Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat, Khasiat dan kandungan nutrisi buah jeruk nipis. Jeruk nipis adalah buah yang memiliki banyak jenis, ada hampir 1300 jenis buah jeruk nipis yang diketahui di dunia ini. Selain jenisnya yang banyak, jeruk nipis ternyata juga mempunyai khasiat dan manfaat yang banyak untuk manusia. Jeruk nipis sering dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan (baca manfaat jeruk nipis untuk kecantikan).
Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Jeruk nipis merupakan buah berkhasiat yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dalam membuat ramuan tradisional alami untuk mengobati berbagai penyakit.

KANDUNGAN NUTRISI JERUK NIPIS

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

 

Vitamin C

Dalam 1 buah jeruk nipis mengandung sekitar 30,7 mg vitamin C. Hal ini setara dengan 25% sampai 30% dari asupan harian yang dibutuhkan. Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air dan merupakan vitamin yang penting untuk membantu proses pembentukan kolagen dalam tulang serta pembuluh darah.

Vitamin B

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dengan sedikit kandungan vitamin B meliputi vitamin B6, tiamin, niacin, dan asam pantotenat.

Mineral

Buah jeruk nipis juga mengandung mineral seperti kalium, magnesium dan kalsium.

Kandungan lainnya

Selain beberapa nutrisi di atas jeruk nipis juga mengandung vitamin A, 6 mcg folat, 3 mg kolin, asam sitrat, minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid) dammar, asam amino (triptofan, lisin), lemak, kalsium, fosfor, besi, glikosida, asam sitrun, belerang vitamin B1 dan C.


MANFAAT JERUK NIPIS UNTUK KESEHATAN

Buah Jeruk Nipis

Dengan kandungan nutrisi yang di atas buah jeruk nipis sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa manfaat dari jeruk nipis untuk kesehatan antara lain:

Melancarkan Pencernaan

Kandungan flavonoid pada buah jeruk nipis dapat meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan. Hal tersebut akan membantu fungsi sistem pencernaan dalam tubuh. Falonoid akan menetralkan cairan pencernaan asam dan pengeluaran racun dalam tubuh.

Mengobati sembelit

Selain melancarkan pencernaan, kandungan jeruk nipis juga efektif dalam mengeluarkan racun dari saluran usus dan membersihkan saluran tersebut. Sehingga secara langsung akan membantu memberikan pengobatan terhadap masalah sembelit. 

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Mengatasi masalah buang air kecil

Kandungan kalium dalam buah jeruk nipis dapat membantu membersihkan racun dari dalam ginjal dan kandung kemih. Sehingga dapat melancarkan buang air kecil.

Mengobati penyakit kuning

Kandungan gizi dalam buah jeruk nipis membantu meningkatkan fungsi hati dan diyakini dapat meredakan demam dan penyakit kuning.
Khasiat Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin B pada buah jeruk nipis mempunyai manfaat untuk membantu sistem saraf pusat hingga mendukung sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini juga memberikan kesehatan pada sistem kekebalan tubuh. Dengan mengonsumsi jeruk nipis secara rutin dapat meningkatkan fungsi jantung dan akhirnya membuat sirkulasi darah meningkat, sehingga tubuh menjadi sehat.

Mengobati Batuk

Jeruk nipis terbukti sangat mujarab dalam menggobati batuk secara alami (Baca: 20 Bahan Alami untuk Mengobati Batuk). Anda dapat membuat ramuan obat batuk menggunakan air hangat, perasan satu buah jeruk nipis dicampur dengan satu sendok makan kecap atau madu dan sedikit garam, aduk hingga merata dan saring. Ramuan ini diminum 2-3 kali sehari sampai batuk reda.
Khasiat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Mengobati Amandel

Jeruk nipis juga dapat mengobati penyakit amandel. 3 buah jeruk nipis bersih, dipotong-potong menjadi bagian kecil kemudian rebus dengan 2 gelas air yang mendidih hingga tersisa 3/4 dan saring. Air tersebut digunakan untuk berkumur dalam keadaan hangat, lakukan 3-4 kali sehari.

Sumber Vitamin

Jeruk kaya akan vitamin C yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda secara alami.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah

Sumber Mineral

Jeruk nipis mengandung mineral dimana memiliki kandungan kalium tinggi sekitar 490 miligran dalam satu porsi. Selain kalium, jeruk nipis manis juga memberikan kandungan tembaga, kalsium, besi dan fosfor. Semua kandungan mineral itu memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Baik untuk Diet

Jeruk nipis manis itu rendah kalori, dimana bahan ini merupakan bahan yang sempurna untuk diet rendah lemak (Baca: Cara Alami untuk Mendapatkan Tubuh Ideal). Sebagai gambaran, jika Anda mengonsumsi sekitar 3,5 Oz jeruk nipis manis, maka Anda hanya akan menambah 43 kalori untuk tubuh. Di samping itu, jeruk nipis manis juga rendah kandungan protein sehingga Anda mungkin perlu untuk menambahkan elemen protein untuk diet. Untuk semua alasan ini, jeruk nipis manis adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang ingin timbunan lemaknnya cepat terkikis.
Buah Jeruk Nipis

Menjaga fungsi otot

Sedangkan magnesium dan mineral pada jeruk nipis berfungsi untuk membantu tubuh dalam mengantarkan energi, menjaga fungsi otot dan pembentukan protein.

Mengatasi Peradangan

Jeruk nipis mengandung Vitamin A dan folat yang berfungsi untuk membantu mengatasi peradangan.

Buah Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Membantu Regenerasi Sel Tubuh

Vitamin A dan folat juga membantu pembentukan dan menjaga sel-sel baru dalam tubuh.

Menjaga kesehatan mata

Vitamin A pada Jeruk nipis juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata (Baca: Bahan Alami yang Baik untuk Kesehatan Mata).
Buah Jeruk Nipis Perawatan Kecantikan

Mencegah Cacat lahir Bayi

Bagi ibu Hamil, sangat disarankan untuk menambah asupan folat selama masa kehamilan yang berguna untuk mencegah cacat lahir pada bayi. Sehingga menkonsumsi jeruk nipis membantu memenuhi kebutuhan folat ibu hamil.
Khasiat dan Manfaat Jeruk Nipis

Ternyata sangat banyak manfaat dari jeruk nipis. Sekian artikel tentang Manfaat Jeruk Nipis. Baca juga manfaat buah kurma, manfaat pisang bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Kata kunci: Manfaat kandungan jeruk nipis, manfaat jeruk nipis, kandungan jeruk nipis, khasiat jeruk nipis, manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, manfaat jeruk nipis untuk mengobati penyakit, manfaat jeruk nipis untuk pencegahan penyakit, buah jeruk nipis, manfaat jeruk nipis untuk penyembuhan penyakit.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Powered by Blogger.