Gejala dan Ciri-Ciri Penyakit Tumor

Selamat siang sahabat ragam, kali ini akan membahas tentang Penyakit Tumor. Pembahasan dalam artikel ini meliputi pengertian penyakit tumor, penyebab penyakit tumor, jenis-jenis penyakit tumor, dan gejala penyakit tumor. Tumor adalah penyakit yang dapat digolongkan penyakit yang berbahaya bahkan sangat berbahaya, pada umumnya orang yang sudah mengidap penyakit tumor dalam jangka yang cukup lama tidak bisa bertahan hidup. Tumor secara umum adalah jaringan sel liar berupa benjolan atau pembengkakan yang tidak normal dibagian tubuh atau secara khusus dapat diartikan benjolan yang disebabkan oleh neoplasma. Penyakit tumor sendiri juga disebut sebagai neoplasma. banyak yang mengartikan bahwa tumor dan kanker adalah sama dan ada juga yang menganggap berbeda namun gejalanya sama, yaitu sama-sama benjolan. Contohnya tumor otak dan tumor payudara orang-orang sering menganggap sama dan memang gejala dan penyakitnya sama maka dari itu kita anggap sama dan bedanya hanyalah opini-opini masyarakat.
Penyakit Tumor
Penyakit Tumor
Penyebab Penyakit Tumor

Penyebab tumor adalah neoplasma maka digolongkan tumor neoplasma namun tumor juga digolongkan tumor non neoplasma misalnya seperti hipertrofi, radang dan kista. Menurut sifat biologisnya tumor atau neoplasma digolongan menjadi dua yaitu tumor jinak (benigna) dan tumor ganas (maligna).

Pertumbuhan tumor jinak lambat dan biasanya berkapsul sehingga mudah dibedakan dengan jaringan sekitarnya karena berbatas tegas. Pembesaran tumor akan menekan jaringan tetangganya dan dapat menyebabkan obtruksi atau atrofi. Hal ini dapat berakibat fatal jika terjadi pada bagian tubuh yang penting, misalnya otak yang menyebabkan terjadinya penyakit tumor / neoplasma pada otak. Namun sebelumnya pasti sahabat ragam masih bingung mengapa sama halnya antara tumor dan kanker? Penjelasannya yaitu berasal dari tumor jinak, tumor jinak atau benigna atau bisa disebut bibit dari tumor ganas (maligna) karena tumor jinak jika tidak ditindak lanjuti secara medis atau dibantu dengan obat-obatan baik tradisional maupun berbahan kimia. Tumor jinak itu akan berkembang dan terus berkembang sampai menjadi tumor ganas dan tumor ganas inilah yang disebut dengan kanker. Sebenarnya tumor jinak tidak terlalu berbahaya karena tidak menyusup kedalam jaringan-jaringan tubuh lain, dia hanya menekan jaringan yang ada disekitarnya, tetapi perkembangannya yang perlu diperhatikan dan sebaiknya dicegah sejak dini karena pertumbuhannya dapat menjadi kanker atau tumor ganas dan pada umumnya jika seseorang sudah terkena kanker atau tumor ganas dapat berakibat fatal.

Jenis-Jenis Penyakit Tumor Dan Gejalanya

Terkadang jenis-jenis penyakit tumor diberi nama sesuai dengan asal jaringan yang ditumbuhi bibit tumor, sebagai contoh:
·         Fibroma berasal dari jaringan ikat fibrosa
·         Khondroma berasal dari jaringan tulang rawan
·         Adenoma berasal dari jaringan kelenjar.

Jika suatu tumor memiliki bentuk seperti embrio, maka disebut sebagai balstoma. Lapisan embrio jaringan tumor juga berbeda-beda, jika terdiri dari 2 lapisan embrio maka disebut karsinosarkooma, sedangkan yang terdiri dari tiga lapis jaringan embrio yaitu disebut teratoma. Penyakit tumor ada berbagai macam yang menyerang berbagai organ tubuh yang sangat penting, berikut beserta gejalanya:

1.      Penyakit Tumor Otak
Tumor otak merupakan penyakit tumor yang paling berbahaya dan dapat menyerang sejak masa masih remaja, bahkan anak-anak kemungkinan bisa terserang dan masih berupa bibit. Banyak orang yang telah meninggal karena tumor otak, jika tumor otak sudah mulai membesar, biasanya seseorang yang menderita penyakit tersebut akan sering pusing yang tiba-tiba, gejala ini dapat dikategorikan sebagai tumor ganas pada otak atau kanker otak. Gejala tumor otak pada umumnya yaitu sakit kepala secara mendadak dan tidak biasanya dialaminya, epilepsi secara tiba-tiba dan sebelumnya tidak pernah dialaminya atau kejang-kejang, perubahan kepribadian yang cukup aneh serta terkadang sulit untuk melakukan gerakan-gerakan dengan posisi yang benar. Gejala ini disebabkan karena pada dasarnya otak memiliki ruang khusus dan tidak cukup luas apabila tumor semakin berkembang dan maka otak akan bergeser serta pergeseran inilah yang akan menimbulkan efek yang luar biasa sakitnya.

2.      Penyakit Tumor Payudara
Tumor payudara adalah tumor yang menyerang pada perempuan dimana terdapat benjolan yang aneh pada payudara tersebut dan menyerang jaringan-jaringan payudara seperti jaringan kelenjar susu  jaringan pembuat air susu), saluran air susu ( kelenjar air susu), serta jaringan penunjang payudara. Kanker atau tumor payudara ternyata bisa juga menyerang kaum pria namun tidak terlalu banyak diketahui, namun pada perempuan bisa terserang untuk wanita yang berumur 40 tahun keatas namun sebaiknya berhati-hatilah, karena untuk usia yang masih remajapun bisa terkena kanker payudara. Gejalanya yaitu bentuk yang berbeda dengan payudara namun pada bagian khusus yang terdapat benjolan akan terasa keras dan perlu dilakukan operasi pembedahan jika sudah terbentuk, sebaiknya jika ada sesuatu yang agak berbeda dengan payudara segera lakukan pemeriksaan sebelum menyerang jaringan-jaringan lain dan lakukan pengobatan dengan obat-obatan tradisional supaya lebih aman.

3.      Penyakit Tumor Rahim atau Kanker Rahim
Kanker rahim hanya terjadi pada wanita remaja keatas atau sudah memasuki usia produktif. Gejala tumor rahim pada wanita ditandai dengan adanya pendarahan secara tiba-tiba atau pada saat haid mengeluarkan darah yang tidak biasa atau terlalu banyak, sedangkan gejala lainnya yaituseperti keluarnya cairan yang tidak normal dari vagina, sering mengalami nyeri pada saat awal siklus haid, perut terasa tertekan, adanya benjolan yang keras pada bagian perut bawah. Tumor rahim merupakan penyakit yang paling ditakuti dan paling banyak menyerang, jika sembuh dengan bantuan operasi namun biasanya wanita mengalami kemandulan. Maka dari itu hati-hatilah.

Sebenarnya masih banyak jenis kanker atau tumor yang ada, akan tetapi saya berharap semoga beberapa penjelasan di atas dapat membuka wawasan kita tentang penyakit ganas tersebut. Satu lagi, metode penyembuhan tumor sebaiknya menggunakan obat tradisional alami dari alam karena lebih aman walaupun proses penyembuhannya sedikit demi sedikit, tetapi jika perlu dilakukan operasi, maka sebaiknya lakukanlah karena kemungkinan besar tumor yang diderita sudah berkembang.

Sahabat ragam yang berbahagia, demikianlah artikel tentang Penyakit Tumor atau kanker yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia. Semoga bermanfaat.

Baca artikel terkait:
·         20 Manfaat Bunga Lili
·         Khasiat dan Manfaat Lengkuas

Kata kunci: tumor, kanker, penyakit tumor, penyakit kanker, tumor ganas, penyebab tumor, gejala penyakit tumor, ciri-ciri penyakit tumor.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Gejala dan Ciri-Ciri Penyakit Tumor"

  1. penyakit tumor ngeri banget ya gan , terimakasih informasi tentang gejala dan ciri2nya ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.