Manfaat Daun Kecubung

Sore sahabat Ragam Alami, kali ini saya akan membahas tentang Khasiat dan Manfaat Daun Kecubung. Kecubung atau yang memiliki nama ilmiah Datura metel L ini merupakan tanaman yang banyak ditemui di daerah yang berhawa sejuk. Selama ini, tanaman Kecubung sering disalahgunakan sebagai tanaman yang memabukkan. Hal ini karena tanaman Kecubung memiliki sifat anastesi. Nah, tidak sampai di situ saja, tanaman ini ternyata sering dijadikan sebagai obat pembius juga! Ngeri bukan. Tanaman Kecubung memiliki bunga yang berbentuk seperti Terompet. Bunga yang berwarna putih adalah bunga yang paling beracun dibandingkan dengan jenis bunga yang lainnya, karena tumbuhan ini mempunyai kandungan Metil Kristalin dengan sifat mampu menenangkan otot lurik.
Manfaat Khasiat Kandungan Senyawa Daun Kecubung
Kecubung
Meskipun tanaman ini dipandang hanya menimbulkan dampak negatif saja, namun ternyata ada juga lho dampak positif dari tanaman Kecubung. Diantaranya mampu menyembuhkan sakit gigi, dan juga meredakan gejala asma. Bahkan sejak zama dahulu, orang-orang di Tiongkok sering memanfaatkan tanaman Kecubung sebagai obat flu, karena memiliki sensasi hangat dan pedasnya.

Kecubung mampu meredakan gejala asma. Hal ini terjadi karena Kecubung mengandung senyawa Hipociamin dan Skopolamin yang memiliki kemampuan antikholinergik. Senyawa golongan Alkaloida yang terdapat di dalam tanaman Kecubung juga bisa melonggarkan saluran pernafasan yang menyempit karena asma. Kandungan Alkaloida ini bisa anda temukan di setiap bagian dari tanaman Kecubung, termasuk daunnya.

Kecubung juga bisa digunakan sebagai obat tradisional seperti berikut:

1.Mengobati Sakit Pinggang dengan Daun Kecubung
Langkah pertama, ambil 10 lembar daun Kecubung. Setelah itu, tumbuk bersama dengan kapur sirih sampai menjadi halus. Nah, untuk penggunaannya, tempelkan hasil tumbukan tadi pada pinggang yang sakit. Lakukan kegiatan ini secara rutin 2 sampai 3x sehari, sampai rasa sakit anda hilang.

2.Membasmi Ketombe dengan Daun Kecubung
Siapkan 7 lembar daun Kecubung dan juga 5 sendok makan minyak kelapa. Kemudian, masukkan kedua bahan tersebut ke dalam sebuah botol, lalu tutup dan jemur di bawah sinar matahari selama seminggu. Setelah 1 minggu, oleskan ramuan tadi ke kulit kepala anda 2x sehari.

3.Mengobati Rematik dengan Daun Kecubung
Langkah pertama, sediakan 14 daun Kecubung yang masih segar. Kemudian, rajanglah daun kecubung tersebut, lalu jemur. Tunggu sampai daun-daun tersebut kering. Baru setelah kering, campurkan dengan 10 sendok makan minyak kelapa. Simpan racikan tersebut selama 3 hari. Setelah disimpan selama 3 hari, peras dan pisahkan minyaknya. Selanjutnya, hangatkan dan gosokkan pada bagian tubuh anda yang terkena rematik.

Nah, ternyata tanaman Kecubung yang selama ini terkenal dengan konotasi negatifnya ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan juga. Namun harus anda ingat, pemakaian tanaman Kecubung ini haruslah sebagai obat luar, dan harus dengan anjuran dari dokter maupun ahli herbal lainnya. Sekian artikel mengnai Manfaat Daun Kecubung, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda.

Baca artikel terkait:
·         Khasiat dan Manfaat Buah Sawo


Kata kunci: manfaat daun, khasiat daun, daun kecubung, khasiat dan manfaat daun kecubung, manfaat dan khasiat daun kecubung, benefits of amethyst leaves.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Manfaat Daun Kecubung"

  1. wah ternyata daun kecubung itu banyak sekali ya gan,,terimaksih informaisnya gan..

    ReplyDelete
  2. yang saya tau bila mengonsumsi daun kecubung itu bisa membuat orang gak sadarkan diri gan , tapi ternyata bermanfaat juga ya untuk obat ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.