Khasiat dan Manfaat Daun Pandan Wangi

Selamat Pagi sahabat Ragam Alami, kali ini saya akan membahas tentang Khasiat dan Manfaat Daun Pandan Wangi. Pandan Wangi, ya nama tanaman yang satu ini pastinya sudah sangat tidak asing di telinga kita. Mengkonsumsinya pun pasti kita sudah sering. Tanaman yang memiliki nama ilmiah Pandanus Amaryllifolifus ini sering digunakan sebagai zat pewarna alami untuk pembuat makanan dan minuman. Tanaman Pandan Wangi termasuk ke dalam keluarga Pandanaceae. Selain sering digunakan sebagai zat pewarna alami, tanaman ini juga digunakan sebagai penguat aroma untuk berbagai jenis masakan. Kita bisa dengan mudah menemukan tanaman yang satu ini di pekarangan rumah, karena cara perkembangbiakannya yang cukup mudah. Cukup dengan memisahkan tunas baru dari rumpunnya yang tumbuh diantara akar-akar, dan kemudian menanamnya di tempat yang baru. Dan pastikan juga agar tanaman Pandan Wangi tumbuh di daerah yang lembab dan teduh, karena ia sangat menyukai tempat dengan karakteristik seperti itu. Namun, tahukah anda kalau ternyata tanaman Pandan Wangi ini mempunyai banyak sekali khasiat dan manfaat di dunia kesehatan sebagai obat tradisional? Di artikel ini, saya akan membahasnya, jadi bersiap-siaplah untuk mengetahui kehebatan dari tanaman Pandan Wangi!
Khasiat manfaat daun pandan wangi kesehatan kecantikan
Daun Pandan Wangi
Kandungan Senyawa Pandan Wangi

Tanaman Pandan Wangi memiliki bermacam kandungan senyawa, antara lain : Saponin, Polifenol, Alkaloida, Tanin, Zat warna, dan Flavonoida.

Pengobatan Tradisional dengan Pandan Wangi

1. Menambah Nafsu Makan
Langkah pertama, ambillah 2 lembar daun pandan. Kemudian cuci sampai bersih, lalu potong kecil-kecil. Selanjutnya, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya. Kemudian saring, dan minum ramuan ini 2x sehari secara teratur.

2. Mengatasi perasaan gelisah
Cuci 2 lembar daun pandan sampai bersih, kemudian iris tipis-tipis. Setelah itu, seduh dengan 1 gelas air mendidih. Setelah agak dingin, saring, kemudian minum sekaligus. Lakukan kegiatan ini 2-3x sehari sampai perasaan anda menjadi tenang kembali.

3. Mengobati Pegal Linu
Siapkanlah 5 lembar daun pandan, serta 20 lembar daun serai. Setelah itu, cuci sampai bersih, kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan minyak gandapura, lalu aduk sampai merata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok dan mengurut pada bagian tubuh yang sakit.

4. Mengobati Lemah Syaraf
Cuci 3 lembar daun pandan sampai bersih, lalu potong-potong. Rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, barulah anda minum airnya. Lakukan kegiatan ini 2x sehari, di pagi dan sore hari. Tiap kali minum cukup 1 gelas saja.

5. Mengobati Rematik
Cuci 3 lembar daun pandan sampai bersih, lalu potong-potong menjadi beberapa bagian. Kemudian seduh dengan ½ cangkir minyak kelapa yang sudah di didihkan, lalu aduk sampai merata. Setelah dingin, barulah gunakan ramuan ini untuk mengurut bagian tubuh yang sakit.

6. Menghitamkan Rambut
Cuci 7 lembar daun pandan sampai bersih, lalu potong kecil-kecil. Rebus dengan 1 liter air, sampai warnanya berubah menjadi hijau. Setelah itu, embunkan selama semalaman. Pada keesokan harinya, tambahkan ramuan tadi dengan perasan air 3 bauh mengkudu yang sudah masak. Gunakan ramuan ini untuk keramas. Lakukan kegiatan ini secara rutin, 3x seminggu.

7. Mengatasi Rambut Rontok
Siapkan 1 lembar daun pandan, 10 lembar daun waru muda yang masih segar, 1 genggam daun urang aring, 5 lembar daun mangkokan, 10 kuntum bunga melati, serta 1 kuntum bunga mawar. Cuci semua bahan di atas sampai bersih. Kemudian rebus dengan tambahan ½ cangkir minyak kelapa, minyak wijen, serta minyak kemiri ke dalam panci aluminium. Setelah itu, saring. Untuk menggunakan ramuan ini, oleskan pada rambut dan juga kulit kepala secara merata pada malam hari sebelum tidur, lalu bungkus dengan menggunakan handuk hangat. Pada keesokan harinya, bilaslah dengan menggunakan air dingin, dan keramaslah seperti biasanya. Lakukan kegiatan ini 2-3x seminggu.

8. Menghilangkan Ketombe
Cuci 7 lembar daun pandan sampai bersih, lalu potong dan blender agar halus. Kemudian, tambahkan ½ cangkir air bersih, lalu remas-remas. selanjutnya saring, dan gunakan untuk membersihkan rambut serta kulit kepala. Biarkan sampai kering dengan sendirinya, lalu bilas dengan air bersih dan keramaslah seperti biasanya. Lakukan kegiatan ini secara rutin.

9. Mengobati Lemah Syahwat
Cuci 3 lembar daun pandan sampai bersih, lalu potong kecil-kecil. Rebus dengan 4 gelas air sampai bersih sampai tersisa setengahnya. Minum ramuan ini 2x sehari, pada pagi dan sore hari masing-masing 1 gelas saja.

10. Mengobati Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Rebus beberapa lembar daun pandan dengan 3 gelas air. Setelah airnya tersisa 2 gelas, saringlah. Minum ramuan ini 2x sehari, pada pagi dan sore hari.

Untuk bisa mendapatkan kesembuhan atau hasil yang maksimal, maka rutinlah mengkonsumsi resep obat tradisional di atas sesuai dengan petunjuk ahli herbal. Sekian artikel mengenai Khasiat dan Manfaat Daun Pandan Wangi sebagai obat tradisional untuk kesehatan. Semoga bisa menjadi referensi bagi anda.

Baca artikel terkait:
·         20 Manfaat Bunga Lili

Kata kunci: khasiat daun pandan, manfaat daun pandan, kandungan daun pandan, khasiat dan manfaat daun pandan wangi untuk kesehatan, obat tradisional daun pandan, obat alternatif daun pandan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Khasiat dan Manfaat Daun Pandan Wangi"

  1. ternyata daun pandan wangi itu bukan hanya untuk kue ya gann untuk kesehatan pun banyak ya gan,,

    ReplyDelete

Powered by Blogger.