Angkat, lalu saring air rebusan tadi. Diamkan beberapa saat hingga air menjadi jernih. Wadang mengkudu pun siap disajikan.

Itulah beberapa Resep Olahan Mengkudu Enak Tanpa Bau yang dapat sahabat ragam coba dirumah. Mengolah sendiri mengkudu lebih baik dibanding dengan mengkonsumsi dalam bentuk ekstrak. Namun bagi penderita kelainan fungsi jantung tidak dianjurkan untuk mencoba, sebab efek samping dari olahan mengkudu ini dapat menyebabkan denyut jantung meningkat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda sekalian.


Kata kunci : Resep olahan mengkudu, resep mengkudu untuk diabetes, resep mengkudu untuk obat, resep mengkudu sebagai obat, resep mengkudu untuk darah tinggi, resep rujak mengkudu, resep juice mengkudu, resep masakan mengkudu, resep tradisional mengkudu, resep puding mengkudu,cara membuat jus mengkudu, cara mengolah mengkudu tanpa bau, jus mengkudu untuk kesehatan, apa manfaat jus mengkudu, khasiat mengkudu, manfaat mengkonsumsi mengkudu.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Resep Olahan Mengkudu Enak Tanpa Bau"

Powered by Blogger.