Manfaat Melati untuk Kesehatan dan Kecantikan

Melati atau jasmine merupakan salah satu jenis bunga yang sering dimanfaatkan dalam campuran teh, sebagai hiasan pengantin dan juga sebagai bahan utama dalam produk kecantikan seperti lulur, sabun, parfurm, dll. Bunga melati sangat terkenal dengan wanginya, bahkan 3 bunga melati segar mampu membuat sebuah ruangan menjadi wangi. Manfaat bunga melati memang sangat banyak, untuk itu kali ini kita akan membahas tentang apa saja Manfaat Melati untuk Kesehatan dan Kecantikan ?

Sejak jaman dahulu melati telah digunakan sebagai obat herbal yang mampu menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. tak hanya bunga, batang dan daun melati pun ternyata juga memiliki manfaat yang banyak.

Penelitian menyebutkan, melati mengandung banyak senyawa kimia alami yang serupa dengan minyak eteris, seperti indole, linalcohol, asetat benzilic, alkohol benzilic, livalylacetaat, dan jasmon. Selain itu melati juga mengandung senyawa antioksidan. Telah kita ketahui dari artikel sebelumnya, jika antioksidan sangatlah penting untuk tubuh guna melawan serangan radikal bebas sebagai sumber penyakit. Studi penelitian menunjukkan bahwa teh melati dapat memperbaiki serta melindungi kerusakan sel darah merah yang disebabkan oleh radikal bebas tersebut.


Manfaat Melati untuk Kesehatan dan Kecantikan

Mengobati Sesak Nafas
Untuk anda yang sering mengalami sesak napas ramuan bunga melati dipercaya dapat mengobatinya. Caranya cukup dengan merebus 20 lembar daun melati dan garam secukupnya ke dalam 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas. Sesudah itu minumlah air rebusan tersebut dua kali sehari pagi dan sore hari.

Mengobati Demam dan Sakit Kepala
Melati juga dapat digunakan sebagai obat penurun demam dan sakit kepala. Caranya segenggam daun melati diremas-remass hingga hancur bersama dengan 10 kantum bunga melati. Setelah itu rendam dengan menggunakan air. Air rendaman tersebut gunakanlah untuk mengompres dahi.

Mengobati Sengatan Lebah atau Serangga
Ketika anda atau seseorang terkena sengatan hewan serangga, maka yang perlu dilakukan yakni siapkan segenggam bunga melati dan remas-remaslah hingga layu. Setelah itu tempelkan remasan bunga melati ke bagian tubuh yang disengat tersebut.

Mengobati Sakit Mata
Jika anda mengalami sakit mata baik karena iritasi maupun virus, baiknya siapkan segenggam bunga melati yang telah diremas-remas hingga halus . Kemudian ditempelkan pada dahi diatas mata. Apabila sudah kering segera ganti dengan yang baru.

Campuran bunga melati yang terdapat pada teh hijau dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan, karena kandungan antioksidan dan Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang bekerja efektif dalam proses pembakaran lemak.

Mencegah Kolesterol
Meminum teh melati setiap hari dipercaya dapat mengatasi kolestrol jahat dalam tubuh, yang merupakan salah satu penyebab terjadinya seranganjantung dan stroke.

Satu cangkir teh melati dipercaya akan mencegah penuaan dini karena kandungan antioksidannya yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas penyebab kulit berkerut dan kering.

Membuat Rambut Menjadi Kuat
Melati dapat dijadikan sebagai vitamin atau tonic untuk menjaga kekuatan akar rambut dari kerontokan. Caranya siapkan 14 bunga melati, 6 daun mangkokan, 2 pandanwangi, 6 daun urang aring, 1 cangkir minyak kelapa, 50 ml minyak wijen, 10 gram kemiri, 2 bunga mawar, dan 4 liter air. Pertama panaskan minyak kelapa dan minyak wijen dalam 1 tempat. Selanjutnya tumbuk semua daun hingga benar-benar halus, sedangkan untuk bunga melati cukup dicacah kecil-kecil. Langkah terakhir yakni campurkan semua bahan dan panaskan diatas api kecil selama 20 menit. Air rebusan tersebut disaring dan didinginkan. Jika sesudah, oleskan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat halus. Lakukan perawatan ini sehari dua kali sebelum mandi.

Mengatasi Insomnia
Bagi penderita insomnia, cucilah akar bunga melati sebanyak satu sampai satu setengah gram hingga bersih. Tumbuk akar bunga melati tersebut sampai halus, lalu tambahkan air secukupnya. Jika sudah saring dan minumlah sampai habis.

Mengobati Stress
Aroma melati sangat bermanfaat untuk menghilangkan stres. Ini membantu mengurangi kecemasan dan ketegangan. Hal ini juga dapat mengurangi gejala nyeri, sakit kepala dan nyeri otot. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa aroma melati dapat menurunkan denyut jantung dan menghasilkan efek menenangkan dan efek tenang pada semua indera.

Menyeimbangkan Gula Darah
Teh bunga melati juga mempunyai khasiat menyeimbangkan gula darah dalam tubuh manusia. Untuk penderita diabetes sebaiknya mengonsumsi teh bunga melati tanpa menggunakan gula.
Mengobati Flu
Melati mempunyai sifat sebagai antivirus serta antibakteri yang sangat membantu di dalam pencegahan virus influenza. Bila anda mengalami gejala flu, cukup dengan menyeduh bunga melati dengan sedikit gula.


Melati dapat membantu anda dalam mengatasi jerawat. Caranya siapkan bunga melati, belerang, serta air jeruk nipis. Cuci bersih semua bahan, kemudian tumbuk hingga halus dan tambahkan perasan jeruk nipis. Jika sudah oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat, diamkan selama 10 - 20 menit lalu bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini sehari dua kali.

Membuat Masker Tubuh
Cara membuat masker tubuh dengan bunga melati yaitu pertama tumbuk halus segenggam bunga melati dengan ditambahkan air mawar atau minyak zaitun. Setelah itu oleskan tumbukan bunga melati pada bagian tubuh dengan merata dan diamkan 15-20 menit. Bilas tubuh hingga bersih, untuk memberikan hasil kulit yang cantik dan bersih anda dapat melakukannya 2-3 kali seminggu.

Mengobati Radang Usus
Bunga melati juga mempunyai khasiat untuk penyakit usus seperti timbulnya radang di usus. Caranya rebus bunga melati dengan 3 gelas air, hingga tersisa 1 gelas saja. Minumlah air rebusan tersebut dua kali sehari.

Mengobati Demam Berdarah
Penyakit demam berdarah ternyata dapat disembuhkan juga dengan melati lho. Caranya rebus 7 lembar daun melati dan 1,25 gram belimbing ke dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin minumlah air rebusan tersebut sampai habis. Cara ini dilakukan dalam 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas per hari.

Mengobati Radang Ginjal
Peradangan pada ginjal bisa ditandai dengan adanya perubahan warna urine menjadi lebih pekat. Hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi air rebusan daun melati. Caranya, sediakan 15 lembar daun melati kemudian dicuci bersih. Rebus daun melati tersebut dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Minum air rebusan daun melati tersebut secara rutin sampai warna urine kembali normal.

Mengatasi ASI yang Berlebih
Untuk mengontrol produksi ASI yang berlebihan, dapat dengan cara menumbuk 1 genggam daun melati sampai halus. Tempelkan ramuan tersebut pada sekitar buah dada. Lakukan secara rutin setiap pagi sebelum mandi.

Menghilangkan Bau Badan
Melati juga sangat ampuh dalam menghilangkan bau badan. Caranya, siapkan 30 kuntum bunga melati yang telah dicuci hingga bersih. Lalu masukkan ke dalam gelas berisi air matang, tutup dengan plastik yang dilubangi kecil-kecil, embunkan semalaman. Setelah itu minum setiap pagi selama 5 hari berturut-turut.

Demikan di atas ulasan tentang Manfaat Melati untuk Kesehatan dan Kecantikan. Semoga dapat bermanfaat untuk sahabat ragam sekalian.


Kata kunci : Khasiat bunga melati, khasiat melati untuk kesehatan, khasiat melati untuk mengobati katarak, khasiat melati cina, khasiat melati untuk kecantikan, khasiat melati untuk kulit, khasiat melati putih, khasiat melati jepang, khasiat akar melati ,khasiat daun melati buat kesehatan, manfaat dari bunga melati, manfaat daun melati untuk obat, ramuan menggunakan melati, kandungan melati, cara membuat ramuan melati.

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Manfaat Melati untuk Kesehatan dan Kecantikan"

  1. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuanya.semoga selalu menjadi bagi semuanya. salam sukses selalu.Amin
    htt://karanganbungapapanblog.wordpress.com
    0812.4912.3012

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuanya.semoga selalu menjadi bagi semuanya. salam sukses selalu.Amin
    htt://karanganbungapapanblog.wordpress.com
    0812.4912.3012

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuanya.semoga selalu menjadi bagi semuanya. salam sukses selalu.Amin
    htt://karanganbungapapanblog.wordpress.com
    0812.4912.3012

    ReplyDelete

Powered by Blogger.