Luar Biasa!! Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Ragam Manfaat dan Khasiat Alam - Manfaat Buah naga untuk Kesehatan Tubuh. Mungkin sebagian orang mengira kalau buah berwarna merah muda pada bagian kulit luarnya ini berasal dari daratan Cina. Tapi jangan salah sahabat RRA, buah dengan nama latin Hylocereus polyrhizus ini ternyata berasal dari Amerika Tengah dan menyebar hingga ke Asia Tenggara.
Buah ini dinamakan Buah naga karena  dalam sebuah tradisi di Cina buah ini diletakkan diantara dua ekor patung naga. Di Indonesia sendiri, buah ini masih tergolong baru. Namun manfaat buah naga yang begitu besar bagi kesehatan, menjadikan buah naga sangat populer dalam waktu singkat langsung dikenal masyarakat.
Buah naga merah mengandungi protein, serat, karotin, kalsium, zat besi, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin C. Kandungan nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa Manfaat buah naga untuk Kesehatan Tubuh:

1. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi pada buah ini sangat baik dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi kita. Mengkonsumsi buah ini secara teratur sangat baik bagi para manula karena dapat mencegah osteoporosis dan tulang keropos.

2. Mencegah diabetes

Terkait dengan diabetes, buah ini dapat membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Selain itu kadar gula yang terkandung didalamnya juga sangat kecil sehingga sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit diabetes.

3. Menghambat penuaan dini

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah naga membantu menjaga tubuh kita dari radikal bebas, sehingga mampu menghambat proses penuaan dini. Zat anti oksidan yang dimiliki buah naga dipercaya sama tingginya dengan zat antioksidan yang terkandung pada buah apel.

4. Mencegah Kanker

Selain mencegah penyakit kanker, dengan kandungan vitamin kompleks yang dimiliki buah naga, buah ini banyak direkomendasikan oleh dokter sebagai buah terapi penyembuhan kanker.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan vitamin B3 yang terkandung dalam buah ini, jika dikonsumsi secara teratur mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Selain itu buah naga juga dapat menyembuhkan penyakit batuk dan asma hingga dapat mengatasi tekanan darah tinggi

6. Menghaluskan kulit

Dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi, buah naga merah membantu menjaga kesehatan kulit, bahkan buah dan kulitnya juga bisa digunakan sebagai bahan lulur. Dalam kebudayaan Tionghoa, buah naga juga dipercaya dapat menghaluskan kulit wajah sehingga membuat seseorang akan terlihat lebih cantik

7. Meningkatkan kekebalan tubuh dan Stamina

Dengan kandungan antioksidan dan vitaminnya. Buah naga dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai macam penyakit dan sangat baik untuk menjaga stamina tetap fit.

8. Meningkatkan nafsu makan

Mengkonsumsi buah naga dipercaya bisa menaikan nafsu makan. Hal ini dikarenakan di dalam buah naga terkandung vitamin B1 dan B2 yang merupakan bahan baku suplemen untuk penambah nafsu makan.

9. Menghambat pertumbuhan sel Tumor

Ekstrak daun dan kulit buah naga dapat meningkatkan kelenturan pembuluh darah dan menghambat pertumbuhan sel tumor.


Cara Memilih Buah naga
Untuk mendapatkan buah naga merah yang berkualitas baik (meskipun ada juga buah naga kuning), sahabat RRA dapat menggunakan pedoman berikut ini:
Kebun Buah Naga
Kebun Buah Naga
  1. Periksalah kulit luar buah naga. Pilihlah Buah naga yang memiliki warna merah muda cerah dan mulus. Hindari memilih buah naga yang memiliki noda-noda kotor, memar, atau bekas pisau. Dan carilah buah naga yang warnanya merata.
  2. Sentuh batang buah naga. Batang yang empuk menunjukkan bahwa buah naga tersebut sudah matang.
  3. Periksa juga daun atau kelopak yang menutupi kulit buah naga. Pilihlah yang berwarna cerah tanpa ada warna kecoklatan pada ujung-ujungnya.
  4. Buah naga yang sudah matang juga bisa diukur dari kekenyalan dagingnya. Tekan jari Anda ke dalam kulit buah naga, jika terlampau keras berarti buah itu belum matang.
  5. Cium aroma buah naga. Jika anda mencium aroma tropis yang ringan artinya daging di dalam kulit buah naga itu telah matang dan manis.
  6. Tempatkan buah naga yang sudah anda beli pada suhu kamar untuk memastikan kematangannya. Atau jika buah naga sudah matang, anda dapat menyimpannya di dalam kulkas selama lima hari.
Sekian sedikit ulasan mengenai Manfaat Buah naga untuk Kesehatan Tubuh, semoga artikel ini dapat berguna bagi para pembaca semuanya. (Baca juga: manfaat buah apel bagi kesehatan)

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Luar Biasa!! Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh"

Powered by Blogger.